Catatan Trip Liburan Natal 2016 di Cirebon

Tiba akhirnya di bulan penghunjung tahun 2016, Desember pun tiba. Itu tandanya, sebentar lagi Natalan. Lihat kalender, kebetulan Natal tahun ini bertepatan dengan weekend. Sebenarnya sih sayang banget, liburnya jatuh di hari Minggu. Tetapi apa boleh buat, sudah tercatat demikian. Mau tidak mau, harus dimanfaatkan dengan baik. Cuti kerja pun saya ambil, supaya Natal tahun 2016 ini saya bisa berada di rumah beserta keluarga, sama seperti Natalan tahun lalu.

Plan disiapkan, tanggal 23-26 Desember 2016 jadi trip saya ke Cirebon, bersama MDK dan 2TI. Plannya sih ada adik yang di Bali juga mau ikut, tapi karena halangan, jadi dibatalkan, akhirnya ya hanya kami bertiga yang ikut trip. Ertiga putih jadi teman yang menghantar dalam trip kami kali ini.
Ertiga lagi parkir di Jl. Siliwangi, Kota Cirebon seberang Yogya Dept. Store
Karena berdekatan dengan long weekend, otomatis traffic lalu lintas sangatlah padat. Akhirnya tanggal 23 dini hari, kami memaksakan diri berangkat dari Jakarta. Tol Jor gate Joglo jadi pilihan start perjalanan kami menuju Cirebon via Tol Cipali. Pada awalnya jalanan lancar, baru setelah lepas Kp. Rambutan high traffic sampai Cikampek, jalan hanya perlahan, kondisi jalan macet diisi kendaraan pribadi dan beberapa truk besar. Karena kelelahan, akhirnya kami beristirahat di rest area sebelum simpang Tol Purbaleunyi/ Padalarang. Selepas rest area, macet beberapa saat, akhirnya ke depannya lancar sampai Cirebon pukul 06:30 AM.

Selama di Cirebon sudah ada beberapa jadwal yang harus kami lakoni, untuk memanfaatkan waktu liburan yang singkat.
Me and my litle brother
Hari pertama, setelah sampai di rumah saya, kami sarapan dan bersih-bersih. Sekitar pukul 09:00 AM, kami sekeluarga (my mom and my brother) keluar cari makan, sarapan. Nasi jamblang pelabuhan jadi tempat kami sarapan, sekalian wisata kuliner juga di sini.
Di nasi jamblang pelabuhan, sarapan
Lanjut selesai sarapan, coba mampir melihat-lihat ke Cirebon Waterland, yang dulunya eks OW (objek wisata) Ade Irma Suryani. Setelah melihat-lihat sebentar, kami lanjut untuk wisata belanja. Kami ke pusat kota untuk menemani “nyonya-nyonya” berbelanja. Kami berbelanja hingga menjelang magrib.

Masih di hari yang sama, setelah beristirahat sebentar, bersih-bersih, makan malam kami sekeluarga memutuskan wisata kuliner lagi. Mie koclok Cirebon jadi pilihan, Mie koclok yang di Jalan Lawanggada jadi pilihan. Setelah perut kenyang, kami pulang untuk beristirahat, tapi mampir dulu beli martabak langganan Martabak Queen.

Hari kedua, setelah kami bangun, kami bersiap untuk pergi main ke Cirebon Waterland, yang kemarin siang sempat kami datangi. Kami bermain air di wahana air yang lagi terkenal di Cirebon. Kami habiskan waktu tiga jam di wahana air Cirebon Waterland. Hari ini harus kami bagi waktunya, karena menjelang sore jadwalnya adalah ibadah malam Natal di Gereja Bunda Maria, Cirebon. Kami harus datang lebih awal, supaya dapat tempat duduk di dalam gereja.
Aksi sebelum nyebur

Coba kamera dalam air

Ciss #2 for the winner 2017 DKI
Sepulang gereja, kami sempat berkeliling kota. Namun tumben di hari Sabtu ini kota tampak sepi, berbeda dengan hari Sabtu sebelumnya yang selalu ramai. Malam minggu ini jalanan nampak lengang sekali. Karena sudah tidak ada tujuan, kami memutuskan untuk pulang dan beristirahat. Hari kedua pun diakhiri dengan istirahat malam.
Selfi di gua natal 2016 Bunda Maria setelah misa
Hari ketiga, tujuan kami adalah rumah makan ikan bakar Kharitzma di daerah Telaga Remis, Pasawahan, Kabupaten Cirebon. Lanjut kemudian ke OW Cibulan, dan diakhiri belanja oleh-oleh di Batik Trusmi, Plered, Kabupaten Cirebon. Kami baru kembali ke rumah larut malam, karena memang jalanan yang sangat padat di beberapa objek wisata dan tempat oleh-oleh. Melelahkan sekali di hari ketiga ini, mengingat besoknya sudah harus kembali ke Jakarta lagi. Menutup hari ketiga ini kami pun beristirahat.
Acara makan-makan di hari natal di RM Kharitzma
Lagi neduh di OW Cibulan, lagi nyantai, eh hujan lebat #nasib
Hari keempat, hari terakhir liburan. Sedari pagi kami sudah bersiap, berkemas barang untuk persiapan pulang. Setelah sarapan pagi, kami pun berangkat meninggalkan Cirebon. Start dari pintu Tol Ciperna, lanjut menuju Jakarta. Perjalanan pulang relatif lancar, tanpa hambatan berarti, dibuktikan Cirebon-Jakarta hanya ditempuh dalam waktu tiga jam saja. Kebetulan suasana Jakarta pun masih lengang, jadi perjalanan pulang tidak terganggu.

Sekian catatan trip liburan Natal saya di tahun 2016. Tidak begitu lengkap sih, tapi setidaknya bisa jadi catatan untuk keleidoskop haha. Sisanya bisa dijelaskan melalui gambar yang terlampir di postingan ini. Foto diambil dengan Brica B-Pro AE5 Mark II, sekalian ngetes kualitas action cam satu ini. Sampai jumpa di catatan trip saya lainnya. Cpr.