Mi Band 2: Monitoring Activities Olahraga

Mi Band melalui Mi Fit versi 3.0.1 punya beberapa fitur yang pernah saya sajikan catatannya di sini, sini dan sini. Nah kali ini, ada fitur lainnya yang Mi Fit miliki yaitu untuk memantau aktivitas tertentu. Mi Fit mengkhususkan beberapa aktivitas yang bisa dipantau dari jarak dan waktu tempuh, jarak ini diintepretasikan ke dalam peta google maps yang terhubung dengan GPS, kecepatan rata-rata, kecepatan maksimum dan minimum, monitoring heart rate selama aktivitas, serta penyajian data (kecepatan dan heart rate) dalam bentuk grafik, oh iya, satu lagi ditambah pemantau altitude (tingkat tinggi rendah medan yang kita tempuh). Semuanya tersaji jika Mi Band yang kita miliki disinkronkan dengan Mi Fit versi 3.0.1.

Aktivitas tertentu yang dipilih Mi Fit untuk versi 3.0.1 saat ini antara lain Outdoor running, Treadmill, Outdoor cyling, Walking. Meski begitu, ada aktivitas olahraga lain yang juga yang bisa disinkronkan dengan Mi Fit, dimenu Behavior Tagging. Di sana tersedia Jump rope, Run, Sit-ups, Walk, Stand, Climb stairs, Cycling, Drive, Transit, Basketball, Badminton, Ping-pong, Sit, Eat, Sleep, Bath, Brush teeth, Custom. Hanya yang membedakan kesemuanya tidak dapat kita lihat datanya secara terperinci setelah aktivitas, seperti empat aktivitas yang saya sebutkan dikalimat pertama paragraf kedua. Data hanya bisa kita lihat ketika aktivitas berlangsung saja.

Nah untuk trial fitur ini, saya coba menggunakan kendaraan motor, karena kebetulan bertepatan dengan kegiatan sehari-hari, kalau ke kantor naik sepeda bisa gempor, karena jarak kantor yang relatif jauh. Jadi saya asumsikan yang saya gunakan adalah sepeda, menipu kenyataan sih memang, tapi tidak apa, namanya juga untuk trial.

Tampilan awal, difitur yang saya catat di sini adalah resume atas aktivitas yang sudah kita lakukan. Di paling atas, tercatat berapa kilometer yang berhasil ditempuh atas aktivitas yang sudah dilakukan. Di bagian bawahnya ada keterangan berapa total aktivitas yang sudah dilakukan, di bawahnya lagi diagram batang aktivitas per hari yang sudah dilakukan. Di bawahnya lagi, dirincikan berdasarkan aktivitas per hari, dengan menyajikan jenis aktivitas yang kita pilih dari keempat aktivitas terpilih Mi Fit versi 3.0.1. Di sana mencantumkan resume waktu tempuh, kecepatan rata-rata, waktu memulai aktivitas. Kemudian di bagian paling bawah, ada resume per 7 hari (week), 30 hari (month) dan all. Pilihan ini akan mempengharuhi penyajian data diagram batang di paling atas.

Untuk melihat rincian detail dari salah satu aktivitas yang kita lakukan, kita bisa memilih salah satunya, untuk dibuka. Di sana akan tersaji beberapa data, antara lain:

Routes (berisi rincian jarak tempuh, waktu tempuh, kecepatan rata-rata, dan perkiraan kalori yang terbakar), serta juga maps rute yang sudah kita lakukan. Untuk rute maps ini terbagi beberapa etape per 1 kilometers. Jadi apabila kita menempuh jarak 8 kilometer, berarti ada 8 etape di sana.

Data lainnya adalah Details, berisi detail lebih rinci dari tampilan sebelumnya. Seperti jarak tempuh, total waktu yang diperlukan untuk aktivitas tersebut, waktu kita berkendara, perkiraan kalori yang terbakar, kecepatan maksimum, kecepatan rata-rata, heart rate, uphil downhill, uphill (dalam kilometer). Kemudian ditampilan juga Heart Rate Zone.

Tampilan selanjutnya ada Speed. Di sini ditampilkan data kecepatan per etape tempuh, berikut waktu tempuh per etape tersebut. Sajian kecepatan rata-rata, kilometer yang ditempuh dengan kecepatan paling cepat, serta berapa kecepatan terendah (minimum speed).

Tampilan terakhir adalah Chart, grafik atas tingkat kecepatan, heart rate dan altitude. Untuk kecepatan diberi warna biru dan untuk heart rate diberi warna merah.

Aktivitas yang kita lakukan ini bisa diberi tambahan dokumentasi, misalnya foto. Mi Fit menyediakannya, di sudut kanan atas. Sehingga foto yang kita tampilkan menampilkan ringkasan aktivitas yang kita lakukan tersebut. Mi Fit sepertinya mencoba membuatnya seperti aplikasi pemantau aktivitas yang dikembangkan developer lain. Biasanya saya sering melihat anak-anak penghobi lari atau bersepeda mengupload hasil aktivitasnya sambil tersaji ringkasan datanya.

Saya pernah mencoba aplikasi Strava, yang cara kerjanya hampir sama. Untuk Strava menurut saya cukup akurat penyajian datanya, meski tanpa menggunakan wearable. Strava hanya menggunakan smartphone yang kita miliki, Strava tidak menampilkan heart rate, ketika saya coba aplikasi itu beberapa waktu yang lalu.

Kelemahannya, dari hasil yang saya rekam beberapa kali, untuk Altitude ini datanya belum atau tidak bisa tersaji, padahal ketika saya menempuh rute yang altitudenya bervariasi. Berbeda ketika saya menggunakan Strava, Strava mencoba menyajikan datanya dan menurut saya okelah untuk memperkirakan medan yang kita tempuh. Mungkin nanti di versi Mi Fit selanjutnya poin lemah ini bisa diperbaiki.

Sekiranya cukup untuk review saya untuk fitur dari Mi Fit diversi 3.0.1, yang bermanfaat bagi pemilik Mi Band.  Lebih kurangnya, bisa saya tambahkan dikolom komentar. Saya cukupkan dulu, selamat beraktivitas. Keep Health.cpr.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Itu hape khusus xiaomi ya...klo pakek hape laen bs konek g y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa koq dipakai di hape lain juga. Asl ada unit mi band 2, sm app mi fit aja, bisa koq disinkronkan. Gk mesti smartphone nya xiaomi jg.
      Krn sy love xiaomi, jd nya all in hehehe

      Jd semangat bwt jalan kaki #walking #everyday

      Hapus
  2. Gan.. Pas trial itu, harus pairing mi band dgn mi fit nya terus yah?
    Atau bisa pas mau dilihat aja datanya baru di pairing.
    Karena kalau di pairing trs, blutut on trs, syg batre hp nya.
    Hehehe

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6