Tentang Dragon Ball Super Part 2

Setelah sebelumnya saya post tentang tokoh karakter baru di DBS, kini saya ingin share apa saja jalan cerita DBS sampai saat ini, volume #70 yang saya ikuti tiap minggunya dari samehadaku.net dari volume #1.

Saya mulai mengikuti DBS cukup terlambat, karena ketika saya lihat di site tadi, sudah capai volume #50an. Memang awalnya saya kira DB sudah tamat, tapi ternyata tidak, beberapa kali saya lihat cuplikan serial ini di youtube ada karakter Goku Black, saya kira ini kartun buatan orang saja penggemar DB, tapi ternyata cuplikan itu adalah benar serial baru dari DB, DBS karya Akira Toriyama.

Sejauh ini DBS dibagi beberapa chapter (ya saya anggap begitu) atau bagian. Ini berdasarkan yang saya ikuti ketika menonton DBS sejak volume #1. Bagian-bagian itu antara lain:

Chapter SSG vs Beirus
Chapter ini dimulai ketika bumi dalam keadaan damai, Goku sendiri hidup sebagai petani, karena paksaan istrinya Chichi. Gohan sendiri akhirnya menjadi ilmuwan seperti cita-citanya dan sedang menunggu kelahiran anak pertamanya. Vegeta sendiri masih berusaha menyesuaikan hidup  menjadi penduduk bumi bersama keluarga kecilnya Bulma dan Trunks kecil. Goku sendiri meski menjadi seorang petani, tidak membuat berkurangnya rasa ingin bertarung dan berlatih. Di sela-sela berladang, Goku tetap berlatih, bahkan sesekali mencuri waktu berlatih di Planet Kaio. Keinginan Goku untuk bertemu orang yang lebih kuat semakin besar.

Di alam semesta lain muncul tokoh Beirus dan Whis yang sedang berkeliling alam semesta mencari sosok Super Saiya God (SSG), sesuai mimpinya Beirus. Dalam mimpinya itu, SSG adalah sosok yang katanya bisa menandinginya. Kala itu Beirus benar-benar ditunjukan sebagai dewa penghancur, apapun yang membuatnya tidak suka, dapat dengan mudah dihancurkan, bahkan planet sekalipun.

Hingga akhirnya Beirus sampai di bumi dan menemukan ketertarikannya tersendiri terhadap bumi yang memiliki  ragam makanan lezat. Sebelumnya Beirus sempat mampir ke planet kaio, untuk bertanya tentang keberadaan SSG. Dan di sana Goku bertemu dengan Beirus pertama kali. Dengan polosnya Goku mengajak bertarung Beirus, namun saat itu pertarungan berlangsung singkat, Goku kalah telak.

Beirus akhirnya menuju bumi untuk bertanya dengan Vegeta, kebetulan Bulma sedang merayakan ulang tahunnya di atas kapal pesiar, Beirus datang ke tempat itu. Karena Beirus dapat informasi bahwa di bumi terdapat sisa orang saiya yang terkuat. Vegeta pun dibuat tak berdaya, apalagi setelah Vegeta mendengar nama “Beirus”. Dan bagaimana di chapter ini kita lihat Vegeta yang bertingkah seperti manusia, lucu dan unik. Bahkan sifat angkuhnya dibuat hilang di chapter ini. Pesta ulang tahun Bulma akhirnya kacau balau, apalagi ketika Bhu (gendut) membuat mood Beirus hilang. Bumi terancam dihancurkan. Hingga akhirnya datang Goku untuk mencegah dan bertarung lagi dengan Beirus.

Di sini terjadi pertarungan sangat sengit, hingga Goku berhasil melampaui level kekuatannya. Beirus sendiri sempat kewalahan, meskipun tidak semua kekuatan Beirus dikeluarkan. Beirus tahu bahwa Goku adalah manusia saiya terkuat dan masih ada level kekuatan lain yang tersembunyi. Goku pun akhirnya membangkitkan legenda, SSG dari bantuan kekuatan murnia 5 manusia saiya (Gohan, Goten, Vegeta, Pan (bayi dikandungan Videl istri Gohan) dan Trunks). SSG berhasil dibangkitkan dengan mode normal tapi Goku berambut agak maron kemerahan. Level SSG ini pancaran ki Goku tidak dapat dirasakan oleh yang lain, namun Goku merasakan kekuatan yang berlimpah. Bahkan ketika Goku sudah mencapai level puncak dari SSG, Goku masih tetap menggunakan kekuatan SSG untuk melawan Beirus meskipun tidak lagi bermode SSG.. Hal inilah yang membuat Beirus nyaman bertarung dengan Goku. Meskipun pada akhirnya Goku kalah, tapi Beirus pun tidak jadi menghancurkan bumi.


