Gusi Bengkak dan Peradangan pada Mulut

Gusi bengkak merupakan peradangan jaringan-jaringan pada gusi dan mulut. Gusi bengkak ini akan sangat mengganggu kita saat makan, rasa nyeri dan sakit karena bengkaknya itu yang mengganggu aktivitas kita.  Kebetulan di rumah saya punya buku tentang pengobatan herbal, saya coba cari tahu, dan saya menemukan sidikit jawabannya. Tak hanya itu saja, browsing di google pun menjadi tambahan untuk informasi bagaimana menangani penyakit ini.
Gusi bengkak disebabkan oleh bakteri yang menjadi plak gigi, yang terlalu lama melekat pada gigi. Bila kita tidak membersihkannya setiap hari dengan menyikat gigi maupun flossing (membersihkan gigi dengan benang gigi), plak pada gigi akan makin terbentuk dan bakteri akan menginfeksi gigi bahkan menyerang gusi. Ada beberapa tahapan timbulnya penyakit gusi :
  1. Gingivitis. Merupakan tahap awal timbulnya penyakit gusi. Peradangan disebabkan plak yang terbentuk di sekitar gusi. Plak ini apabila tidak dibersihkan dengan baik akan memproduksi racun yang bisa menyebabkan iritasi pada lapisan luar gusi dan timbullah gingivitis.
  2. Periodontitis. Pada tahap ini, tulang penyangga gigi dan jaringan yang menyangga gigi di tempat yang terinfeksi sudah mengalami kerusakan. Gusi mulai membentuk kantung yang akan menjadi perangkap bagi makanan yang menempel dan membentuk plak. Perawatan gigi yang rutin akan mengurangi dan mencegah kerusakan menjadi lebih parah.
  3. Advanced Periodontitis. Pada tahap ini sudah termasuk parah. Gusi, jaringan dan tulang penyangga gigi telah hancur, yang bisa menyebabkan gigi tanggal. Hal ini sangat mengganggu kenyamanan gigi saat mengunyah, apalagitidak dilakukan perawatan rutin, pada akhirnya gigi harus dicabut karena sudah rusak dan keropos.
Penyakit macam ini dapat menyerang siapa saja, namun lebih sering menyerang pada orang dewasa. Apabila hal ini terdeteksi lebih awal dan perawatan yang dilakukan secara rutin terhadap gigi dan rongga mulut maka penyakit ini bisa dihindari. Kita pun harus rajin memeriksakan gigi pada dokter gigi. Bila kita mengalami gejala-gejala di bawah ini kita wajib waspada :
  • Gusi berwarna merah dan bengkak;
  • Gusi berdarah selama kita menyikat gigi atau melakukan flossing;
  • Gigi tampak lebih panjang, karena gusi tak lagi kuat menyangga;
  • Antara gusi dan gigi mulai ada jarak dan membentuk kantung;
  • Saat mengigit, gigi goyang dan gusi terasa sakit;
  • Keluar nanah di antara gusi dan gigi,
  • Bau nafas kita tidak sedap dan mulut kita selalu merasa tidak nyaman.
Ada beberapa cara untuk menangani penyakit ini, salah satunya adalah dengan hidroterapi. Hal-hal yang bisa dilakukan adalah sebegai berikut :
  1. Kumur dengan air garam hangat, 3 kali sehari sebelum waktu makan. Caranya : siapkan 2 gelas air hangat, masukkan 1-½ sendok teh garam setiap gelas air hangat. Kemudian aduk hingga garam larut dengan air, lalu pakai untuk kumur.
  2. Urut gusi dengan jari-jari yangbersih setelah berkumur air garam hangat.
  3. Sikat gigi dengan sikat yang lembut. Sikatlah gigi setiap selesai makan.
  4. Minum sekurang-kurangnya 4 gelas sari buah pada siang hari.  
Tak hanya dengan terapi di atas, dengan menggunakan tanaman obat pun bisa menjadi pilihan pengobatan. beberapa tipsnya antara lain :
Buanh dan Daun Terung

Daun Duwet

Buah dan Daun Sawo Durian

Daun Jambu Biji


  1. Cuci mulut dengan air rebusan daun Jambu Biji. Caranya : rebus 1 mangkuk daun jambu Biji segar yang dirajang dalam 2 gelas air selama 10 menit, kemudian saring dan dinginkan. Bubuhkan garam ke dalam air rebusannya untuk berkumur atau cuci mulut setiap selesai makan. 
  2. Kumur dengan daun Sawo Durian. Caranya : rebus 1 mangkuk daun Sawo Durian segar yang dirajang dalam 2 gelas air selama 10 menit. Gunakan air ebusannya untuk cuci mulut atau kumur.
  3. Cuci mulut dengan daun Duwet. Caranya : rebus 10 helai daun Duwet segar dalam 2 gelas air selama 10 menit. Gunakan air rebusannya untuk cuci mulut atau kumur.
  4. Cuci mulut dengan daun Terung. Caranya : rebus 3 daun Terung dalam 2 gelas air selama 10 menit. Gunakan air rebusannya untuk cuci mulut atau kumur.
Tak hanya itu saja tipsnya, berdasarkan browsing di google saya juga menemukan beberapa tips lain untuk mengobati penyakit ini antara lain :
  1. Tawas. 10 gram tawas bersih dicampur 300 cc air bersih dan sedikit pepermint olie. Gunakan untuk obat kumur jika gusi bengkak.
  2. Menggunakan Daun Jarak. Caranya : ambil 5 lembar daun jarak, 1 sendok kapur sirih. Kemudian direbus dengan 4 gelas air. Lalu disaring, gunakan air tersebut untuk berkumur.
  3. Menggunakan daun dan akar Sereh dan Kunyit. Caranya : ambil 15 gram daun dan akar sereh, 20 gram kunyit, tambahkan garam secukupnya kemudian rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc saja. Kemudian saring dan airnya diminum.
Semoga beberapa tips di atas dapat membantu apabila mengalami gusi begkak, atau permasalahan yang berhubungan dengan gusi. Informasi ini saya peroleh dari berbagai sumber di internet dan dapat dikunjungi langsung di link di bawah ini dan bisa juga membaca buku yang menjadi sumber informasinya. Saya hanya mencobamengumpulkannya ke dalam satu postingan ini agar mempermudah yang membutuhkan informasi tentang penyakit gusi.

Sumber :
Gusman Ladion, Herminia de. 2000. Tanaman Obat Penyembuh Ajaib. Bandung : Indonesia Publishing House
Melia Propolis-Mengatasi Gusi Bengkak diakses tanggal 20 Maret 2011
sainstawa.blogspot.com-Cara Mengobati Gusi Bengkak, 30 Agustus 2008 diakses tanggal 20 Maret 2011


Posting Komentar

1 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6