Mensiasati Koneksi Tidak Stabil Flexinet


Flexinet yang saya pakai sudah cukup menjengkelkan karena koneksinya yang tidak stabil. Berdasarkan keluhan saya pada posting sebelumnya, saya mencoba cari tahu dari search engine, dan saya menemukan sedikit pecerahan. Ternyata ada beberapa blogger lain yang mengalami masalah serupa, dan mereka membagikan tipsnya, dan saya sudah mencobanya. Hasilnya cukup lumayan, kendala ketidakstabilan sedikit berkurang, meskipun awalnya masih saja kurang stabil, hanya sekedar membuka Yahoo Messangger saja bermasalah. Tapi kini sudah tidak lagi, terima kasih untuk yang memposting tips bermanfaatnya.
Berikut ini saya juga mecoba sharing-kan yang saya ikuti dari tips tersebut. Berdasarkan dari beberapa sumber tips yang disampaikan ada kesamaan. Caranya tidak terlalu sulit, hanya memanfaatkan Run pada komputer kita, kalau pakai w.xp. Ini cara yang saya gunakan. Pertama, koneksikan flexinet kita. Kedua, setelah online, kita masuk ke Run, ketikan cmd. Setelah tampilan Run cmd.exe muncul, ketikkanlah ipconfig/all. Gunanya untuk melihat angka DNS. Di sana ada 2 DNS, pilih salah satu. Ketiga, biarkan tampilan Run tadi, di minimize saja. Karena begitu perintahnya. Kita lanjutkan, masuk lagi ke tampilan Run, ketik cmd, kemudian setelah Run cmd.exe muncul ketikkanlah dengan format seperti ini : ping(spasi)no.DNS(spasi)-t, atau contoh : ping 180.131.144.144 –t. Setelah sudah nanti akan ada tampilan berjalan “Reply from 180.131.144.144 bytes=32 time=271 TTL=60”. Tampilan itu akan berjalan terus, dengan angka time=? yang berubah-ubah.
Berdasarkan dari yang saya baca, koneksi felxinet terkadang kesulitan dalam menerima/mengirim data, jadi terkadang ada time lag saat kirim/terima data. Time lag ini yang buat koneksi putus-putus. Dengan request time itu terus, memungkinkan koneksi tidak time out. Mungkin bahasa penjelasan saya tidak sesuai bahasa IT. Tapi itu yang saya tangkap. Tidak dengan cara itu saja, ada juga cara lain, coba buka link ini : Mengatasi Koneksi Internet Telkom Flexinet Putus-putus. Kemudian ada lagi cara, yaitu dengan menggunakan Software, di link tadi juga disertakan link untuk download software-nya. Untuk penggunaan software-nya saya juga belum sempat mengupasnya dan mencobanya, sementara cukup dulu dengan koneksi yang sekarang. Cpr.

Sumber :
Berbagai sumber, link nya tidak sempet dicatat.
Yanto's Blog-Mengatasi Koneksi Internet Telkom Flexinet Putus-putus, 28 Oktober 2010 diakses tanggal 23 Februari 2011.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wah, ternyata sama saja lemot nya .. Bingung pakai cara apa lagi ini flexinet. Payah! Rekomendasi u/ flexi dipakai bila anda tidak punya duit lebih. Kalau punya duit lebih mending jangan deh pakai flexi, cuma makan ati. Kesel tunggunya, koneksinya kaya orang mau ajal ... !

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6