Tentang Dragon Ball Super Part 1

Era Naruto di Naruto Shippuden telah usai, kini dilanjutkan oleh anaknya Boruto. Tapi saya tidak ingin bahas tentang Naruto. Begitupun Era Dragon Ball juga ketika Dragon Ball Z berakhir nampaknya akan usai, namun ternyata tidak. Penulis komik DBZ ini akhirnya memilih melanjutkan kartun yang sangat saya sukai sejak kecil, ya Akira Toriyama kembali ambil bagian di skuel komik DB, yang kini dilanjutkan dengan judul Dragon Ball Super.

Pada awalnya, saya pikir setelah Dragon Ball, kemudian dilanjutkan Dragon Ball Z. Setelah DBZ usai, setelah itu ada Dragon Ball GT. Nah, saya kira GB GT adalah kelanjutan dari DBZ, namun ternyata tidak. Pihak Akira Toriyama menyatakan bahwa DB GT adalah cerita diluar cerita yang ada, artinya bukan merupakan kelanjutan dari cerita sebelumnya. Meskipun dalam DB GT itu menceritakan kisah setelah DB GT, yakni tentang petualangan Goku (kecil  karena diubah jadi kecil akibat permintaan dragon ball oleh Tn. Pilaf), Trunks dan Pan (cucu Goku) mencari dragon ball yang tersebar di alam semesta dengan mesin luar angkasa buatan Capsule Corp. Mereka bertemu rintangan yang ada di alam semesta, hingga di endingnya Goku dkk menghadapi para naga penunggu bintang yang ada dalam bola naga tersebut. Di DB GT pun, kita lihat tingkatan super saiya Goku yang keempat, yaitu SS4. SS4 ini menampilkan Goku dengan tubuh kekar berbalut bulu kera berwarna merah, dengan rambut seperti SS3 namun berwarna hitam. Di GB GT pun, Vegeta berhasil tahap SS4, meski dibantu dengan bulan buatan Bulma.

Lanjut kembali ke DBS, DB GT adalah diluar cerita yang dilanjutkan Akira Toriyama. Lanjutan DBZ adalah DBS. Dalam cerita di skuel DBS ini tidak hanya menceritakan soal Bumi di alam semesta yang biasa, namun menceritakan alam semesta lain selain alam semesta dimana bumi berada. Kemudian muncul tokoh baru yang meramaikan kisah DBS yang punya kemampuan melebih Goku dkk. Vegeta pun diceritakan mulai humanis meski karakter kerasnya masih nampak. Pada intinya, bumi damai lebih nampak di DBS, menurut saya begitu.

Dalam DBS ini pun diperkenalkan tingkat kemampuan super saiya, yang awalnya hanya SS1, SS2, SS3 dan kini adalah SSG (super saiyan god) dengan karakter warna rambut biru cerah, berbeda dengan SS sebelumnya berwarna kuning atau emas. SSG/ SS Blue ini merupakan SS ditingkat yang lebih stabil, dengan model SS1 namun dengan rambut berwarna biru. Sebelum mencapai tahap ini, SSG yang berhasil dicapai Goku dengan pancingan bantuan 5 kekuatan saiya murni (Vegeta, Goku, Gohan, Goten, Pan (masih dalam kandungan Videl) yang ditransfer ke Goku. SSG di tahap ini rambut Goku seperti mode normal tanpa SS, namun rambutnya menjadi kemerahan (maroon), dengan kekuatan yang melimpah. Dengan kekuatan inilah Goku mencoba melampaui Tn. Beerus kala itu, namun tetapsaja Goku kewalahan.

