Trip Cirebon After Qurban: Cireks Ekonomi

Pulang kampung ke Cirebon, yang afdol ya naik kereta api, moda yang praktis dan estimasi sampainya pasti ontime. Disamping itu, nyaman, serta akses ke moda ini bisa dibilang mudah.

Beberapa kali pulang, memang Cirebon Ekspres jadi pilihan kereta yang biasa saya naiki. Pilihan lain mungkin ke Tegal Bahari/ Tegal Express. Tapi ditrip kali ini, biasa saya naik yang kelas Eksekutif atau Bisnis. Dan kali ini saya baru tahu, bahwa Cireks rilis gerbong kelas Ekonomi AC. Gerbongnya diletakan paling belakang, gerbong paling depan (belakang lokomotif) diisi gerbong-gerbong eksekutif.

Nah, anehnya setelah saya amati dari depan hingga rangkaian terakhir, koq saya tidak menemukan gerbong bisnis. Padahal, dulu biasanya kalau naik Cireks, kalau tidak Eksekutif ya Bisnis. Tapi kali ini saya tidak menemukan kelas itu, apakah sudah tergantikan dengan Ekonomi AC ini?


Yang berbeda memang dari tampilan luar kereta ini lebih bagus, sepertinya kereta model update terbaru. Interior dalamnya pun berbeda, serupa dengan kelas Eksekutif namun dengan kapasitas lebih besar, jadi lebih sempit di dalam meski dengan format kursi 2-2. Hal yang berbeda lagi adalah model kursinya, dulu kelas Bisnis, kursi bisa dibalik mengikuti arah kereta melaju. Tapi dimodel kereta Ekonomi ini kursi dibuat 'mati', alias tidak bisa diubah, kita hanya pasrah saja, ketika posisi gerbong disediakan. Syukur-syukur dapat arah sesuai arah kereta. Meski begitu, bagi saya tidak mengurangi kenyamanan sih. Over all, interior kelas ini pun tidak dibedakan selain kursinya dan kelegaannya.


Berdasarkan informasi yang saya peroleh di Wikipedia, rute yang rilis sejak 29 November 1989 ini ternyata hanya mengoperasikan dua kelas, yakni kelas Eksekutif dan Ekonomi AC Plus.

Ekonomi AC Plus inilah yang mungkin dulu dioperasikan sebagai kelas Bisnis. KAI sepertinya tidak sekedar merubah kelas saja, melainkan juga merubah gerbongnya menjadi lebih baru, bukan memanfaatkan gerbong kelas bisnis dahulu untuk sekedar ganti nama saja. Soalnya, interior dalam kelas ini memang nampak baru.


Perjalanan pulang pergi dengan kereta ini cukup nyaman, ya karena waktu tempuhnya yang singkat hanya 3 jam 10 menit saja, kemudian keberangkatan dan kedatangan yang selalu relatif ontime.

Sekian dulu catatan perjalanan saya kali ini, sedikit share tentang kelas Ekonomi AC Plus ala Cirebon Ekspres.cpr

Posting Komentar

0 Komentar