Film: World War Z

Pertengahan Juni lalu pas kebetulan saya sedang kembali ke Jakarta. Pas ke sana di bioskop lagi diputar film bagus, film itu World War Z. Sebelumnya saya hanya lihat dari poster saja, penasaran juga sih sebenarnya film apa ini, apa film perang atau film apa, yang saya tahu pasti film ini ber-genre action. Bintang dari film ini adalah Brad Pitt.
[Sumber: Google Image]

Setelah menonton film ini komentar saya, mantab sekali. Film ini membuat saya yang menonton berdebar-debar, ikut merasakan kengerian yang dialami di dalam film tersebut. Ternyata film ini kalau menurut saya sih genrenya action horor. Film ini berjudul World War Z, kalau dibahasa Indonesia  world war artinya perang dunia. Nah ini kata “Z” itu apa, ternyata Z itu berarti zombi. Karena perang dunia yang dimaksud adalah perang dunia melawan zombi. Wabah zombi menyerang semua negara, inilah yang jadi perang melawan zombi. Saya ingin bercerita sedikit soal film ini. Ya seperti biasa, untuk catatan pribadi saya.

Seperti yang sudah diceritakan sekilas di depan, film ini dibintangi oleh Brad Pitt. Brad Pitt di film ini berperan sebagai Gerry Lane. Gerry ini merupakan mantan agen PBB untuk misi-misi khusus. Di awal film ini dikisahkan bahwa Gerry sudah pensiun dari tugas PBB itu, kini dia menghabiskan waktu bersama keluarganya, istri dan dua anak perempuannya.
Pagi itu Garry berserta keluarganya sedang pergi jalan-jalan di Jalanan Philadelphia dengan sebuah mobil, masuk di wilayah perkotaan yang padat. Sampai di kota, jalanan sangat macet sekali, sampai kendaraan tidak bisa maju. Entah ada apa yang terjadi di depan. Terdengar di depan (di ujung jalan) sedang terjadi keributan, entah sedang terjadi apa. Ternyata di depan sedang terjadi serangan zombi. Ada virus yang dapat menyebar dengan cepat karena gigitan, mirip seperti virus rabies. Virus ini menyebar begitu cepat karena gigitan dari inang yang tergigit sebelumnya. Makluk inang yang tergigit dikenal dengan nama zombi.
Seketika virus ini menyebar, suasana kota semakin kacau balau. Semua penduduk kota yang sedang berada di jalanan berhamburan, karena mereka yang sudah terjangkit gigitan zombi ini akan tertular dan berusaha menjangkiti manusia yang lainnya. Suasana kota sangat amat kacau. Keluarga Gerry pun panik dan berusaha menyelamatkan diri dari serangan penduduk yang terlah terjangkit virus zombi. Pada adegan ini action di film ini mulai terasa. Rasa berdebar sudah bisa penonton rasakan.
Gerry dan keluarganya berusaha menyelamatkan diri, sampai dia harus bersembunyi di sebuah gedung apartemen. Suasana kota saat itu sudah sangat mencekam, karena hampir semua penduduk kota sudah terjangkit virus zombi, dan berbahaya selalu mengintai mereka. Hingga di gedung apartemen itu keluarga Gerry diselamatkan oleh keluarga yang kebetulan sedang bersembunyi. Rencananya di gedung itu adalah tempat lokasi penjemputan. Karena Gerry sempat menghubungi rekannya yang merupakan agen PBB, untuk menjemput dia dan keluarganya, dengan syarat agar Gerry bisa kembali bertugas untuk menyelesaikan misi zombi ini.
