Supermoon?


Fenomena alam apakah ‘supermoon’ ini? Sore ini saya menonton berita, disana disampaikan informasi bahwa esok, 19 Maret 2011 merupakan puncak dari fenomena supermoon. Dari berita tersebut supermoon merupakan peristiwa alam dimana posisi bulan berada pada jarak paling dekat dengan bumi. Sehingga pada saat purnama penuh, bulan tampak berkuruan lebih besar dibandingkan dengan ukuran purnama normal. Karena rasa penasaran itu saya cari beritanya langsung di internet. Dan saya dapatkan informasi berikut ini.
Supermoon atau yang biasa disebut lunar perigee adalah suatu fenomena dimana bulan akan berada pada posisi terdekat dengan bumi, hal ini akan membuat bulan terlihat besar dari biasanya. Fenomena ini pernah terjadi juga 18 tahun lalu, yaitu tahun 1993 dan akan terulang di tahun 2011 ini. Jika cuaca malam mendukung dan langit tidak mendung kita bisa melihat bulan yang lain dari biasanya. Tetapi ada beberapa astronom yang mengatakan supermoon akan mempengaruhi pola iklim di Bumi yang memunginkan terjadinya bencana alam seperti gempa. Hal tersebut hanya dianggap gosip dan ahli astronomi lain juga tidak mengamini hal ini, kalau pun terjadi gempa itu karena memang sudah takdir alam.
Berdasarkan berita yang saya baca di Tempointeraktif.com, komunitas pencinta astronomi Langit Selatan Avivah Yamani mengatakan pada saat supermoon, bulan akan tampak 14% lebih besar dibandingkan posisi purnama jarak bumi dan bulan terjauh. Cahayanya juga menurut mereka lebih terang 30% dari purnama biasa. Saat itu pula kita bisa menikmati kawah bulan dan mengamati sekalian planet Saturnus di dekatnya. Posisi terdekat antara bulan dan bumi adalah 356.557 kilometer dan jarak terjauh bulan dan bumi (apogee) adalah 364.000 kilometer.
Pada saat pasang biasa, pada saat purnama, kondisi laut akan mengalami pasang. Karena pengaruh gaya tarik dari bulan. Pda posisi supermoon yang merupakan saat terdekat bulan dan bumi, otomatis gaya tarik bulan akan semakin besar, otomatis akan tercipta pasang yang lebih tinggi dan surut yang paling rendah. Keadaan ini yang mungkin akan terjadi.. Mari kita nikmati saja fenemona alam yang satu ini dan kita anggap anugerah Tuhan. Selamat menikmatinya J.

Sumber :
Kompasiana.com-Supermoon, 18 Maret 2011 diakses tanggal 18 Maret 2011

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Supermoon yang terlihat dari Kota Cirebon, tepatnya dari pelabuhan (yang saya lihat). Mulai sore, awal magrib, bulan muncul seperti biasa memang saat baru muncul lumayan besar, warna kuning. Tapi sepertinya biasa saja, tidak ada yag istimewa seperti yang dibicarakan. Malah lebih bagus saat bulan purnama merah, terlihat lebih besar. Komentar saya biasa saja. Sampai pukul 19.00, masih sama saja, tidak tampak besar, sama seperti bulan purnama lainnya.
    Kemudian soal pasang, lkebetulan saat itu saya mancing, lautnya pun pasag biasa saja, malah lebih pasang kondisi normal. Penasaran jam berapakah pasangnya, sampai pukul 21.30 kondisi laut tidak pasang sekali, biasa sajalah. Fenomena supermoon ini buat saya tidak ada bedanya. Mengecewakan! Tidak seperti yang digembar-gemborkan. Tidak seru! Jelek!

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6