Mi Band 2: Fitur Pemantau Aktivitas

Beberapa waktu lalu saya sudah pernah posting tentang wearable andalan saya yang saya pakai sehari-hari, yakni Mi Band 2 keluaran Xiaomi di sini. Nah pagi ini, saya dapat notifikasi pembaharuan aplikasi Mi Fit, untuk mengoptimalkan wearable saya. Saya update dan mengesankan tampilan barunya, modern dan lebih informatif.


Kali ini saya akan catat sedikit fitur-fitur yang termonitoring di Mi Fit dengan tandemnya Mi Band 2.

Seperti yang sudah pernah saya sampaikan sedikit dipostingan lalu, Mi Band ini punya fitur untuk memantau aktivitas yang kita lakukan. Terutama yang dipantau khusus adalah soal langkah, berapa langkah sehari atau sebulan. Dari langkah itu berapa perkiraan jarak yang ditempuh dan berapa kalori yang terbakar. Nah dengan update Mi Fit versi 3.0.0 ini ada tambahan beberapa kalkulasi atas konversi dari langkah yang kita lakukan dengan galon bahan bakar yang bisa kita hemat. Kemudian berapa gram kalori yang terbakar itu untuk mengurangi lemak (fat). Mi Fit versi terbaru lebih informatif dengan kalkulasi konversinya.


Seperti yang bisa kita lihat digambar. Informasi berapa langkah kita hari ini ditampilkan per periode waktu, pukul 06.00, 12.00, 18.00 (per periode 6jam). Di sana bisa kita amati bar-bar berapan langkah ditiap sub periode itu. Di bawah tampipan grafik bar tadi, ada resume berapa perkiraan jarak atas aktivitas langkah tadi serta konversi berapa poin penghematan bahan bakar yang telah dilakukan dan konversi pekiraan kalori yang terbakar serta konversi berapa gram lemak yang terbuang. Untuk detail waktu per sub periode di atas perkiraannya bisa dilihat di informasi bagian bawah Activity Today.


Turun ke bawah lagi, kita akan disajikan informasi resume aktivitas yang telah kita lakukan 30 hari lalu. Di sana ada informasi rata-rata langkah harian, rata-rata jarak tempuh, konversi perkiraan total bahan bakar yang bisa kita hemat dengan berjalan kaki, konversi perkiraan total lemak yang bisa terbakar berapa gram. Di bagian paling bawah terdapat informasi aktivitas langkah terbanyak dan tersedikit, berikut informasi kapan tanggal aktivitas tersebut dilakukan.


Dari keseluruhan saya anggap menarik dan baik untuk informasi sejauh mana data dari apa yang kita lakukan. Namun di sini ada catatan kelemahan dari Mi Band adalah tidak bisa membedakan secara akurat mana yang aktivitas langkah dan mana aktivitas bergerak di tempat. Data yang disajikan adalah lebih ke aktivitas gerak dari si user, entah bergerak dari satu tempat ke tempat lain atau bergerak di posisi diam. Jadi semua aktivitas yang bergerak, itulah yang tercatat dalam Mi Fit yang kemudian dikonversikan ke berbagai informasi yang saya sebutkan tadi di atas. Oleh karena itu saya lebih senang menyebutnya sebagai pemantau aktivitas bergerak.

Saya mulai menyadarinya ketika saya tidak melakukan banyak perpindahan (artinya diam) tapi catatan jarak tempuh yang diinformasikan bahwa saya telah bergerak sejauh beberapa meter. Ini jadi pertanyaan, apa tidak salah? Kemudian ketika saya sedang dancing, senam artinya saya hanya bergerak disatu tempat, tapi aktivitas langkah dan jarak tempuh saya meningkat, padahal saya hanya berada di satu tempat. Dari sinilah saya menarik kesimpulan, bahwa Mi Band ini hanya mencatat melalui sensornya adalah gerak tubuh dari si user. Setiap gerak tubuh user yang menggunakan Mi Band akan dikonversikan ke jarak tempuh, langkah, serta berapa kalori yang terbakar. Meski begitu, apabila kita melakukan langkah berpindah dari satu tempat ke tempat lain, atau naik tangga, data yang disajikan relatif akurat paling tidak relevan dengan real time yang kita lakukan tersebut.

Yups, semua alat ada kekurangan dan kelebihan dan wajar, Mi Band merupakan wearable yang membantu kita memantau aktivitas, yang mana jaman sekarang sangat diperlukan aktivitas gerak sebagai olah tubuh ditengah aktivitas manusia yang padat dengan tuntutan pekerjaan. Saya sendiri merasa senang sejak saya pakai Mi Band, saya merasa semua aktivitas yang dilakukan tidak rugi, karena semua datanya tersimpan. Apabila kalau harus disuruh berjalan kaki, tidak ada kata "berat", senang saja dijalani, karena saya jalan tidak sia-sia, record monitoringnya jelas. Dengan ada Mi Band + Mi Fit bantu saya pantau aktivitas sehari kemana saja, sekalian melatih daya ingat.

Untuk membedakan tampilan lama dengan baru bisa lihat dipostingan sebelumnya, memang yang sebelumnya saya tidak jelaskan per detail fiturnya, tapi secara umum bisa memastikan bahwa tampilan Mi Fit berubah setelah diupdate keversi yang lebih baru. Sementara cukup sekian dulu catatan saya, fitur lainnya saya sampaikan dipostingan berikutnya.cpr.

Posting Komentar

0 Komentar