Oh iya, siapa saja kah tokoh baru dalam skuel DBS ini? Saya coba sebut sesuai yang saya ingat, antara lain:

Tn. Beerus
Sumber: google.com
Beerus adalah Dewa Penghancur dari alam semesta ke-7, alam semesta dimana Goku dkk tinggal. Beerus ini punya kekuaatan yang sangat luar biasa, dewa satu ini sangat moody. Jadi bisa dengan mudah menghancurkan planet jika dia merasa tidak suka. Di awal cerita DBS saja, ditampilkan Tn. Beerus keliling alam semesta mencari yang SS God, dan ketika tidak menemukan yang dicari, tak segan-segan menghancurkan planet tersebut. Awalnya nampak kejam, namun setelah mengenal Tn. Beerus di episode DBS selanjutnya, karakter Tn. Beerus bisa dimaklumi. Tn. Beerus juga senang terhadap makanan lezat, dan dia menemukan planet sumber makanan enak, yaitu bumi. Itu sebabnya bumi tidak dia hancurkan. Dewa Kaio, Supreme Kai pun takut pada Tn. Beerus. Bahkan Tn. Beerus lah yang menyegel  Old Kai di pedang Z. Meski begitu, apabila seorang Kai mati terbunuh, maka dewa pengancur pun akan mati.

Tn. Whiz
Sumber: google.com
Tn. Beerus selalu ditemani seseorang, yang juga seperti dewa. Tapi sebenarnya adalah malaikat, dia bernama Whiz. Whiz adalah pendamping setia Tn. Beerus, sekaligus adalah gurunya. Kekuatan Whiz sendiri justru lebih kuat dari Tn. Beerus, namun Whiz punya karakter lebih rendah hati, murah senyum dan pembawaannya tenang. Whiz punya kemampuan mengembalikan/ memutar kembali waktu 3 menit sebelum kejadian.  Sama seperti Tn. Beerus, Whiz juga punya selera tinggi terhadap makanan lezat. Whiz juga dikenal dekat dengan Bulma, Bulma sering berkomunikasi dengan Whiz, tentunya untuk menawarkan makanan-makanan lezat di bumi. Whiz pula yang menyediakan waktu untuk melatih Vegeta, ketika Vegeta memintanya menjadi gurunya, hingga akhirnya Goku mengikuti jejak Vegeta menjadi murid Whiz. Asal usul Whiz juga belum diketahui, namun ketika di istana Zeno raja alam semesta, Whiz bertemu malaikat lain (penerima tamu raja alam semesta), namun di sana Whiz berkata, “ayah”. Tapi saya sendiri masih bingung tentang hal itu.

Tn. Champa dan Vadoz
Sumber: google.com
Tn. Champa dan Vadoz adalah karakter baru yang saya temui di DBS. Posisinya adalah sama seperti Tn. Beerus dan Whiz. Tn. Champa adalah dewa penghancur dari alam semesta ke-6 dan Vadoz adalah pendamping setianya sama seperti Whiz. Vados adalah kakak perempuan dari Whiz. Kekuatan mereka berdua tidak jauh berbeda dari Tn. Beerus dan Whiz pastinya. Tn. Champa ini mirip Tn. Beerus namun dengan tubuh lebih gempal, dan punya sifat yang licik daripada saudara kembarnya Tn. Beerus. Untuk Vadoz karakternya mirip seperti Whiz. Tn. Champa juga yang mengadakan pertarungan bela diri antara alam semesta k3-7 dan ke-6 dengan format tekka inchi budokai. Tn. Champa membawa beberapa petarung “kembaran” dari alam semesta ke-6. Yang menurut saya tidak lebih kuat dari petarung alam semesta ke-7, yang menonjol hanyalah Hit (pembunuh bayaran di alam semesta ke-6). Selain Hit,petarung lainnya adalah Cabba, Magetta, Frost, Botamo.

Lima Jari Penjaga Dewa
Sumber: google.com
Ini juga salah satu toko baru di DBS, rupanya mirip seperti Whiz dan Vadoz, namun dengan tubuh lebih kecil seperti anak kecil. Namanya sendiri saya lupa. Entah hubungannya apa dengan Whiz dan Vadoz, tapi saya pernah dengan Whiz memanggilnya “ayah”, tapi entahlah. Dia ada di istana Zeno, sebagai penerima tamu. Kekuatannya adalah setara dengan seluruh alam semesta. Bahkan Goku diperingati oleh Whiz agar tidak bertindak ceroboh untuk mengajaknya bertarung.

