Rute KRL Bogor-Jakarta Kota


KRL menjadi transportasi pilihan bagi para pekerja yang tinggal di Bogor atau Depok untuk menuju Jakarta. Menggunakan KRL memang lebih efisien dan tepat waktu dibandingkan jenis angkutan lain. Namun, terkadang memang ketidaknyamanan dalam menggunakan KRL menjadi kendala, terutama untuk KRL-ekonomi, yang pasti setiap hari itu penuh sesak mengangkut penumpang, apalagi pada jam-jam sibuk.
Bagi saya menaiki KRL sesuatu yang baru, karena di tempat saya Cirebon tidak ada angkutan yang macam begini. Beberapa kali saya naik KRL-ekonomi Depok-Kota pengalamannya ya sama, yaitu desek-desakan dan panas karena di dalam kereta apa saja ada. Ada yang jualan, ada juga penumpang, ada juga gepeng (gelandangan dan pengemis), pengamen, bahkan copet atau penjahat mengintai di dalam atau di luar kereta, dsb. Dalam KRL-ekonomi ini bak suasana pasar yang ramai dan penuh sesak. Apalagi kalau kita naik pada jam-jam padat, wah bisa tambah berjubel, bahkan tak jarang ada penumpang yang naik di atas atap KRL. Hal ini menjadi pemandangan sehari-hari bila kita lihat KRL melintas. Untuk KRL-ekonomi AC memang lebih manusiawi, apalagi KRL-express nya, namun biaya yang harus dibayar juga lebih mahal, jelas itu.
Sebelum mencapai tujuan akhir di Stasiun Kota, Jakarta KRL ini berhenti di beberapa stasiun. Selama saya naik KRL, stasiun-stasiun itu tidak bisa saya hafalkan, dan terkadang saya tidak tahu ini berada di stasiun mana, atau habis stasiun ini stasiun apa. Karena memang tidak setiap hari saya naik KRL. Beruntungnya hari ini saya membaca koran, kebetulan di sini diberikan informasi tentang stasiun-stasiun yang dilewati KRL Bogor-Kota. Oleh karena itu saya coba membagikannya di sini.
Rute stasiun yang dilewati KRL Bogor-Kota yaitu : Bogor—Cilebut—Bojonggede—Citayam—Depok—Depok Baru—Pondok Cina—Universitas Indonesia—Universitas Pancasila—Lenteng Agung—Tanjung Barat—Pasar Minggu—Pasar Minggu Baru—Duren Kalibata—Cawang—Tebet—Manggarai—Cikini—Gondangdia—Gambir—Juanda—Sawah Besar—Mangga Besar—Jayakarta—Jakarta Kota. Untuk KRL-express tidak disetiap stasiun berhenti, hanya di stasiun tertentu saja. Semoga informasi ini bisa membantu bagi yang ingin menghafalkan stasiun-stasiun saat naik KRLK dari rute-rute yag disampaikan tadi.

Sumber :
Kompas. Senin, 14 Maret 2011. Kereta Api : Belum Terlambat untuk Berkaca pada Jepang.

Posting Komentar

0 Komentar