Bebek


Bebek merupakan nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya angsa dan angsa beleher pendek. Bebek dapat ditemukan di perairan tawar maupun air asin (laut).  Bebek memiliki penyebaran yang sangat luat dan dapat ditemukan dihampir setiap wilayah di dunia kecuali di Antartika. Beberapa spesies mendiami daerah subantartika di Georgia Selatan dan Kepulauan Auckland. Beberapa jenis mendiami daerah kepulauan samudra seperti di Hawaii, Selandia Baru dan Kerguelen. Bebek dapat diterima di area berpenduduk padat. Pola migrasi mereka telah berubah sehingga banyak spesies yang menetap bahkan di musim dingin.
Klasifikasi ilmiah :
Kingdom
Filum
Kelas
Ordo
Famili
Subfamili




Spesies
: Animalia
: Chordata
: Aves
: Anseriformes
: Anatidae
:
Dendrocygninae
Oxyurinae
Anatinae
Merginae
:

Secara keseluruhan tubuh bebek berlekuk dan lebar. Memiliki leher yang relatif panjang (meski tak sepanjang angsa dan angsa berleher  pendek). Bentuk tubuhnya bervariasi dan umumnya membulat. Paruhnya berbentuk lebar dan mengandung lamellae yang berguna sebagai penyaring makanan. Pada spesies penangkap ikan, paruhnya berbentuk lebih panjang dan lebih kuat. Kakinya bersisik kuat dan terbentuk dengan baik dan umumnya berada jauh di belakang tubuh, umumnya terdapat pada burung akuatik. Sayapnya sangat kuat dan umumnya pendek. Penerbangan bebek membutuhkan kepakan berkelanjutan sehingga membutuhkan otot sayap yang kuat. Tiga spesies bebek steamer tidak dapat terbang.
Paradise Shelduck
Bebek jantan dari spesies di belahan bumi utara kadang-kadang memiliki warna bulu yang menarik. Spesies dari belahan bumi selatan tidak menunjukkan dimorfisme seksual (perbedaan sistematik luar antar individu yang berbeda jenis kelamin dalam spesies yang sama. Contohnya mencakup ukuran, warna, dan keberadaan atau ketidakberadaan bagian tubuh yang digunakan dalam tampilan perkenalan atau perkelahian, seperti perhiasan bulu, tanduk, sungut atau taring.) kecuali Paradise Shelduck  di Selandia baru, yang warna bebek betina lebih cerah daripada bebek jantan. Warna bebek muda, entah itu jantan atau betina umumnya lebih mirip bebek betina dewasa.
Bebek memakan makanan yang bervariasi, seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing dan moluska kecil. Bebek penyelam dan bebek laut mencari makanan di kedalaman air. Untuk memudahkan mereka dalam menyelam, kedua jenis bebek tersebut memiliki massa yang lebih besar sehingga mereka lebih sulit untuk terbang. Bebek dari subfamili Anatinae tidak mampu menyelam jauh. Mereka hanya menyaring makanan dari perairan yang mampu mereka jangkau. Jika menyelam, mereka tidak dapat menyelam sejauh beberapa spesies dari subfamili Merginae seperti smew, goosander dan merganser, yang memiliki kemampuan untuk menelan ikan besar.
Bebek umumnya monogami, meski ikatannya hanya berlangsung dalam satu tahun. Sebagian besar bebek berkembang biak sekali setahun dan memilih kondisi yang sesuai (musim panas, musim semi atau musim hujan). Beberapa spesies bebek yang berkembang biak di wilayah Arktik yang hangat ketika musim panas, adalah spesies migratori. Beberapa spesies di Australia di mana hujan terjadi secara periodik, bebek tersebut berperilaku nomadik; mencari perairan (danau dan kolam) yang terbentuk setelah hujan lebat.
Di seluruh dunia, bebek memiliki banyak predator. Bebek muda umumnya rentan karena ketidak-mampuan mereka untuk terbang. Bebek muda umumnya menjadi mangsa ikan besar seperti ikan pike, buaya, dan pemburu air lainnya, termasuk burung pemakan ikan seperti burung kuntul. Sarang bebek sering dirampok oleh predator daratan seperti rubah atau burung besar seperti elang. Bebek dewasa adalah penerbang yang cepat, namun dapat ditangkap di atas air oleh pemangsa akuatik. Selama terbang, bebek umumnya aman namun masih terdapat predator yang mengancam seperti manusia dan Falcon Peregrine yang menggunakan kecepatan dan kekuatan mereka untuk menangkap bebek.
Jenis-jenis bebek di dunia sangat banyak sekali, berikut sebagian kecil jenis-jenis bebek yang ada di dunia :
Bebek Buff Orpington
Bebek Buff Orpington
Merupakan bebek yang didomestikasi (domestic duck) atau dipelihara sebagai bebek yang dapat diternakkan untuk diambil telur dan dagingnya. Bebek jenis ini dapat menghasilkan telur sebanyak 220 butir telur per tahun.
Bebek Swedia Biru
Merupakan burung berukuran sedang yang beratnya antara 12-15 kg. Bebek Swedia Biru jantan biasanya lebih berat dari betina. Bebek jenis ini termasuk bebek yang tenang. Mereka suka areal luas yang bebas dan sering terlihat berdiam diri di beberapa titik. Warna biru bebek ini disebabkan heterosigositas dalam warna gen.
