Trip Purwokerto 15-17 Mei 2015

Libur panjang di pertengahan Mei 2015 ini saya gunakan untuk pergi ke Purwokerto. Kota kesayangan yang penuh kenangan. Seperti di postingan sebelumnya, tujuan trip kali ini adalah datang ke hari besar Adyana.

Seperti prepare perjalanan sebelumnya, untuk tiket perjalanan ke sana sudah saya booking sebulan sebelumnya, karena kereta api yang jadi pilihan. Tiket pulang pergi pun disiapkan. Cuma sayangnya, libur yang cukup panjang sejak tanggal 14 Mei 2015 tidak saya manfaatkan dengan baik. Jadi baru hari setelahnya saya melakukan trip ini. Beberapa hal, alasannya mungkin adalah soal budget. Libur yang panjang tanpa diimbangi budget keuangan yang memadai memang tidak sempurna.

Akhirnya, 15 Mei 2015 pukul 9 malam, kereta Serayu membawaku pergi ke Purwokerto. Rencananya ada beberapa teman yang akan berangkat, tetapi dua orang membatalkannya. Okta dan Sese jadi teman seperjalanan berangkat ke kota penuh kenangan, bukan saja buat ku tapi juga untuk Okta dan Sese. Perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan memang, start pukul 9 malam baru tiba pukul setengah 9 paginya, kurang lebih 12 jam perjalanan yang melelahkan.

Tiba di Purwokerto tujuan kami terpisah, Okta dan Sese ke rumahnya sedangkan diriku menuju rumah A.Yani, tempat dimana hajat besar akan dilaksanakan. Aku cukup senang karena, kali ini ke Purwokerto aku bermalam di hotel dan ada kendaraan sewaan yang sudah menungguku. Kekecewaannya hanya karena aku pergi sendiri saja, sehingga plan jalan-jalan dengan kendaraan sewaan batal.

Setelah sampai rumah A.Yani, saya bercakap dan temu kangen dengan keluarga Diana, yang sedang sangat sibuk mempersiapkan hari besar. Malam harinya di sana juga akan diadakan acara seserahan sebelum acara pernikahan esok harinya. Saya di sana juga sambil menunggu waktu check in di Wisata Niaga. Karena jam check ini adalah jam 2 siang, jadi mau tidak mau saya harus habiskan waktu hingga tiba waktunya.

Habis bercakap dan makan siang di rumah A.Yani, sekitar pukul 12 siang, saya baru bisa keluar menikmati mobil sewaan seharga Rp 300.000,-. Senang rasanya bisa "bermobil" di kota ini. Bingung kemana, saya bawa berkeliling kota. Tiap sudut kota yang pernah saya lalui dulu dengan sepeda motor, hari itu saya keliling dengan mobil yang saya kendarai sendiri. Niatnya bisa mampir berkunjung ke rumah teman lama, tapi akhirnya cuma tinggal niat saja. Bingung putar-putar tidak jelas, aku parkirkan Avanza sewaanku ke depan GOR Satria, Sop Durian yang jadi tujuan ku. Sekalian mengobat rasa kangen, sop durian seharga Rp 14.000,- habis kusantap, maknyos. Liat jam, ternyata jam check in sebentar lagi, akhirnya saya menuju hotel.

Sampai hotel, inginnya bersih-bersih diri lanjut jalan-jalan, eh karena suasana kamar hotel yang nyaman akhirnya saya rebahan sampai sore. Saya terbangun setelah mendengar bunyi tone WA. Ternyata Okta menghubungi mengajak jalan-jalan. Ya sudah lah, karena kebetulan ada teman bangunlah dan aku bersiap.
Sore itu kami bertiga berkeliling, dan mampir ke Warung Anglo. Ini juga tempat makan kenangan dulu semasa kuliah. Ya kini hanya kenangan saja yang bisa diingat saat saya duduk di sana. Sampai magrib, sekitar pukul 6 sore, kami berpisah. Karena saya harus menghadiri acara seserahan di rumah A.Yani. acara seserahan selesai sekitar jam 10 malam, akhirnya saya kembali ke hotel untuk istirahat. Karena besok acara pemberkatan dan resepsi dari Adyana.

Minggu pagi, sekitar pukul 6 pagi sudah disibukan dengan persiapan. Pagi itu full waktu untuk persiapan, ke gereja dan kembali ke hotel untuk acara resepsi. Minggu kali ini jadi minggu paling cepat berlalu, karena tidak ada waktu beristirahat. Karena saat acara resepsi selesai adalah waktu ku untuk kembali ke Jakarta. Pemberkatan dan resepsi berjalan dengan baik. Akhirnya tiba pada waktu kepulanganku. Setelah berkemas dan berpamitan dengan semua keluarga Adyana, aku beranjak menuju stasiun. Bersiap menjalani perjalanan panjang dengan Serayu kembali ke ibukota.

Begitulah catatan trip ku kali ini. Tidak banyak yang bisa aku tuliskan, tapi setidaknya ini bisa jadi rekaman perjalanan ku dikemudian hari jika aku membutuhkannya. Sampai jumpa lain waktu. Bye.