Ciri-ciri Ikan yang Segar

Ikan merupakan sumber protein hewani yang cukup potensial untuk dikonsumsi. Namun tidak sembarang ikan ini baik dikonsumsi. Baik disini dalam arti bahwa ikan ini masih mengandung zat-zat yang fresh untuk dikonsumsi tubuh. Sederhananya, ikan yang baik itu dikonsumsi dalam keadaan segar, artinya saat ikan itu diambil dari alam, entah ikan darat atau ikan laut, tidak memiliki jeda terlalu lama dari proses penangkapan hingga sampai proses konsumsi. Yang lebih baik lagi ikan yang baru dari penangkapan langsung dikonsumsi baik mentah (seperti masakan-masakan Jepang) atau dimasak (bakar/ goreng) dulu. Kalau pun jedanya lama ikan tersebut disimpan di es/ lemari pendingin/ box es. Meskipun disimpan di lemari pendingin waktunya pun tidak boleh terlalu lama, karena zat-zat yang baik bagi tubuh yang terkandung dalam ikan lama-kelamaan akan hilang. Dan juga kondisi ikan yang tidak segar juga akan mempengaruhi rasanya. Kalau itu terjadi sama saja kita mengkonsumsi bangkai ikan.
Saya sendiri mempunyai hobi memancing, oleh karena itu sangat dekat dengan ikan. Dan memang berbeda ikan yang dipancing kemudian langsung dikonsumsi (bakar/ goreng) dengan ikan yang kita beli di pasar. Lebih enak ikan yang langsung dikonsumsi saat masih segar. Ikan yang biasa kita beli di pasar umumnya sudah tidak segar lagi, karena biasanya jeda terlalu lama dari tempat pelelangan ikan (TPI) hingga sampai ke pasar. Kadang-kadang di pasar ada oknum penjual yang nakal, ikan-ikan yang sudah lama itu diberi pengawet agar tampak segar, karena ikan yang dijual di pasar belum tentu laku saat itu, maka untuk meminimalisir kerugian, cara-cara nakal itulah yang biasa dilakukan penjual. Jadi kalau bisa cari penjual ikan yang memang dipercaya atau langsung di TPI, kalau tempat tinggal kita dekat dengan laut. Bukannya saya melarang untuk membeli ikan di pasar, tapi setidaknya kita lebih hati-hati dan cermat dalam memilih ikan yang segar. Berikut ini saya coba cari beberapa informasi mengenai ciri-ciri ikan yang segar dari berbagai sumber :
  • Pilihlah ikan yang dagingnya masih kenyal tidak lembek. Bila ditekan kembali ke bentuk semula.
  • Matanya jernih , bersih, menonjol (tidak tenggelam/ masuk ke dalam).
  • Insangnya berwarna merah segar (terang).
  • Sisiknya tidak mudah lepas,  rapat, mengkilap dan tidak berlendir (kalau pun berlendir masih wajar). Kemudian apabila ikan yang kita beli tidak ber-aroma amis sama sekali patut berhati-hati bisa saja ikan tersebut sudah dicampur zat-zat tertentu. Bila ragu jangan dibeli.
  • Tidak ada luka di kulit ikan. Warna kulit ikan terang, jernih, tidak pucat. Bila dimasukkan ke dalam air ikan akan terapung, sedangkan ikan yang tidak segar akan mengambang di permukaan air.
  • Tidak mengeluarkan bau busuk.
  • Jika dagingnya dipotong terlihat segar tidak kering. Kulit dan daging tidak mudah robek bila ditekan terutama pada bagian perut. Karena daging ikan yang segar saling terekat satu sama lain, kulitnya merekat erat dengan daging. Begitu juga daging pada tulang dan durinya.
Ikan yang sudah tidak segar disinyalir mengalami peningkatan  kadar histamin. Akibatnya, tubuh akan memunculkan reaksi alergi, seperti  gatal-gatal, ruam kulit, mata bengkak, bahkan beberapa orang sampai ada yang pingsan. Namun efek ini tergantung dari daya tahan tubuh individu yang mengkonsumsinya, karena efeknya bisa berbeda-beda.
Belilah ikan di tempat yang memang kita percayai, misalnya di tempat pelelangan ikan, apabila tempat tinggal kita dekat dengan laut, atau apabila tidak ada TPI, kita bisa membeli langsung dari nelayan/ peternak  ikan yang sudah dikenal. Bila ingin membeli di pasar tradisional, belilah pada penjual yang sudah kita kenal. Atau bila ingin membeli di superwarket/ swalayan juga bisa. Tapi tetap perhatikan ciri-ciri ikan segar, jangan sampai kita terkecoh oleh penjual. Meskipun penjual terkadang lebih cerdik menipu pembeli, tapi pembeli kalau sudah tahu ciri-cirinya mudah-mudahan tidak akan  terkecoh. Cpr.

Sumber :
Klipingku.com-Tips Pintar Membeli Ikan diakses tanggal 24 Januari 2011
mail-archive.com-[milis-nakita] ikan laut {02} diakses tanggal 24 Januari 2011
Informasi-TIPS MEMILIH IKAN SEGAR diakses tanggal 24 Januari 2011

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  2. Wah,saya akan melakukannya

    BalasHapus
  3. pada gak mau kan makan ikan tapi masih ada tulangnya? nih pakai alat ini gan tulang hilang total. :)

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6