Bebek Dutch Hockbill
Bebek Dutch Hockbill
Jenis bebek ini termasuk bebek yang dijinakkan atau diternakkan (domestic duck). Bebek ini berasal dari Belanda. Di Belanda bebek ini disebut Kromsnaveleend. Bebek ini sudah ada pada abad ke-17, bebek ini dikembangbiakan di daerah sepanjang kanal-kanal. Dutch Hockbill dikembangbiakan sebagai bebek yang dipakai untuk exibition/ pameran. Bebek ini mempunyai berat 2,3-2,8 kg. mempunyai beberapa macam warna yang umum yaitu warna gelap (abu-abu, coklat) atau sering disebut Dusky. Kemudian White-Bibbed yang hampir sama dengan jenis Dusky tetapi mempunyai warna putih juga di bagian depan dan bagian bulu utama badannya. Jenis lain adalah jenis dengan warna putih.
Bebek Bali
Bebek Bali
Bebek Bali juga dikenal sebagai Elang Bebek Bali atau Elang Bebek Runner. Bebek ini dipelihara sebagai bebek peliharaan dan bukan bebek yang diternakkan.  Bebek ini mempunyai ciri yang hapir sama dengan Bebek Runner dari India. Perbedaannya pada bulu yang tumbuh di bagian kepala menyerupai topi. Bentuk tubuhnya ramping dan tegak. Berat hidup bebek ini sekitar 2,25-2,75 kg. Warna bulu bebek ini yang sering dijumpai adalah putih dan coklat. Bebek ini  menghasilkan telur 120-250 butir setahun. Bebek  ini bukan merupakan bebek yang dipilih untuk bebek petelur karena tingkat kematiannya yang tinggi. Warna telurnya biru kehijauan sampai putih. Bebek bali merupakan salah satu jenis bebek ras tertua yang dapat dijumpai di dalam negeri.
Bebek Ancona
Bebek Ancona
Bebek ini merupakan salah satu jenis bebek di dunia yang merupakan keturunan dari Bebek Runner dari India dan Bebek Huttegem dari Belgia. Bebek ini termasuk jenis bebek yang langka. Bebek ini dikembangkan di Inggris selama abad ke-20. Jenis bebek ini tidak diketemukan di Amerika. Bebek ini juga tidak bisa terbang, sehingga mereka tidak bermigrasi. Bebek ini jenis hewan yang tenang berkembang biak dengan baik di kolam, kandang dan peternakan. Bebek ini merupakan pemburu yang baik, jenis makanannya adalah siput, serangga, atau jenis anthropoda dan sayuran hijau. Saudara dekat mereka adalah jenis Bebek Murai dan Bebek Hookbills. Bebek ini dapat bertelur antara 210-280 butir per tahun.
Bebek Ancona mempunyai bentuk kepala oval dan sedikit cekung, paruhnya panjang dengan bintik hijau dan bulu di bagian bawah mata. Memiliki leher yang panjang dan berbentuk huruf “S” dengan bagian atas lebih  kecil dan bagian bawah yang lebih luas. Anak bebek Ancona memiliki warna bulu kuning dengan bintik-bintik. Dan bebek dewasa berwarna putih dengan motif bulu yang tidak sama dengan lainnya. Motif bulunya antara lain hitam-putih (paling umum), biru-putih, coklat-putih, silver-white, lavender-putih dan 3 warna. Sedangkan kakinya berwarna oranye. Bebek dewasa memiliki bobot sekitar 6,5 pounds.  
Bebek Aylesbury
Bebek Aylesbury
Merupakan jenis bebek yang diternakkan untuk diambil dagingnya dan dipelihara untuk dijadikan bebek hias. Bulunya berwarna putih dan kaki berwarna oranye. Banyak orang mengira setiap bebek putih merupakan jenis Bebek Aylesbury, sebenarnya tidak demikian, karena bebek yang memiliki sedikit corak berwarna oranye atau kuning sudah tercampur keturunannya dengan jenis Bebek Peking. Bebek ini termasuk jenis bebek yang langka. Yang sering dijumpai orang adalah jenis bebek ini yang telah disilangkan dengan jenis bebek pedaging yang lain. Ciri-ciri dari bebek ini adalah perutnya yang menyentuh tanah ketika bebek ini berdiri diam.
Bebek Aylesbury dikembangkan pada awal abad ke-18 di kota Aylesbury, London.  Setelah dikenal jenis Bebek Peking pada tahun 1873, jenis Bebek Aylesbury disilangkan sehingga sulit menemukan Bebek Aylesbury ras murni.

Sumber :
Wikipedia-Bebek diakses tanggal 9 Februari 2011
Wikipedia-Bebek (makanan) diakses tanggal 9 Februari 2011
Wikipedia-Dimorfisme Seksual diakses tanggal 9 Februari 2011
Wikipedia-Merginae diakses tanggal 9 Februari 2011
infoternak.com-Bebek Swedia Biru, 17 April 2010 diakses tanggal 9 Februari 2011
infoternak.com-bebek Dutch Hookbill, 14 Mei 2010 diakses tanggal 9 Februari 2011
infoternak.com-Bebek Bali, 6 April 2010 diakses tanggal 9 Februari 2011
infoternak.com-Bebek Ancona, 6 April 2010 diakses tanggal 9 Februari 2011
infoternak.com-Bebek Aylesbury, 6 April 2010 diakses tanggal 9 Februari 2011

Posting Komentar

3 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6