Waktu yang ditentukan untuk penjemputan adalah pagi hari, akan ada helikopter yang akan menjemput di atap gedung. Keluarga Gerry memutuskan untuk segera pergi ke atap, namun keluarga yang tadi jadi tempat bersembunyi sementara memutuskan untuk tetap di apartemen menunggu bantuan. Namun ternyata keluarga yang tadi membantu keluarga Gerry mendapat serangan dari zombi-zombi dan membuat keluarga kecil itu terjangkit dan berubah menjadi zombi. Beruntung anak laki-laki dari keluarga itu selamat, dan akhirnya berhasil dievakuasi bersama helikopter kiriman agen PBB. Gerry dan keluarga akhirnya diselamatkan di sebuah kapal induk.
Kapal induk inilah yang dijadikan tempat yang teraman untuk mereka yang masih sehat belum terjangkit. Mereka yang ada di kapal induk adalah anggota militer yang berusaha menyelesaikan permasalahan serangan zombi yang merajalela ini. Dari pantauan di kapal induk itu, serangan zombi telah terjangkit ke seluruh dunia, dan dunia dinyatakan berbahaya.
Di kapal induk itu Gerry diminta untuk kembali bertugas untu permasalahan yang gawat ini. Awalnya Gerry menolak tawaran itu, karena alasan keluarga. Tapi keadaan yang memaksa Gerry mengambil tugas itu, karena kalau tidak orang-orang yang tidak bisa membantu akan dipindahkan ke tempat lain. Hanya yang bisa membantu menyelesaikan masalah lah yang akan jadi prioritas mendapatkan keselamatan.
Misi awal Gerry adalah menemani seorang ilmuwan muda menuju negara asal muasal serangan zombi ini. Ilmuwan muda ini punya gagasan yang baik untuk mencari penawar dari virus zombi yang menyebar sangat cepat dan bringas. Negara yang jadi tujuan pertama adalah China, karena di sanalah awal mulai virus ini berasal. Misi mereka ke China ini ditemani pasukan militer dengan kemampuan khusus. Namun misi ini tak berjalan mulus. Ketika pesawat landing di sebuah bandara di negeri China masalah dimulai. Bandara malam ini tampak gelap tidak ada kehidupan, menara pengawas bandara sudah tak berpenghuni lagi. Akhirnya pesawat mendarat dengan selamat. Ketika gerbang pesawat dibuka, serangan zombi dimulai. Zombi ini menyerang karena rangsangan suara dan gerakan. Kemelut pun terjadi, dan menyebabkan ilmuwan muda mati (karena tertembak peluru sendiri, ketika menyelamatkan diri, karena ilmuwan ini buta soal menggunakan senjata).
Di bandara China ini  ternyata Garry dan tim diselamatkan oleh tim militer yang selamat di bandara tersebut. Mereka diamankan di suatu tempat. Tim militer di sanalah yang membantu Gerry mendapatkan informasi soal asal muasal virus zombi itu ada. Gerry yang tidak ada basic sebagai ilmuwan terpaksa menyusun kembali informasi awal untuk mencari penawar dari virus mematikan zombi yang dapat menyebar dengan hitungan detik. Di China ini Garry masih kurang mendapatkan informasi, berdasarkan informasi dari temuan awal itu, Garry menuju Israel. Karena di sana diduga jadi awal mula informasi soal penyebaran virus zombi.
Ternyata Israel diceritakan sudah memprediksi bahwa virus zombi akan menyebar dan jadi bahaya dikemudian hari. Israel sudah membangun pertahanan yang luar biasa untuk menyikapi masalah tersebut. Israel jadi satu-satunya negara di dunia yang bebas dari virus zombi. Keamanan yang ketat jadi kunci membuat negara itu steril. Sampai akhirnya karena kebodohan rakyatnya membuat Israel tak luput dari serangan zombi. Zombi yang peka atau mudah terangsang dengan serangan zombi menyerang dengan menumpuk-numpuk di tembok perbatas, hingga akhirnya bisa naik ke tembok paling atas, dan mulai masuk ke komplek Israel dan mulai menjangkiti semua manusia yang belum terjangkiti.
