Cemburu Buta dan Cemburu Romantis


Rasa cemburu selalu ditemani curiga, tidak percaya pada apa yang dilakukan atau dikatakan pasangan. Cemburu juga merupakan tanda cinta sayang. Cemburu memang menghabiskan banyak energi. Cemburu membuat sebagian otak saya selalu diisi dengan hal-hal negatif. Cemburu bisa lahir dari dugaan, bisa juga lahir karena kenyataan. Atau cemburu itu posesif? Cemburu lahir karena rasa iri akan perhatian/ cinta pasangan, yang seharusnya untuk kita tapi diberikan pada orang lain. Inilah yang sementara ini terjadi di pikiran saya.
Saya coba baca-baca artikel, ya sebagai penenang juga apa yang sedang saya alami. Saya menemukan sebuah artikel bagus, tentang cemburu buta dan cemburu romantis. Apa bedanya? Artikel ini sebenarnya menjawab sebuah pertanyaan pasangan suami istri, dimana suami itu pencemburu sekali, awalnya berjalan biasa saja, namun 2 tahun pernikahannya sang suami mulai menunjukkan tanda cemburu berlebihan. Menurut saya, cemburu suaminya memang tidak wajar, kalau cemburu itu menimbulkan kecurigaan sehingga membuat pasangan tidak nyaman sampai memaki atau berkata kasar, bahkan sampai memukul istrinya.
Menanggapi konsultasi istri tadi, ada sesuatu yang coba disampaikan tentang apa itu cemburu buta dan cemburu romantis. Menarik buat saya simak, oleh karena itu coba saya tulis disini sekaligus sebagai pembelajaran untuk diri sendiri, bagaimana mengontrol rasa cemburu. Cemburu buta disini diartikan sebagai perasaan cemburu seseorang yang berlebihan, bahkan cenderung ekstrem. Rasa takut kehilangan yang sedemikian besar menimbulkan ketakutan yang justru memicu meluapnya dorongan emosi. Di artikel yang saya baca dorongan ini disebutkan sebagai agresi, namun saya memahaminya sebagai luapan emosi. Luapan dorongan emosi ini terlontar baik verbal maupun nonverbal, dengan maksud agar pasangan tidak mengulangi kesalahan yang membuat dirinya merasa cemburu.
Seorang pencemburu buta memliki karakteristik kepribadian spesifik yang membuka peluang untuk berkembangnya tingkat  kecemburuan. Karekteristik ini antara lain disebutkan dalam artikel ini rasa kurang percaya diri, tidak yakin akan cinta dan kesetian pasangannya, bahkan memiliki kecenderungan posesif. Pasangan ditempatkan sebagai milik pribadi sehingga perlu dipertahankan dengan berbagai macam cara. Seorang pencemburu buta lebih terkesan egois, dari apa yang saya pahami di artikel ini.
Yang selanjutnya, cemburu romantis, cemburu romantis mempunyai unsur kasih yang lebih dominan. Kalau pun ada kecurigaan pada pasangan, kadar luapan dorongan emosinya kecil, dan hanya sekedar mengingatkan komitmen. Karakter mengungkapkan kecemburuannya mengandung unsur kasih yang tulus. Cemburu romantis justru akan meningkatkan kadar kemesraan pasangan. Dengan dasar kemantapan kepribadian kedua pasangan, keyakinan akan kasih antar kedua pasangan pun akan mantab.
Mudah-mudahan saya bisa jadi pasangan yang punya cemburu romantis, cemburu buta harus dibuang jauh-jauh. Cemburu buta adalah bentuk egoistis, sifat-sifat ego inilah yang terkadang merusak hubungan. Semoga saya bisa terus belajar bagaimana mengolah emosi dari perasaan cinta, sehingga ego yang berlebih bisa dibuang jauh-jauh. Cpr.

Sumber inspirasi : nasional.kompas.com-Cemburu Buta Vs Cemburu Romantis, 14 September 2008 diakses tanggal 19 Februari 2011

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Aku masih belum bisa, berat memang mengontrol rsa cemburu ini. Kepercayaan yang sudah ada selama ini seakan-akan runtuh begitu saja. Tapi aku akan tetap berusaha, buang pikiran negatif. Agar dia nyaman, bahwa cemburu yang aku rasakan adalah tanda sayang.

    BalasHapus
  2. 10 tahun sejak saya menuliskan ini, kini saya mengalami hal yang sama (lagi) dengan kisah berbeda. Dimana saya cemburu pada dia yang bukan siapa² sy. Dengan sosok wanita yang berbeda.

    Gak sangka, catatan seperti ini bermanfaat, saya bisa melihat keterulangan apa yang saya alami, ini cnth kecil lingkaran² setan, yang entah harus segera diputus kalau mau hidup lebih cepat di dunia ini.

    Sy berpikir, bahwa sy gak lama di sini jika saya mampu melawan ego² yg menyebabkan lingkaran setan terjadi.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6