Chapter Kedatangan Kembali Frieza
Setelah pertarungan hebat yang hampir menghancurkan bumi. Bumi pun kembali damai. Goku pun kembali seperti biasa menjadi petani, namun Goku tetap berpikir bagaimana menjadi lebih kuat lagi. Vegeta sendiri pun merasa terpukul bahwa level kekuatan kini jauh tertinggal dari Goku. Bulma yang mengetahui hal ini pun mencoba menghubungi Whiz dengan menawarkan makanan-makanan lezat, supaya Vegeta bisa dilatih Whiz agar menjadi lebih kuat.

Bulma menjadi kenal Whiz ketika pertarungan Beirus dengan Goku saat ulang tahunnya. Whiz yang kala itu menemani Beirus hanya asyik menonton pertarungan sambil menikmati makanan lezat di pesta Bulma. Dari situ Bulma nampaknya menganggap Whiz baik dan bisa diajak kompromi. Whiz pun akhirnya mengabulkan Vegeta untuk melatih dan membawa Vegeta ke istana tempat tinggal Beirus. Di sana Vegeta dilatih Whiz dengan sangat keras. Goku yang awalnya tidak tahu bahwa Vegeta sudah jadi murid Whiz, akhirnya merengek meminta agar ikut diajak berlatih. Akhirnya Whiz pun menuruti kemauan Goku. Di sana mereka berdua dilatih Whiz hingga mencapai level lebih tinggi lagi, SSB (super saiyan blue).
Gold Frieza
[Sumber: google.com]
Pada saat mereka berlatih, ternyata sisa-sisa prajurit Frieza yang masih hidup berusaha menyusun kekuatan kembali, untuk menghidupkan kembali rajanya, Frieza. Dengan bantuan dragon ball, Frieza berhasil dihidupkan kembali. Frieza pun makin kuat, dan berhasil meningkatkan kemampuannya hingga level tertinggi Gold Frieza. Planet bumi pun nyaris hancur jika Goku dan Vegeta tidak cepat datang. Gohan, Picolo, Ten Shin Han, Yamca, Kakek Kamesenin, Krilin mencoba menghalau prajurit Frieza. Namun kemampuan mereka tidak sebanding melawan prajurit senior Frieza. Bahkan Gohan nyaris mati kala itu, karena sudah lama tak berlatih, kemampuannya jauh menurun.  Picolo saja tewas dengan mudah.

Hingga akhirnya Goku dan Vegeta tiba, keadaan sedikit berubah. Goku pun bertarung melawan Frieza sambil menunjukan hasil latihannya. Pertarungan ini menurut saya jadi pertarungan tag team Goku dan Vegeta. Di akhir pertarungan, Goku dan Vegeta bertukar, Vegeta pun ingin melawan Frieza untuk menunjukan kemampuannya. Frieza sempat menghancurkan bumi, namun ketika itu Whiz membantu dengan memutar kembali waktu, akhirnya Frieza dihancurkan sebelum Frieza menghancurkan bumi.


Chapter Champa dkk (pertarungan alam semesta ke-6 dan ke-7)
Bumi pun kembali damai, Goku dkk kembali ke aktivitasnya masing-masing. Nah di sini muncul karakter baru yaitu Champa dan Vadoz, mereka adalah dewa penghancur dan asistennya dari alam semesta ke-6. Datang ke bumi karena iri dengan Beirus yang punya planet yang punya makanan lezat. Di alam semesta ke-6 ada juga planet bumi, namun di sana planet bumi sudah nyaris hancur, di sana bumi seperti planet mati, tidak layak huni.
[Sumber: google.com]
Champa akhirnya menyusun siasat “jahat”, Champa berkeliling alam semesta untuk mengumpulkan dragon ball super, yaitu dragon ball raksasa, ukurannya sebesar planet yang tersebar di alam semesta. Dragon ball super itu kemudian dijadikan taruhan dengan Beirus melalui mekanisme pertarungan antara petarung alam semesta ke-6 dan ke-7. Jika Beirus menang, maka Beirus berhak atas dragon ball super yang sudah ditemukan sebanyak enam buah, hanya tinggal satu buah yang belum ditemkan. Namun jika Beirus kalah, Beirus harus mau menyerahkan planet bumi untuk Champa.

