Arti dari Sebuah Nama


Nama, setiap orang punya nama, bahkan sekarang pun hewan banyak yan sudah memunyai nama. Nama adalah sebutan atau label yang diberikan benda, manusia, tempat, produk (misalnya merek produk) dan bahkan gagasan dan konsep yang biasanya digunakan untuk membedakan satu sama lain. Nama merupakan identitas pengenal. Bagaimana repotnya memanggil seseorang kalau tidak punya nama. Nanti jadi bahan lelucon, hewan saja punya nama, masa kalah sama hewan. Nah lo, bisa brabe, masa kalah sama hewan.  Dalam memberikan nama pada seseorang juga tidak boleh sembarangan, karena akan mempengaruhi tingkahnya, percaya atau tidak tapi biasanya begitu. Jadi dalam memberi nama perlu hati-hati.
Nama pada orang terbagi kepada nama depan dan keluarga.  Ada banyak cara untuk menyusun suatu nama, tergantung dari budaya setempat dan bahasa setempat dan biasanya merupakan kombinasi dari : nama pemberian (nama depan), nama keluarga (unik untuk setiap keturunan dari garis laki-laki), nama tengah (untuk membedakan nama pemberian yang saya dari satu keluarga), nama akhir (nama pemberian yang diletakkan setelah nama depan), nama ayah, nama ibu, nama gadis (nama keluarga ibu sebelum menikah), nama keluarga kakek dari ayah, nama keluarga nenek dari ayah, nama keluarga kakek dari ibu, nama keluarga nenek dari ibu, nama baptis, nama kota (biasanya di Eropa/ Amerika), nama pekerjaan (biasanya di Eropa/ Amerika), nama warna (biasanya di Eropa/ Amerika).
Nama dibuat bukan tanpa pertimbangan, dalam sebuah nama terkandung makna, doa, dan harapan orang tua (si pemberi nama). Nama saya sendiri cenderung kebarat-baratan, nah berdasarkan yang saya temukan inti dari makna nama saya ‘penyebar injil’. Dan kita yang mempunyai nama tersebut harus tahu makna/ arti dari nama tersebut. Karena kita yang mempunya nama itu wajib menjaga nama tersebut. Saya juga sampaikan sedikit apa arti dari nama-nama orang terdekat saya.
Christoff (Rusia, Yunani)
(Agama)
: penyebar injil.
: pelindung suci para pengelana
Christophe (Prancis, Yunani)
: penyebar injil
Christos (Yunani)
: penyebar injil
Chris (Yunani)
: kristiani, dia yang mendapat air suci
Cristopher (Yunani)
: penyebar injil
Cristoforo (Italia, Yunani)
: penyebar injil
Cooper (Anglo Saxon)
(Inggris)
: pembuat gentong
: pembuat tong
Crescent (Prancis)
: yang penuh kreasi
Cresentia (Latin)
: bulan sabit
Meta (Latin)
(Jerman, Yunani)
: sebuah gol
: mutiara
Christian, Christiana (Yunani)
: umat Yesus, dia yang mendapat air suci
Christina (Inggris, Latin, Yunani)
(Yunani)
: umat Yesus, Kristian, dia yang mendapat air suci

: pengikut Yesus, yang diberkahi dengan air suci
Vincent (Latin), Vincente (Spanyol, Latin), Vince (Inggris, Latin)
: penakluk, pemenang


Untuk lebih jelasnya bisa dibaca dari buku Ensiklopedi Nama-nama Bayi Dunia, disana ada banyak sekali nama-nama, cari saja sendiri sesuai nama anda, atau bagi yang mau memberikan nama pada bayi/ siapa saja, barangkali juga ada yang mau ganti nama boleh. Tapi ingat, harus urus juga surat-surat di instansi terkait, karena ganti nama tidak boleh sembarangan saja, kecuali nick name, panggilan sayang, atau apa namanya. Di buku ini ada makna/ arti dari nama yang serupa, seperti contoh nama-nama yang saya cuplikan di atas. Walau berbeda namanya tetapi artinya tetap sama. Mungkin kalau di buku atau sumber lain nama-nama di atas mempunyai makna/ arti yang berbeda pula, namun inti yang disampaikan sih sepertinya sama saja. Cpr.

Sumber :
Ernawati. 2006. Ensiklopedi Nama-nama Bayi Dunia. Tanggerang : PT WahyuMedia
Wkipedia-Nama diakses tanggal 11 Februari 2011

Posting Komentar

0 Komentar