Di Israel itu Garry menemukan sedikit informasi dari apa yang terjadi di Israel. Garry melihat bahwa virus zombi itu tidak akan menyerang pada manusia yang ditubuhnya mempunyai penyakit berat. Virus zombi hanya menyerang manusia yang sehat. Ini yang jadi penemuan awal Garry untuk mencari penawar atas virus zombi.
Serangan zombi yang telah menjangkiti semua penduduk di Israel membuat Garry harus menyelamatkan diri, Garry dan teman militernya dari Israel itu memaksakan diri kabur dengan pesawat penerbangan sipil. Akhirnya untuk sementara Garry selamat. Tujuan Garry adalah ke markas laboratorium WHO untuk penyakit-penyakit berat, dimana di laboratorium itu terdapat sampel penyakit berat. Garry punya cara untuk menangkal virus zombi dan bahan untuk membuat virus itu ada di laboratorium itu.
Dalam penerbangan itu ternyata bahaya belum usai. Ternyata di dalam bagasi pesawat terkunci seorang zombi. Tidak disangka pramugari pesawat membuka pintu bagasi dan zombi itu keluar dan menjangkiti semua penumpang pesawat. Akhirnya terjadi gaduh di dalam pesawat itu dan membuatnya hancur jatuh. Beruntungnya jagoan pasti selalu selamat ditengah bahaya yang mengancam. Garry dan teman militernya dari Israel itu selamat.
Mereka dengan susah payah menuju lokasi laboratorium milik WHO itu. Dan ternyata di laboratorium itu juga sudah ada zombi yang menyerang salah satu bagian gedung. Dan gedung itu dijadikan ruangan bebas manusia. Jawaban atas virus penangkal zombi itu ternyata ada di gedung milik WHO yang dinyatakan tidak bisa dimasuki orang siapa pun. Demi untuk mencari sampel virus penyakit untuk jadi penangkal virus zombi, Garry memutuskan untuk masuk ke gedung itu.
Di gedung itu Garry harus meloloskan diri dan main kucing-kucingan dengan para zombi yang terkunci di gedung itu. Gerry akhirnya bisa sampai di ruang dimana tersimpan semua jenis sampel penyakit berat yang ada di dunia yang sudah diteliti oleh peneliti WHO. Garry memaksakan diri untuk menyuntik salah satu sampel penyakit itu ke tubuhnya sendiri, untuk membuktikan teorinya untuk penawar virus zombi ini. Ternyata penawar yang ditemukan Garry itu bukan untuk menawarkan virus zombi, apa yang ditemukan oleh Garry itu hanya untuk menyamarkan manusia yang sehat itu agar tidak terjangkit/ diserang oleh para zombi. Karena zombi itu tidak akan menyerang manusia yang berada dalam kondisi sakit. Pada manusia sakit, zombi akan menganggapnya sama seperti kelompoknya (zombi), jadi tidak akan diserang. Akhirnya WHO membuatkan serum khusus untuk dipakai pada tentara, untuk melenyapkan semua zombi-zombi yang ada. Semua yang sudah terjangkit zombi sudah tidak bisa diselamatkan dan harus dimusnahkan.
Setelah misi selesai, Garry kembali bertemu dengan keluarganya. Akhirnya selesailah misinya dan berakhirlah masa World War Zombi. Negara-negara di dunia kembali memulihkan situasi yang hancur karena serangan zombi. Selesai sudah filmya. Yang jelas filmnya mantab, bagus banget deh. Lebih baik ya nonton sendiri saja, biar lebih dapat feelnya, soalnya apa yang saya tulis ini tidak semua yang ada di film bisa saya tulis, sisanya ya lihat sendiri filmnya.

Sebagai informasi tentang film ini, merupakan film terbaru Marc Foster. Film Marc sebelumnya yang telah lahir seperti Quantum of Solace Finding Neverland, Stranger Than Fiction dll. Film World War Z ini diadaptasi dari novel karya Max Brooks berjudul The Zombie Survival Guide. Yang jelas film ini wajib ditonton, apalagi yang suka dengan serial zombie. Sampai jumpa dicatatan tentang film selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar