Fully Reset ala Jenius

Kemarin saya dibuat bingung oleh Jenius, karena account saya tidak dapat diakses karena paswordnya berganti tapi saya tidak ingat apa paswordnya. Cari informasi sana kemari, akhirnya masalah saya terselesaikan juga, dan account kini kembali normal.

Suasana booth Jenius di Mall Pejaten Village, lantai 3

Awalnya karena saya tidak tahu informasi bahwa, Jenius punya keharusan rekomendasi mengganti pasword account kita, 5 bulan setelah membuat pasword sebelumnya. Ya kalau dihitung-hitung sejak pembuatan account saya di Februari-Maret 2017 ini, ya sudah memakan waktu lima bulan. Dan pas kemarin saya mau login, koq saya "dipaksa" merubah pasword, untuk menggantinya dengan pasword yang lebih baru. Saya coba ganti, namun karena koneksi saat itu tidak bagus, akhirnya proses penggantian itu bermasalah beberapa kali, sampai akhirnya saya sendiri lupa pasword yang saya masukan apa.

Forgot pasword jadi menu andalan ketika terjadi hal demikian, tentunya saya coba. Tapi sayang sekali, security question yang diajukan pada saya pun tidak bisa saya ingat. Bahkan saya tidak ingat sama sekali, security question apa saja yang pernah saya jawab ketika saya registrasi awal. Apa makanan favorit mu? Siapa nama hewan peliharaan pertama mu? Siapa artis favorit mu? Kesemuanya sudah saya coba jawab dengan apa yang saya ingat, dan semuanya dinyatakan salah. Banyak hal yang membuat jawaban salah, kata CS Jenius. Huruf besar kecil, spasi dan tanda baca kalau ada pun akan berpengaruh pada jawaban. Jawaban yang diberikan diawal harus sama percis dengan jawaban yang kita berikan saat security question diajukan kembali pada kita. Ya, kembali lagi, namanya lupa mau dibagaimanakan lagi.

Akhirnya saya coba mengubungi CS Jenius melalui email, melalui telepon dan akhirnya saya diarahkan mendatangi servis point Jenius yang ada di beberapa titik di Jabodetabek. Kebetulan, di daerah Pejaten, tepatnya di Mall Pejaten Village ada servis point Jenius, maka saya ke sana untuk melakukan fully reset. Tepatnya di counter Eat&Eat, di lantai 3. Di sana Jenius diberikan space khusus di sisi kanan Eat&Eat. Petugas di sana langsung memberikan arahan awal, mengulangi proses sebelumnya, solusi akhir tetap melakukan fully reset. Syaratnya hanya membawa KTP kita, kartu Jenius, juga app Jenius yang kita gunakan. Saya sempat difoto juga bersama KTP, mungkin sebagai bukti pengajuan full reset ini. Menjaga keamanan account si empunya.

Akhirnya, pihak CS Jenius di servis point akan merekomendasikan supaya Jenius pusat mengirimkan pasword untuk membuka account kita, yang dikirimkan ke email account terdaftar. Setelah itu kita login dengan pasword tersebut, langsung setelah berhasil login, buatlah pasword baru, dan selesailah proses fully reset pasword yang telah dinyatakan lupa sebelumnya.

Over all, meski ribet harus mendatangi servis poin, tapi prosesnya bisa dibilang lancar. Untungnya, servis poin ini tidak terbatas jam kerja perbankan. Bagi saya yang siangnya bekerja, sepulang kerja bisa saya manfaatkan ke servis poin dan masih bisa dilayani, karena jam operasionalnya sampai malam (jam tutup counter dimana servis poin Jenius buka booth). Pelayanannya ramah, dan fasilitas di servis poin cukup lengkap. Tambahan informasi, untuk menghubungi CS via telepon seluler sepertinya cukup menguras pulsa, percakapan per menitnya kurang lebih 1.200-1.400 rupiah. Butuh waktu yang tidak sedikit untuk konsultasi bagi yang awam. Jadi, ketika mengalami masalah yang sama, servis poin lah yang lebih baik langsung dituju.

Ya sekarang, Jeniusnya bisa digunakan kembali, untuk transaksi belanja online atau lainnya. Sekian dulu catatan saya tentang Jenius, postingan sebelumnya tentang Jenius bisa dilihat di sini. Thx Jenius.cpr

Tambahan Informasi lokasi Jenius Center:
1.       Menara BTPN
Jam layanan 08:00 – 17:30 WIB di Menara BTPN, Ground Floor (GF) CBD Mega Kuningan
Jl. Dr Ide Anak Agung Gde Agung Kav. 5.5 – 5.6, Jakarta 12950.
2.       Kota Kasablanka
Jam layanan 09:30 – 21:30 WIB di Mall Kota Kasablanka, LG, No. 110 – 111
Jl. Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta Selatan 12870.
3.       Lotte Shopping Avenue
Jam layanan 09:30 – 21:30 WIB di The Goods Dept Lotte Shopping Avenue Lantai 1 Unit 1F No. 18-19
Jl. Professor Doktor Satrio Kav. 3-5, Setiabudi, Jakarta 12940.
4.       Plaza Indonesia        
Jam layanan 09:30 – 21:30 WIB di The Goods Dept Plaza Indonesia, Level 5
Jl. M. H. Thamrin No. 28-30, Jakarta Pusat 10350.
5.       Pejaten Village
Jam layanan 09:30 – 21:30 WIB di EAT & EAT Jl. Warung Jati Barat No.39, RT.1/RW.5, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan 12550
6.       Pondok Indah Mall 3
Jam layanan 09:30 – 21:30 WIB di The Goods CafĂ© Pondok Indah Mall 3, Area Street Galery
Jl. Metro Pondok Indah, Jakarta.
7.       Pacific Place
Jam layanan 09:30 – 21:30 WIB di The Goods Dept Pacific Place Mall Lt. 1
Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sumber: jenius-help@btpn.com

Komentar