Mekanisme kejuaraan ini dipersiapkan semuanya oleh Champa. Champa pun mengumpulkan petarung terkuat di alam semestanya. Begitupun dengan Beirus yang mengajak Goku dkk untuk ikut ambil bagian. Bagi Goku ini adalah kesenangannya bisa bertarung dengan orang terkuat dari alam semesta yang lain. Dalam kejuaraan ini akan diadakan dua sesi, sesi pertama sesi tes tulis dan kedua adalah sesi fisik (bertarung). Team Champa terkumpul petarung terkuat diantaranya ada Botamo, Frost, Magetta, Cabba dan Hit. Team Beirus terkumpul Goku, Vegeta, Picolo, Bhu dan petarungan pilihan Beirus yang bernama Monaca ternyata hanya kurir alam semesta. Beirus sengaja membuat cerita bahwa Monaca orang yang terhebat agar Goku mengeluarkan seluruh kemampuannya dan mampu memenangkan perlombaan ini.

Dalam perlombaan ini hanya Hit yang mampu memberikan perlawanan serius. Sebenarnya tim Champa bisa menang, namun pada akhirnya tim Beirus lah yang menang ketika Hit mencoba mengalah ketika menghadapi petarung terkuat pilihan Beirus. Hit tahu siapa lawannya dan tahu apa maksud dari Beirus. Karena sebelumnya Goku sempat mengalah lebih dulu, kini Hit membalas agar impas. Saat itu Goku benar-benar kewalahan menghadapi Hit yang sangat cepat.

Akhirnya Champa mengaku kalah dan menyerahkan dragon ball super ke Beirus. Saat itu pula terkuaklah dimana dragon ball super ketujuh, ternyata adalah planet yang digunakan untuk lokasi perlombaan. Akhirnya terkumpulah tujuh dragon ball super dan dewa naga super muncul. Permintaan yang dikabulkan adalah mengembalikan bumi di alam semesta ke-6 seperti keadaan di bumi alam semesta ke-7.

Menjelang akhir chapter ini, tiba-tiba datang tokoh baru, yaitu Zeno, dialah raja segala, raja yang mengatasi segalanya di alam semesta. Dia ini yang paling kuat di alam semesta dragon ball. Bahkan Beirus, Champa, Whiz dan Vadoz bahkan juga para dewa kaio pun tunduk menyembah Zeno. Namun tingak polos Goku yang berkenalan dengan Zeno membuat Zeno nyaman dan senang berteman dengan Goku. Goku berjabat tangan dengan Zeno yang tubuhnya seperti anak kecil. Beirus ketakutan setengah mati atas ulah Goku ini, namun karena inilah Zeno nyaman dan mau berteman dengan Goku. Bahkan Goku diundang datang ke istana segala milik Zeno.

Goku bermain ke istana Zeno ditemani Whiz dan Kaio dan di sana Goku diajak bermain oleh Zeno, namun Goku tidak ingin bermain tapi Goku berjanji akan membawakan teman bermain untuk Zeno. Goku dihadiahi sebuah tombol pemanggil dirinya (Zeno). Namun Goku belum tahu untuk apa tombol itu. Goku pun pergi dengan mengingat janjinya pada Zeno, sambil bingung bagaimana memenuhi janjinya itu. Tapi itulah Goku, yang spontan.


Chapter Goku Black/Zamasu
Bumi kembali tenang dan damai. Goku dkk kembali kehidupan normalnya. Hingga akhirnya di scene terpisah menceritakan jaman masa depan, dimana Trunks Future tinggal. Di sana bumi dalam kondisi hancur lebur. Ternyata di masa depan, bumi sedang dihancurkan sosok yang sangat kuat, dia adalah Black Goku. Trunks future bukanlah lawan sebanding, semua orang kuat di masa depan telah mati, hanya tinggal Trunks saja. Itu kenapa Trunks future meminta bantuan ke masa lalu dengan mesin waktu buatan Bulma, Capsule Corp.