Zeno “Raja Alam Semesta”
Sumber: google.com
Muncul lagi tokoh baru, yang kemampuannya diatas segala-galanya di dunia dragon ball. Dia adalah Zeno, dialah Raja Alam Semesta atau Raja Segala, yang membawahi 12 alam semesta. Zeno ini tidak memiliki tubuh atletis layaknya jagoan, Zeno digambarkan seperti boneka dengan suara yang ‘unik’. Namun Beerus, Champa, Whiz, Vados, Supreme Kai, Kaio takut dan hormat pada Zeno. Karena Zeno dapat dengan mudah melenyapkan alam semesta dengan sekejap, melebihi apa yang dilakukan seorang dewa penghancur. Namun begitu, hanya Goku yang punya cara lain untuk berteman dengan Zeno, karena kepolosan Goku inilah yang membuat Goku bisa berteman dengan Zeno, dimana semua dewa takut padanya. Bahkan dalam DBS Goku diberikan tombol pemanggil Zeno ketika Goku merasa membutuhkan Zeno. Sebagai gantinya, Goku harus memberikan teman permainan untuk Zeno. Zeno tinggal di istana raja alam semesta, yang dijaga malaikat dan penjaga setia yang menurut saya ‘aneh’. Hanya dewa yang mampu pergi ke sana, Goku saja yang punya kemampuan teleportasi tidak bisa seenaknya datang ke istana Zeno. Bahkan Whiz saja perlu waktu 2 hari untuk sampai ke istana raja segala, hanya seorang Kaio yang diberi kemampuan teleportasi  ke istana segala dengan sekejap.

Zamas dan Black Goku
Zamasu adalah seorang Kaio, penampilannya mirip Supreme Kai. Dia menyebutnya sebagai King God Zamasu. Dia adalah murid dari Kaioshin yang bernama Tn. Gowas, yang sebenarnya akan jadi penerusnya. Namun karena pertentangan hatinya tidak mampu dicerna dengan baik, Zamas sangat membenci manusia/ makluk hidup  selain dewa. Makluk hidup lain seperti manusia dianggap tidak layak. Apalagi setelah Zamas bertemu Goku dan bertarung, meski bukan pertarungan hebat, namun Zamas menyadari bahwa jika ada manusia yang punya kekuatan besar akan “melangkahi” posisi seorang dewa. Untuk menciptakan alam semesta sesuai keinginannya itu, Zamas menghalalkan segala cara, dengan membunuh gurunya, kemudian mengambil cincin waktu, mengumpulkan dragon ball super dan mengajukan permintaan hidup abadi, dan mengambil alih tubuh Goku, dan melintas antar waktu ke dunia masa depan, dunia dimana Trunks Future hidup. Ini pula yang jadi alasan Trunks Future kembali ke masa lalu minta bantuan Goku dkk untuk menghadapi Zamas, meski Trunks Future sendirilah yang akhirnya mengalahkan Zamas, sebelum akhirnya “dibersihkan” oleh Zeno masa depan.
Sumber: google.com
Black Goku sebenarnya adah Zamas yang menggunakan cincin antar waktu, untuk menukar tubuhnya dengan tubuh Goku yang dia anggap sebagai manusia yang punya kekuatan luar biasa. Tubuh Zamas yang sudah ditukar dengan Goku pun dibunuh, berikut keluarga Goku (Chichi dan Goten). Zamas yang berada di dalam tubuh Goku itu diberi nama Black Goku dan memusnahkan alam semesta di masa itu, lalu kembali ke masa dimana Trunks Future hidup. Bahkan Black Goku pertama kalinya sempat sampai ke bumi di masa lalu (jaman Goku dkk). Meski pada awal cerita, kita penonton dibuat bingung siapa sosok Black Goku itu, tapi akhirnya semua terjawab setelah menonton DBS volume per volume.
Zamas dan Black Goku (yang sebenarnya dirinya sendiri) bergabung (fusion) dengan anting potara. Ketika bertarung melawan Goku dan Vegeta. Gabungan keduanya menjadikan dirinya dewa yang mengatasi dewa. Namun tidak diketahui siapa yang akan menang jika Tn. Beerus melawan fusion Zamas & Black Goku ini (King God Zamasu). Tn. Beerus di masa itu sudah mati, karena ketika seorang Kaioshin mati, maka otomatis dewa penghancur akan musnah. Kelemahan dari fusion ini adalah lagi-lagi ketidaksempurnaan. Zamas abadi, sedangkan Black Goku tidak abadi, ketika mengalami serangan yang parah, tubuh gabungan ini tidak akan bertahan karena berbeda satu sama lainnya. Ditambah lagi, tubuh Goku yang dipakai Zamas bukan tubuhnya sendiri sehingga tidak mampu mengendalikannya dengan sempurna.

