Rempah-rempah : Kayu Manis


Kayu manis, sering kita dengar namanya. Biasanya chef/ koki pasti mengenal, kita juga sering dengar bahan rempah-rempah yang satu ini sebagai pemberi aroma dan rasa paa masakan. Kayu manis mempunyai nama latin cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum. Kayu manis atau terkadang disebut juga kulit manis berasal dari pohon penghasl rempah-rempah. Pohon ini termasuk ke dalam rempah-rempah yang mempunyai aroma, manis dan pedas.
Kayu Manis
Kayu manis dihasilkan dari kulit pohon rempah-rempah tersebut. Yang dikuliti, kemudian hasil kulitan kulit pohon tersebut kemudian berbentuk gulungan seperti makanan ‘astor’, ini lah kayu manis yang sering kita lihat. Karena aroma dan rasanya yang khas, kayu manis sering digunakan sebagai bahan masak-memasak, bahkan kayu manis juga digunakan untuk makanan yang dibakar manis, atau anggur panas.
Kayu manis merupakan salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Kayu manis secara tradisional juga dijadikan sebagai campuran jamu-jamuan, suplemen untuk berbagai penyakit dengan dicampur madu, untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung dan perut kembung. Bahkan beberapa tahun terakhir, ilmuwan berhasil mengungkap khasiat lain dari kayu manis, yaitu untuk menurunkan kadar gula darah. Berbeda dengan obat-obat diabetes langsung menurunkan gula darah, obat herbal seperti kayu manis bekerja dengan cara mengoptimalisasi fungsi organ tubuh yang masih baik.
Kayu manis atau cinnamon memiliki kandungan berbagai senyawa kimia, yaitu minyak atsiri eugenol, safrole, juga kandungan sinamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, damar, dan penyamak.

Sumber :
Wikipedia-Kulit Manis diakses tanggal 24 Februari 2011
kesehatan.kompas.com-Kayu Manis Turunkan Gula Darah, 20 Mei 2010 diakses tanggal 24 Februari 2011

Posting Komentar

0 Komentar