Goku dan Vegeta sempat kembali ke masa Trunks future dan bertarung dengan Black Goku namun kalah telak, mereka harus kembali ke bumi masa lalu untuk menyusun rencana ulang. Bahkan sempat beberapa kali Goku dan Vegeta bolak-balik antar waktu atas kekalahan.

Black Goku ini bahkan sempat mengejar Trunks dengan melintas waktu, dan bertemu dengan rekan Goku lainnya. Meski tidak lama, Black Goku kembali ketarik ke masa depan karena teleportasi yang tidak sempurna. Di bumi masa lalu, Trunks future mengisahkan apa yang terjadi di masa depan. Dan misteri siapa Black Goku itu? Beirus dan Whiz pun ikut membantu mencari tahu siapa Black Goku. Meskipun mereka dewa, mereka pun tidak langsung tahu siapa Black Goku. Pancaran ki saja yang bisa dijadikan petunjuk dan cincin waktu milik kaio. Petunjuk ini yang akhirnya membawa Beirus, Whiz dan Goku datang ke istana kaio Gowas. Di sana, Beirus, Whiz dan Goku bertemu dengan Gowas dan Zamas calon kaio. Di sana, Goku merasakan ki yang mirip dengan yang dimiliki oleh Black Goku, Goku pun sempat bertarung dengan Zamas. Saat itu Zamas tidak cukup kuat, meski begitu Zamas belum mengeluarkan semua kemampuannya, termasuk Goku, karena pertarungan hanya sebentar.

Namun Zamas tahu bahwa Goku adalah manusia terkuat dan bisa jadi ancaman. Saat itu Zamas sedang mengalami dilema dengan kehidupan manusia yang sangat tak layak untuk dilindungi seorang dewa. Bahkan manusia jika tidak dikendalikan akan menjadikan masalah, itu menurut pemikiran Zamas. Gowas sudah berusaha  menjelaskan dan memurnikan pemikiran Zamas, namun tidak berhasil. Bahkan Zamas punya niat untuk membunuh Gowas untuk mengambil cincin antar waktu. Niat ini ternyata sudah terjadi di masa depan, masa dimana Trunks future. Situasi ini akhirnya dibaca oleh Beirus dan Whiz, karena jika di masa ini Gowas mati, maka dewa penghancur juga akan mati. Oleh  karena itu Beirus, Whiz dan Goku berusaha mencegah Gowas jangan sampai dibunuh dan berusaha membunuh Zamas lebih dulu agar supaya masa depan ikut berubah. Tapi ternyata meski Zamas berhasil dimusnahkan oleh Beirus, masa depan tidak berubah.

Akhirnya sedikit demi sedikit semuanya terkuak, siapa Black Goku. Black Goku adalah Zamas dari masa lainnya, yang saling mencampur adukan waktu, Zamas sendiri berhasil menjadi abadi dengan bantuan dragon ball super dan Zamas lainnya berhasil bertukar tubuh dengan Goku dan membunuh Goku yang asli dengan bantuan dragon ball super. Semuanya diperoleh dengan singkat dengan bantuan cincin waktu Gowas di masa dimana Gowas berhasil dibunuh. Dan itu kenapa di masa depan Trunks tidak ada dewa penghancur.

Setelah mengetahui misteri siapa Black Goku, Goku, Vegeta dan Trunks future bertarung mati-matian. Goku dan Vegeta hampir tahu kelemahan Zamas dan Black Goku yang tidak bisa bertarung terpisah, karena ketika mereka bertarung bersama kekuatannya jadi sangat sempurna dan itu yang membuat Goku dan Vegeta makin sulit menghadapinya. Zamas dan Black Goku ini tahu kelemahannya ini dan melakukan fusion dengan anting potara, menjadi King of Zamasu, kekuatannya makin meningkat dan bukan tandingan Goku dan Vegeta bahkan Trunks. Akhirnya untuk mengimbangi fusion Zamas dan Black Goku, Goku dan Vegeta harus melakukan fusion dengan anting potara pinjaman dewa kaio. Fusion Goku dan Vegeta pun tidak mampu mengalahkan. Pada akhirnya berkat semangat membara dalam diri Trunks future, berhasil mencapai kemampuan level tertingginya, Trunks mentransfer semua energi alam semesta ke pedangnya yang telah patah. Pedangnya kembali tajam dan besar dan bercahaya. Pedang genki dama sepertinya, yang akhirnya berhasil menuntaskan pertarungan berat ini, King of Zamasu terbelah dua dan akhirnya lenyap.

