Wiskun: Bakmi Jawa Polim ala Mas Yono

Kali ini saya mau share tempat makan yang jadi referensi saya kalau lagi kepengen bakmi jawa. Buat yang pernah tinggal di wilayah Jawa Tengah, atau dijalur menuju Jogja pasti pernah ngrasain kuliner bakmi jawa.

Bakmi jawa ini sebenarnya kuliner kaya bakul abang-abang nasi goreng gitu, tapi yang dijual menu utama sebenarnya bakmi dengan segala olahannya cenderung direbus, tapi ada juga yang diolah dengan cara digoreng. Menu nasi goreng ada juga pastinya, ya dimasak ala orang jawa, jogja dan sekitarnya. Ciri khasnya adalah memasaknya menggunakan tungku (anglo) api arang.
Menu makanan yang ditawarkan
Saya yang lima tahun tinggal di Purwokerto sudah terbiasa mencicipi kuliner satu ini, hanya setelah kini tinggal di ibukota, jadi sulit mencari kuliner jenis ini. Ada sih yang menawarkan bakmi jawa, tetapi cita rasanya kurang mirip yang saya nikmati ketika di Jawa (Purwokerto dan sekitarnya). Dan setelah pencarian cukup lama, akhirnya saya menemukan TKP yang cocok dengan lidah saya, yaitu Bakmi Jawa Polim ala Mas Yono.

Bakmi Jawa Polim ini buka warung di pinggir Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Kalau dari arah Fatmawati ke Blok M, posisinya di kiri jalan. Tapi untuk sekarang ini, posisinya sulit untuk saya jelaskan, karena di lokasi lagi ada proyek pembangunan MRT. Posisinya tepat dipinggir jalan (depan pertokoan), bukanya itu sekitar pukul `18:00 menunggu tutup toko. Warungnya tidak besar, bisa saya bilang kecil sih.
Bakmi Godog
Menu yang tersedia di sini ada bakmi godog, bakmi campur godog, bakmi goreng, bihun godog, nasi goreng, nasi godog dll (bisa dilihat menu di gambar terlampir). Beberapa menu ‘topping’ seperti paha, sayap, kepala, ati ampela, brutu dan uritan ayam. Dan beberapa sajian minuman standar. Minuman khas yang ditawarkan di sini Wedang Uwuh.

Saya sendiri recomended untuk menu bakmi godog dan nasi godog. Kalau lagi flu, lagi pengen anget-anget, menu ini cocok sekali, bikin keringet brojos. Karena dimasak dari tungku api, jadi panasnya itu benar-benar merata, jadi panasnya berasa banget. Jadi kalau kita lagi lapar berat, tidak bisa kita makan buru-buru, karena panas dari kuahnya. Lain waktu, mungkin akan saya coba menu lainnya, karena ada yang saya penasarani, yaitu menu magelangan dan krengsengan.

Nah buat yang di sekitar Jakarta Selatan, bisa mampir ke sini untuk mencoba Bakmi Jawa ala Mas Yono. Cpr.

Posting Komentar

2 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6