Paket-paket Esia yang Biasa Saya Gunakan


Saya sebagai salah satu pelanggan operator telekomunikasi cdma ‘Esia’. Memang bukan sebagai nomor telepon utama, hanya sebagai pendamping.  Sebagai piranti bantu untuk menelepon, karena banyak juga teman-teman saya yang menggunakan operator ini. Keuntungannya karena kalau sesama operator biaya teleponnya murah, bahkan ada gratisnya. Namun kalau dilihat untuk pemakaian rutin, operator yang satu ini menurut saya relatif mahal. Dari sisi telepon, untuk beda provider saja misalnya yang sesama cdma biayanya relatif mahal, kemudian tarif SMS-nya juga sama, per karakter Rp 1,- (belum termasuk PPN). Kalau kita SMS rata-rata 1 SMS 160 karakter, dikalikan saja sebelum PPN sudah Rp 160,- bagaimana kalau ditambah PPN, relatif mahal bukan.
Meskipun begitu operator ‘Esia’ punya beberapa paket dengan tarif yang lebih terjangkau baik untuk telepon baik sesama maupun antar operator atau juga via SMS baik sesama maupun antar operator. Berikut ini paket-paket yang biasa saya gunakan, mungkin masih ada paket-paket lainnya yang saya tidak mencobanya.
1.        
Paket GANAS Telepon dan SMS ke Seluruh ‘Esia’ Seluruh Indonesia.
Caranya : Ketik GANAS, kemudian kirim ke 515
Tarif Rp 1.500,- + PPN /hari (akan diperpanjang otomatis)
Untuk berhenti pakte ini caranya : Ketik STOPGANAS, kemudian kirim ke 515
Catatan : Untuk menghubungi nomor Esia lokal seperti biasa namun untuk yang beda daerah, gunakan 01010 sebelum no tujuan. Karena kalau tidak pakai 01010 bisa jadi pulsa kita akan tetap tersedot.  Contoh : 0101002319143334
2.        
SMS Sepuasnya ke Semua Operator.
Caranya : Ketik REG<spasi>SMS1, kemudiankirim ke 800 untuk SMS sepuasnya ke sesama Esia +20.000 karakter ke semua operator setiap hari
Tarifnya Rp 2.255,- /hari
3.        
Paket Puas3. SMS ke seluruh ‘Esia’ se-Indonesia Sepuasnya.
Caranya : Ketik Puas3, kemudian kirim ke 515
Tarif Rp 500,- + PPN /hari
Taris SMS ke 515 dikenakan Rp 50,- + PPN
Sumber : Esia : 515, 800

Umumnya tarif ‘Esia’ selalu belum termasuk PPN, jadi memang terlihat murah tarifnya, tapi kalau sudah dihitung-hitung dengan PPN nya jadi terasa mahal. Kemudian sebagai saran saja, gunakanlah paket saya memang diperlukan, setiap paket berlaku per hari/ 24 jam, jadi saat kebutuhannya memang tidak sering, daftarkan untuk sehari saja, kalau sudah tidak perlu langsung segera di STOP/UNREG, karen akalau tidak, maka pulsa kita akan tersedot otomatis, bisa-bisa tekor. Semoga sharing informasinya bisa membantu. Barangkali ada masukan atau apapun tentang yang saya alami ini bisa komen di kolom komentar. Thx. Cpr.

Posting Komentar

13 Komentar

  1. wah......nice info gan. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. ;)°•°§Ä…♍Ã¥~§Ä…♍Ã¥°•°;)™

      Entah masih berlaku tk promo yg dl pernah sy pake ini. Soalnya skr sy sdh tk menggunakannya.
      Lbh oke bila pakai hp blackberry, dengan paket blackberry full service, 100rb, sdh trmasuk paket tlp+sms sesama esia.

      Hapus
  2. di internet paket ganas 1.500 pas w ikutin paketnya 2500+ppn/hari...yg bener yg mana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke deh mz bro. Ini postingan tahun lalu, jd soal harga sudah pasti ada perubahan, apalagi soal promo, itu harga dapat berubah sewaktu-waktu. Saya sajikan di sini kn share. Jika sekarang ada perubahan harga, thx infonya. Di reply comment sebelumnya sy sudah sampaikan juga soal ketidaktahuan sy posisi harga skr, karena sy sdh tak lagi menggunakannya.
      comment reply itu per Mei 2012, sekarang Sep 2012, sudah pasti ada perubahan, apalagi dari Maret 2011 hingga sekarang. Harga sembako saja naik. Pengennya sih harganya flat tp sayangnya tidak begitu.
      Thx bro.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Memang gila kalau pake biasa tarifnya. Pulsa reguler cepat habis.
      Yang enak ya pakai paket bebe service, ikut fullservice, byr 100k sudah termasuk full service  BlackBerry™ dan unlimited tlp+sms sesama esia, sebulan.
      Kalau pake pulsa reguler, tlp/sms sesama esia bisa bangkrut.

      Hapus
  4. gan ada yg bsa bantu sy gk,,browser internet bb esia sy hilang/kehapus pas di restart gmna si cara setingnya,,mksih sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mz bro pake  BlackBerry™ tipe apa? Tipe lama ya, yg keypad qwerty nya aneh? Sy lp tipe ap. Yg tipe itu emng brwser nya sk ilang. Itu bw aj k gerainya. Tmn jg prnh ky gitu.
      Tp klo tipe 8530 atau 9330 jrg bgt ad gejala brwsernya ilang. Klo ilang msh bs dwnld pk operamini. Krn brwser  sm operamini, mending operamini kalau u/ berselancar di dunia web/blog.

      Hapus
  5. lumayan nih paket all operatornya..lumayan bikin jempol memar :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kalau begitu, asal jangan jempol memar, dompet pun ikutan memar ;)

      Hapus
    2. Masak kehilangan 2.500 saja dompet ente memar... wah wah wah

      Hapus
    3. 2500 juga duit bray, bisa dimanfaatkan untuk lebih bermanfaat drpd hilang begitu sj bray, lebih baik difakirkan saja, dapat pahala ;)

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6