Integrasi Axis dan XL Rupanya Berhasil

Beberapa waktu lalu, kabar bergabungnya dua operator telekomunikasi di Indonesia Axis dan XL telah resmi diumumkan. Proses migrasinya sejak pengumuman resmi terus berjalan. Proses migrasi bergabungnya dua operator ini sempat membuat layanan telekomunikasi kedua operator ini terganggu. Saya sendiri jadi pengguna dari salah satu operator tersebut. Axis saya jadikan rekan dalam bertelekomuniasi. Meski sebelumnya sempat juga jadi pelanggan XL.

Seperti yang saya tahu, XL sudah lebih dulu dikenal di Indonesia dibandingkan Axis yang datang kemudian. Sehingga jaringan inftrastruktur XL sudah lebih mapan dibandingkan Axis. Namun yang saya kenal dari Axis adalah operator yang memberikan tarif ekonomis pada jasa yang ditawarkannya, itu kenapa saya memilih Axis jadi rekan saya. Dengan catatan digunakan hanya untuk kota besar.

Saya mau mengatakan, bahwa sepertinya proses migrasi bergabungnya Axis dan XL rupanya berhasil. Dulu sinyal mereka terpisah, kini ketika ada area tak tercoverage sinyal Axis, maka sinyal XL akan membackup, begitupun sebaliknya. Meski awalnya prosesnya masih terasa, sehingga sering saya rasakan lag koneksi, ketika perpindahan sinyal tersebut. Namun kini sudah lebih baik, setidaknya progres penilaian itu saya amati sejak Maret 2014 lalu. Ketika itu saya melakukan perjalanan Jakarta ~ Purwokerto, sepanjang perjalanan sinyal Axis kembang~kempis, malah baru keluar Jakarta saja, sinyal Axis sudah sulit. Tetapi kini, September 2014, hal yang sama tidak terjadi. Koneksi Axis tetap stabil. Meskipun ditanda bar sinyal ada tulisa R, yang artinya roaming datanya aktif.

Beberapa minggu lalu memang dari pihak operator memberikan sms notifikasi bahwa, nomor Axis yang kita miliki diarahkan untuk ditukarkan/diregisterkan ke koneksi XL, dengan tetap menggunakan nomor yang sama. Namun saya belum sempat ke XL Center untuk mengurus hal ini, karena sibuk. Mungkin karena belum saya migrasikan, jadi selalu muncul tanda R dibar sinyal dan koneksi data.

Kelemahan lain yang masih saya rasakan adalah ketidakstabilan koneksi data operator ini. Dulu waktu awal saya menggunakan Axis, untuk buka Google Play tidak ada masalah, update aplikasi berjalan saja cepat, koneksi stabil. Tapi setelah dimulainya proses penggabungan, justru koneksi data jadi tidak stabil. Untuk membuka aplikasi sosmed memang tidak masalah, namun untuk membuka Google Play sulit sekali, sehingga ketika mau update aplikasi itu bisa saya katakan "lemot".

Hal inilah yang harus diperbaiki Axis~XL, membuat layanan data mereka jadi lebih baik. Seharusnya dengan bergabungnya dua operator ini bisa menjadikan infrastruktur telekomunikasi mereka lebih baik, sehingga layanan terbaik bisa sampai ke konsumen setianya. Itu yang ingin saya catat kali ini. Semoga ke depannya jauh lebih baik.

Posting Komentar

0 Komentar