Hit, Cabba, Frost, Botamo, Magetta
Sumber: google.com

Hit
Hit dikenal sebagai pembunuh bayaran di alam semesta ke-6. Penampilan dan karakternya tenang seperti Picollo. Hit sangat terkenal sebagai pembunuh bayaran, targetnya selalu bisa dihabisi, dan tidak pernah ada yang luput ketika sudah ditargetkan. Bahkan ketika Hit didaulat menjadi petarung di arena teka inchi budokai antara alam semesta ke-7 dan ke-6, hit pun disewa dengan bayaran kubus antar semesta, yang biasa jadi kendaraan Tn. Champa dan Vadoz. Hit adalah petarung sejati, kekuatannya adalah kecepatan fisik, dia dapat meningkatkan kecepatan sepersekian detik, meningkat begitu pesat jika dia meningkatkannya. Bahkan Goku sampai kewalahan ketika menghadapi Hit, meski sudah berada di mode SSG ditambah dengan jurus kaio-ken sepuluh kali lipat. Hit inilah diceritakan nantinya akan membunuh Goku, tapi saya masih menunggu kelanjutannya di DBS.

Cabba
Karakter Cabba ini mirip seperti Gohan ketika kecil, ketika Gohan melawan Cell. Cabba sendir adalah keturunan bangsa saiya dari alam semesta ke-6. Bedanya bangsa saiya di alam semesta ke-6 adalah tidak ambisius dan berharga diri tinggi seperti bangsa saiya di alam semesta ke-7. Cabba sendiri sebenarnya tidak mempunyai kemampuan yang kuat ,bahkan Cabba sendiri belajar menjadi SS setelah diajari oleh Vegeta. Dan Vegata pula yang mengajarkan harga diri sebagai bangsa saiya harus dijunjung tinggi.

Magetta
Magetta adalah salah satu petarung dari alam semesta ke-6, Magetta adalah makluk nampak seperti robot dengan kekuatan lava pijar yang berada di dalam tubuhnya. Nama Magetta berasal serial animanga mecha terkenal Mazinger dan Getter Robo. Meski begitu, Magetta bukan robot, tapi adalah spesies alien yang dikenal dengan sebutan Metal Man.

Frost
Frost ini sanga mirip sekali dengan Frieza, musuh bebuyutan Goku dkk di masa DBZ/ DB Kai. Frost ini punya punya kemampuan perubahan sama seperti Frieza nampun kemampuannya tidak seperti Frieza di alam semesta ke-7. Karakter Frost sendiri seperti orang munafik, bertingkah laku baik untuk mencapai sesuatu keinginannya. Seperti ada udang di balik batu. Sifatnya sediki mirip dengan Frieza di alam semesta ke-7, yaitu menjajah planet lain, namun dengan cara yang lebih licik, tidak seperti Frieza yang menjajah dan menghacurkan planet dengan kekejaman.

Botamo
Botamo adalah petarung dari alam semesta ke-6, fisiknya seperti beruang berwarna kuning. Tubuhnya sangat elastis. Gerakannya cukup cepat, Goku pun sempat kewalahan ketika mengawali pertarungan dengan Botamo. Tapi secara keseluruhan, kemampuannya tidak seperti yang dibayangkan. Justru lebih cocok jika Botamo ini bertarung dengan Bhu, namun sayang sekali Bhu didiskualifikasi di awal ketika tes tulis di pertarungan teka inchi budokai antara semesta ke-6 dan ke-7.


Itulah beberapa karakter baru yang muncul di DBS. Itulah yang saya ingat ketika menonton DBS sampai pada volume #70. Untuk lebih lanjut tentang DBS akan saya lanjutkan di postingan selanjutnya. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar