Obat Bengkak Tradisional

Daun Sirih

Alam menyediakan segala keperluan untuk pengobatan dari sakit-sakit yang berat sampai sakit ringan.  Berikut ini beberapa tips tradisional untuk mengurangi/ mengobati sakit memar/ bengkak. Bahannya adalah dari daun sirih. Ambil daun sirih yang agak tua beberapa lembar. Daun sirih ini dilayukan diatas api, kemudian hangat-hangat ditempelkan di bagian yang memar/ bengkak.
Kemudian bisa juga menggunakan daun merak. Ambil dua genggam daun merak, digiling halus dan ditambah garam sejumput dan dihaluskan, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipepes di atas api. Dalam keadaan hangat ditempelkan di tempat yang memar/ bengkak.
Asem
Ada lagi untuk mengobati memar/ bengkak akibat keseleo, jatuh atau terkilir. Yaitu dengan menggunakan asem kawak. Ambil asem kawak secukupnya campur dengan minyak tanah. Lalu tempelkan pada bagian yang bengkak.
Bunga Krisan
Rimang Kencur
Umbi Kentang Ireng
Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi bahan-bahan tradsional dari tumbuhan terutama untuk mengobati memar/ bengkak. Yaitu bunga krisan, berkhasiat sebagai obat sakit bengkak pada mata dan untuk obat luka. Rimpang kencur juga berkhasiat tak hanya untuk obat batuk, obat kembung, obat mual, ternyata juga bisa untuk obat bengkak dan obat bisul. Umbi kentang ireng juga berkhasiat sebagai obat bengkak-bengkak. Selamat mencoba. (berbagai sumber).

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Tips ini saya cari untuk mengobati hamster saya yang sedang cidera. Tangannya itu bengkak, semakin besar saja, 2 hari ini g kunjung sembuh, kasian melihatnya, tidak bisa aktivitas seperti biasa. Entah tips tradisional ini berlaku juga untuk binatang apa tidak. Tapi apa salahnya mencoba. Tapi kesulitan saat akan ditempelkan, karena tangannya kecil sekali.

    BalasHapus
  2. Sirihnya yg merah atau hijau?

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6