UD. Nusa Rice


Usaha dagang Nusa Rice ini sebenarnya sudah dirintis sejak 2009. Awalnya dimulai dengan perkenalan kami dengan kelompok tani sebagai pemasok beras dari daerah Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Beras ini dikenal ketika pemkab Cirebon kala itu berniat mengadakan acara, dan membutuhkan pasokan beras dalam jumlah besar. Mendengar kabar bahwa ada di wilayah Kabupaten Cirebon merupakan sentra atau lumbung beras. Terpilihlah kelompok tani ini, yang akhirnya jadi pemasok kebutuhan acara pemkab saat itu. Alasannya karena kualitas berasnya yang terbaik di kabupaten.
Karena alasan kualitas yang baik itu, ayah saya yang kebetulan pegawai (pensiun) di kabupaten mencoba menjalin kerjasama dengan kelompok tani di sana untuk jadi pemasok beras untuk kebutuhan usaha dagang yang sedang keluarga kami rintis. Akhirnya melalui adik saya, CCLN memulai memasarkan dan mengenalkan beras ini ke teman, tetangga, kolega serta orang-orang. Beras ini punya kualitas premium dengan harga yang cukup bersaing. Jika dibandingkan di pasaran terutama di pasar ritel, beras dengan kualitas serupa dijual lebih mahal. Jelas jika dibandingkan dengan beras curah di pasar untuk kualitas baik, harga beras yang kami tawarkan ini relatif lebih mahal. Namun bagi rumah tangga yang membutuhkan kualitas, beras yang kami tawarkan soal harga pasti dimaklumi.

Tempat penjemuran padi di penggilingan, daerah Dukupuntang, Kabupaten Cirebon
Tempat penjemuran padi di penggilingan, daerah Dukupuntang, Kabupaten Cirebon

Seiring berjalannya waktu, ada ide untuk memberikan label atas beras yang kami pasarkan itu, dengan nama Nusa Rice. Pengambilan nama karena kami ini keturunan Nusa, nama kakek moyang kami. Lanjut berjalan, hingga akhirnya kini pengelolaan UD. Nusa Rice ini dipegang oleh ibu kami (CSS) yang punya manajemen lebih baik dan bisa lebih gencar memperluas pasar.
Untuk sementara ini UD. Nusa Rice hanya memasarkan beras dari satu pemasok, dan jenis beras yang kami pasarkan ini hanya satu jenis. Jenis berasnya adalah ramos, yang punya bentuk bulir beras lonjong memanjang. Alasan dari pemilihan sumber pemasok di Dukupuntang karena alasan pesawahan di sini ada di perbuktikan, di kaki gunung Ciremai. Mengingat di kaki gunung ini sumber air bersihnya bisa dijamin, dibandingkan sumber air untuk pesawahan yang ada di daerah dataran rendah. Dengan pasokan air bersih yang terjamin ini memungkinkan untuk kualitas beras itu sendiri. Di samping itu, daerah Dukuh Puntang sudah terkenal sampai luar negeri, peneliti beras asal negara lain sudah pernah datang ke daerah ini untuk meneliti. Meski jelas untuk pamor masih kalah dengan pesawahan di daerah Cianjur, Jawa Barat, yang mana berasnya sudah terkenal dan punya merk beras "Cianjur". 
UD. Nusa Rice ini melayani penjualan beras hanya untuk beberapa ukuran, diantaranya 5 kg, 10 kg dan 25 kg. Pasar yang populer adalah ukuran 5 kg dan 10 kg. Metode penjualan beras Nusa Rice ini baru sebatas di dalam Kota Cirebon saja, penjualan by phone/ sms kemudian delivery order, untuk dijual kembali, pembeli datang langsung ke rumah. Alamat UD. Nusa Rice sendiri ada di Jl. Gn. Tangkuban Perahu I, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. CP: 08156406577 (pesan untuk wilayah Kota Cirebon).

Beras ukuran sak 10 kg, proses angkut
 
Beras sak 5 kg

Beras sak 25 kg


Informasi saja, untuk harga yang ditawarkan sejak usaha ini dimulai untuk per kilogram beras dihargai Rp 9.000,00 sampai sekarang, harga per tanggal 29/7 2013 Rp 10.500,00 per kilogram. Harga ini juga tidak melulu naik, harga mengikuti perkembangan harga dipemasoknya, jika naik ikut naik, turun ikut turun, dan kami menerapkan hal tersebut untuk beras yang kami jual. Untuk beras per 5 kg dijual dengan harga Rp 52.500,00, untuk yang 10 kg dijual dengan harga Rp 105.000,00 dan untuk yang 25 kg dijual dengan harga Rp 262.500,00.
Soal kompetitor cukup banyak, apalagi banyak yang punya modal lebih dan membuka sebuah kios dan menawarkan beras dengan ragam lebih banyak. Meski begitu, UD. Nusa Rice ini mencoba memperkenalkan beras kualitas premium yang harganya relatif kompetitif, dan yang pasti beras ini enak, berbeda jika dibandingkan dengan beras lain yang ditanam di dataran rendah. Ini kelebihan yang coba kami tawarkan ; )

Komentar

  1. geget pisan NUSA RICE
    hahahhahhahaha
    good smoga jadi dirut bulog!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha3x, ini namanya mengenalkan Nusa Rice di dunia maya, mbok'an ada yang cari di dunia maya, sudah tersedia informasinya ... he3x ;) #namanyajugausaha
      Thx sudah mampir2 ye mpo ...

      Hapus
    2. boleh pesan gak? buaat emak dirumah..... (MIL)

      Hapus
    3. ha3x, ongkirnya gmn tuh kirim k Boyolali. D Boyolali bukannya lumbung beras juga ha3x ....

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6