Setelah hancur pun ternyata Zamas masih punya roh, dan rohnya menyelimuti bumi masa depan dan menghancurkan semuanya. Goku, Vegeta, Gowas dan Kaio Shin, Trunks dan pacarnya berhasil selamat dengan kubah dewa. Situasi kembali jadi sulit, Goku tiba-tiba mengeluarkan tombol pemanggil Zeno raja segala alam semesta. Zeno yang bingung tiba-tiba datang ketika dipanggil pun heran, karena Zeno yang dipanggil ini adalah Zeno masa depan yang sebenarnya tidak mengenal Goku. Namun karakter Goku yang polos membuatnya bisa bercakap dengan Zeno, dan Zeno punya merasa nyaman. Zeno pun akhirnya marah dan menghancurkan Zamas beserta planet bumi. Ketika proses penghancuran itu, Goku dkk sempat melarikan diri dengan mesin waktu kembali ke masa lalu.

Akhirnya semua telah usai. Dunia masa lalu dan masa depan kembali damai. Namun ketika Goku baru sampai di bumi masa lalu, Goku berkata untuk meminjam mesin waktu untuk kembali ke masa depan, ada yang harus dia lakukan. Trunks menemani Goku yang ternyata menemui Zeno masa depan untuk mengajaknya ke bumi masa lalu, masa dimana Goku tinggal. Zeno masa depan kemudian Goku ajak bertemu dengan Zeno masa lalu, inilah jawaban janji Goku terhadap Zeno dimasanya, inilah teman bermain yang Goku janjikan. Goku pun bisa memenuhi janjinya.

Chapter Hiburan Pertarungan dengan Arale
Masa sulit berlalu, bumi damai kembali. Nah di chapter ini menurut saya sebagai chapter hiburan saja. Di sini dikisahkan Goku kembali bertemu Arale. Arale juga merupakan cerita anime karya Akira Toriyama. Penulisnya mencoba kembali mempertemukan serial anime Arake dalam Dr.Slump dan Dragon Ball Super. Di DB dulu ketika kecil Goku pernah juga bertemu Arale, kini ketika di DBS Goku kembali bertemu Arale.

Meskipun judul dari chapter bagian ini cukup mendebarkan, namun tidak ada pertarungan berarti, ya memang benar kata saya kayanya chapter ini adalah chapter hiburan saja. Ujungnya tetap happy ending.


Chapter Hiburan Pertarungan Baseball Team Champa dan Team Beirus
Seperti yang saya sebut tadi, ini adalah chapter hiburan kembali. Kali ini Champa kembali bersaing dengan Beirus. Lagi-lagi Champa mengajak Beirus bersaing, kali ini dengan pertandingan baseball. Yang bermain baseball kali ini adalah petarung yang ikut pertarungan antar alam semesta, minus Hit dan ketambahan Yamca. Yamca ikut main karena baseball adalah permainan kesukaannya.

Di perlombaan ini tidak ada pertarungan serius, hanya bermain baseball namun dengan sedikit bumbu up power, wajar karena yang bermain baseball adalah petarung terkuat alam semesta. Vegeta masuk ke tim Champa supaya timnya berjumlah seimbang dan Yamca masuk jadi tim Goku. Di chapter ini Yamca jadi man of the match, karena hanya dia manusia biasa yang level kemampuannya dibawah rata-rata petarung yang lain. Tapi justru Yamca yang berhasil membawa tim Beirus (Goku dkk) menang. Beirus sendiri tidak ikut bermain dan memposisikan diri sebagai pelatih. Champa sendiri ikut bermain baseball ini.


Sementara sekian dulu yang bisa saya bagikan, karena minggu lalu akhir dari volume #70. Dan minggu ini volume #71 rilis. Saya belum menontonnya, saya akan nonton dulu, baru setelah itu saya update kembali di postingan bagian yang selanjutnya. Kalau ada yang berbeda sedikit ya mohon diluruskan ya, tulis saja di kolom komentar, untuk koreksi, maklum hasil mengingat-ingat yang sudah ditonton. See you next time. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar