Bulan Pajak STNK Motor Beda dengan di Plat Nomor

Diawali ketidaksengajaan ketika meminjam motor adik. Kalau pinjam kendaraan pasti yang perlu ikut terpinjam juga kan STNK, karena syarat berkendara yang taat aturan selain kelengkapan fisik kendaraan, kelengkapan surat-surat kendaraan juga harus diperhatikan, seperti SIM yang sesuai dan STNK kendaraan yang kita kendarai.


Nah lagi iseng baca-baca STNK motor itu, saya lihat ada yang aneh. Motor yang saya miliki, di STNK tercantum tanggal pajak lima tahunan dan pajak tahunan. Di sana tertulis tanggal berapa pajak kita habis dan sebagai warga negara yang baik kita harus perpanjang pajak tersebut. Hal tersebut bisa diringkas pada plat nomor kendaraan, yakni dibagian bawah kombinasi huruf dan angka di plat. Ada kode bulan dan tahun, dan kode itu sesuai dengan tanggal masa berlaku pajak kendaraan tersebut. Motor yang saya miliki, kode bulan dan tahun di plat nomor itu sesuai dengan kode tanggal, bulan dan tahun yang ada di STNK.

Yang berbeda di STNK motor adik saya itu kode bulan dan tahun di plat nomor berbeda dengan bulan yang tercatat di STNK. Lha koq bisa begitu? Apa memang hal tersebut wajar adanya? Ini yang jadi pertanyaan. Jangan sampai hal seperti ini jaddi masalah ketika terjadi pemeriksaan di jalan (tilang). Ketika terjadi pemeriksaan di jalan kalau kita  tidak tahu resikonya bisa besar, bisa kita jadi bulan-bulanan polisi di lapangan, bisa juga kita dituduh ranmor, atau macam hal lain seolah-olah hal ini jadi besar. Sekarang kan kita tahu inti masalahnya, nah apa ini masalah atau bukan? Lalu solusinya bagaimana. Di STNK tertulis bulan Mei 2017, seharusnya yang tertulis di plat nomor kan 05 - 17, tapi nyatanya lain 08 - 17. Jadi ada perbedaan tempo tiga bulan. Nomor plat sesuai dengan yang di STNK.

Memang motor adik saya ini dibeli dari tangan orang kesekian. Jadi bukan asli murni beli baru seperti motor yang saya miliki. Apa mungkin ada manipulasi pada kepemilikan sebelumnya? Wajar kalau jadi pertanyaan, karena setelah sekian lama baru pihak kami (keluarga saya) mengetahuinya. Sampai saat ini motor ini masih digunakan untuk pemakaian wajar, tidak digunakan perjalanan jauh, jadi wajar jika jarang sekali tertangkap karena pelanggaran alias kena tilang. Nah untuk antisipasi, solusinya bagaimana ya? Solusi yang pasti sih pergi ke kantor SAMSATnya untuk klarifikasi. Tapi kebiasaan saya sebelum mengambil keputusan saya harus tanya second opinion agar saya tidak mudah digiring ke arah yang menyulitkan saya, takutnya kita dimanfaatkan oknum-oknum tertentu karena ketidaktahuan kita ini ketika menyambangi kantor terkait. Secara ini Indonesia bung, ngakunya sih sudah melakukan pelayanan baik, tapi kenyataan masih banyak penjahat prosedur di lapangan.

Barangkali ada mas bro yang tahu bisa bantu berbagi pendapat di kolom komentar ; ) siapa tahu ada rekan yang lain yang punya permasalahan serupa seperti yang kami alami ini. Thx

Posting Komentar

82 Komentar

  1. saya motor th 2008,tp berakhir th 2016 mas,yg 2th ilang.bingung saya jg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bagaimana ya? Pajak motor kan 5 tahunan ya, kalau 2008 berarti selesainya kan 2013 dong ...
      Kalau tahun berarkhirnya tahun 2016 berarti lebihnya banyak dong, aneh si aneh, karena kan normal 5 tahun. Solusinya memang mau gk mau harus ke kantor Samsat dimana motor itu terdaftar. Kasus yang sy posting di atas juga belum ditindaklanjuti, biar saja tunggu pajaknya habis, urusan salah atau tidak itu urusan yang buat itu STNK sama plat.
      Lagian skr sudah ada edaran melalui twiter TMC, kalau soal pajak-memajak, polisi tidak berhak menilang, kecuali ada operasi gabungan sama Dishub, karena pajak kendaraan bermotor urusannya sama dinas pendapatan daerah. Yang penting, kalau kemana-mana bawa SIM, STNK asli dan semua kelengkapan kendaraan sempurna.

      Hapus
  2. ya, saya juga beda bulan yang tertera di plat dan di STNK, beda satu bulan, gimana itu Mas ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bgaimna pak klanjutany saat ini..? Snasib ni soalnya. Trimakasih

      Hapus
    2. Harus dikonsultasikan ke Samsat mas kalau soal begini

      Hapus
  3. Sama nih mas, cuma saya lebh parah karena beda tahun,,, di STNK 2018 tapi di plat kok 2015, saya aja baru sadar setelah 10 bulan menggunakan kendaraan saya ini.. maklum bukan dari tangan pertama, malah lupa tangan keberapa :(

    Gimana ya seharusnya ?

    BalasHapus
  4. Saya mengalami hal yg sama, padahal sy beli baru ceritanya dari dealer 'Daya' Kota Tasik lewat rekomendasi kakak saya temennya di dealer tsb (setelah ditanya tmnnya udah meninggal a.n. alm Rizal). Di stnk masa berlaku sd 13 oktober namun di plat 11 2018 (november) selisih 1 bulan. Apa mungkin dealer atau alm R menjual motor bekas?? Setelah baca komen2 di atas, sy jd ngeri. Tapi setelah dicek ke samsat petugas lgsg mmberikan rincian tagihan yg bln okt. Sampai detik ini sy berfikiran ada kesalahan di plat. Soalnya jika yg keliru di stnk, sy msh punya tenor 1 bln lg. Sy baru ketahuan hal ini cicilan ke 25.. omg!!
    Satu hal lg, status di stnk saya DUPLIKAT. Waktu dikonfirmasi ke samsat jawabannya, stnk asli sy pernah hilang. Sy tahu persis prosedur stnk hilang harus ada laporan ke polres. Seingat saya sy tdk pernah pergi ke polres untuk urusan stnk hilang. Kalo begini caranya, sy semakin yakin kalo motor yg sy beli dari dealer tsb adalah bekas. Rekan-rekan hati-hati ya kalo beli kebdaraan, cek yg teliti....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadoh, gk beres ternyata ya. Gk jujur ni yg jual ... #kacau
      Kadang hal bgni jd qt sndiri yg ribet. Mdh2n si gk dibuat sulit

      Hapus
  5. Di stnk no belakang nya Tir di plat nomor Tis ...piye tuh mas bro..lieur aing..salah kerik kitu tukang polisinya

    BalasHapus
  6. Di stnk saya 07 juni 2013 tp di plat nomornya 07 18 itu gmn ea gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah bener,normal itu coy,kan lima tahunan

      Hapus
    2. Ms saya mau tanya saya tukeran sma motor tpi motor dia komplit tpi ko di Plat nya msih hidup 11.21 di stnk nya sampe 2020 yah ms itu gi mna yeng bener yang mna ms minta solusi nya ms

      Hapus
    3. Cek di Samsat, apakah administrasinya sudah benar itu, dipastikan terlebih dahulu keabsahan surat-suratnya.

      Hapus
  7. Saya pernah punya pengalaman malah no.rangka pda bpkb beda dgn stnk. Dan setelah klarifikasi ke samsat lgsg diurus gratis krn memang ksalahan penulisan pada bpkb. Disini saya memaklumi krn pegawai samsat juga manusia. Ksalahan pnulisan pasti wajar.

    Nah ni saya baru ngalami lagi. Motor taun 2012 yg harusnya lembar Stnk berakhir 2017 namun berakhir 2016 tapi hnya pda salah 1 lembar saja. Tapi saya santai aja. Yg penting pajak 5tahunan berakhir pda 2017. Tertulis keluaran mtr 2012. Buat semuanya jangan ragu. Kroscek aja sama bpkb. Dan namanya pajak 5taunan ya berarti 5taun dari tertulis taun pembuatan. Klo lebih atau kurang ya direvisi sendiri kalo hanya masalah plat. Nah klo masalah pda stnk ya lgsg kesamsat saja. Semoga samsat masing2 daerah bisa benar2 melayani dgn baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx sharing nya, membantu pembaca lain jg, termasuk sy 🙏

      Hapus
  8. Bagaimana ya saya penjelasan agan2 tentang ini, motor keluaran tahun 2013 pajak bulan des, pegantian plat kan 5 tahun sekali, tapi kok saya lihat berlaku sampai tahun 2021, saya mau beli sama org jd ragu2 ini? Apa yg salah? Pajak baru tewas bulan 12 2017 dan kenapa plat kok berlaku sampai 2021???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya cek d data TNKB di kepolisian dl deh klo ky gt. Bnr gk ny cm bs dpastikan di sana, sy sndiri blm ktmu jwbn knp ad "beda" hitung dri yg normal.

      Hapus
    2. Keraguan qt, trmasuk sy ky ny bs djwb sm komen di atas deh.

      Logika pajak 5 tahunan itu dmn2 sm dan berlaku demikian.

      Hapus
    3. Coba lihat di bpkb dan faktur kendaraan nama pemilik sama atau tidak (kalau beda itu artinya sdh dibalik nama/bukan pemilik pertama) atau bisa lihat di stnk ada keterangan balik nama tidak, karna kalau soal masa berlaku plat 5 tahunan dengan tahun pembuatan kendaraan gak sesuai biasanya itu karena sudah di balik nama atau bukan tangan pertama.
      Jadi kalau agan beli kendaraan bekas dan tahun platnya masih berlaku lalu agan balik nama maka masa berlaku plat dan stnk baru yg sudah jadi nama agan akan menyesuaikan waktu resgisterasinya saat agan balik nama tsb.
      Semoga membantu.

      Hapus
  9. Untuk motor/mobil keluaran tahun 2013 dan Plat Nomer tahun tahun 2021 dapat dipastikan sudah dilakukan balik nama tahun 2016 sehingga di STNK berlaku hingga tahun 2017 sehingga plat nomer berakhir tahun 2021.. Pada plat nomer kendaraan anda pasti tertulis 12 - 21. Tidak ada masalah dengan kendara1n ini.

    BalasHapus
  10. Mau nanya sama agan2. Kalau tahun masa berlaku nya beda antara yg di stnk dan diplat itu gimana yah. Contohnya di stnk tertulis : masa berlaku 10-10-2021, akan tetapi di plat tertulis 10-20

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudahkah membaca komentar di atas, @kanitayudha mungkin bisa menjawab sedikit kebingungannya.
      Kalau saya terjawab, mungkin ada kesalahan waktu proses balik nama, kendaraan, karena kasus yang saya alami memang kendaraan saya peroleh bukan "tangan pertama", jadi kemungkinan ada missed di sana.

      Hapus
  11. Dear Bapak. Coba saya bantu jawab ya. Untuk masa kadaluarsa Plat Nomer dan STNK yang berbeda biasanya saat Balik Nama Kendaraan sang Pemilik lupa untuk mengambil Plat Nomer yang baru, mungkin karena Nomer pada Plat yang tidak berubah karena masih satu area Kota/Kabupaten. Saat ini Bapak bisa lihat dibalik STNK (bagian warna putih) seharusnya bila Plat Nomer baru belum diambil maka tidak ada tanda CAP TNKB (Tanda Nomer Kendaraan Bermotor) sudah diambil. Bila memang belum diambil maka bisa langsung menuju SAMSAT setempat bagian Pengambilan TNKB/Plat Nomer.

    BalasHapus
  12. Itu jadi intinya gimana yang bulannya beda. Yang bener Ikut yang PBB atau yang STNK nya?? Karena punya saya juga gitu. Yang stnk bulan 8,yang Pbb bulan 11.

    Nah saya kebetulan ada di beda kota dengan Plat no. Jadi kalu urus stnk agak ribet nggak bisa sekalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama STNK itu resmi dikeluarkan dari pihak SAMSAT, masalahnya bukan dikita. Kalau mau diperbaiki secepatnya mesti kunjungi SAMSAT dimana diterbitkan surat tersebut.

      Seperti yang komentar sebelumnya sudah menjelaskan sedikit salah satu alasan kenapa terjadi demikian.

      DI lapangan banyak hal yang menyebabkan demikian, human eror juga bisa.

      Tapi selama bukan kita yang berbuat, tinggal minta sesuaikan saja di SAMSAT.

      Ya namanya manusia, bisa salah.
      Kaya nama di KTP saja kadang salah tidak sesuai akte. Tapi itu masih bisa diperbaiki.


      Kalau yang saya alami di catatan ini, saya tidak mengurusnya dulu, biar saja saat masa berlaku habis baru diurus. Daripada bolak-balik ribet, mending ribetnya sekali saat urus perpanjangan lima tahunan.

      Hapus
    2. Ketika urus ikut yang bulan Pbb atau bulan stnk. Bulan stnk aku lebih dulu dari pada bulan Pbb soalnya. Trus kalo misal diurus nanti ikut ya bulan terlama atau terdekat.??

      Hapus
    3. Kalau soal ini saya bingung menjawabnya, karena pihak kepolisian yang lebih berwenang ... ;)
      Kalau kita mah, cari yang enak aja hehehe

      Hapus
  13. Kalo saya di plat 06 2018 d STNK 06 2019 gmn itu taunny beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ini ya kayanya data di STNK deh yang otentik, coba saja sebelum masanya habis ke Samsat minta penggantian plat, karena salah "gedig" (baca: cetak angka huruf) kali waktu bikin platnya.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Ass.. baru dua jam yg lalu aku ke samsat ganti plat motor.
    Kok kejadiannya sama ya. Di stnk aku berlaku smpai bulan oktober 2018. Nah di plat motor malah blan november. Gimana ni gan??
    Keteldoran aku sih. Baru smpai rumah. Pas dilihat eh plat dak sesuai stnk. Selisih satu bulan (sntk :10-23.. di plat motor:11-23). Apakah masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa sih segera diurus, biar gk berkepanjangan.

      Saya masih duga itu typo si.

      Ky sim saya salah, dan sy gk kekeh minta direvisi saat itu, akhirnya jadi repot sendiri belakangan.

      Coba soal ky bgni diurus, jangan anggap remeh, kadang polisi suka gampangin, klo mnrt sy si urus dan benarkan jika salah, mnt petunjuk mereka tetep, tp jg nunda revisi.

      Hapus
  16. Mau tanya.
    Saya beli mobil kan buatan tahun 1994. Nah kan kalo diitung 5 taunan smpe skrg kan kudu abis sampe tahun 2019. Nah ini di stnk sama plat abisnya taun 2021. Itu gimana ya, kalo ada yg jelasin makasih. Dan saya harus gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanyakan ke samsat saja, soalnya itu mungkin kan runutan BPKB nya pernah berganti kepemilikan, pasti ada historinya seperti apa, tanyakan saja ke samsat, mudah2n di samsat ada polisi yang mau menjelaskan dengan baik. Soalnya kebanyakan di samsat acuh tak acuh.

      Hapus
  17. Plat jan 2023
    Di stnk 2022 gimana pulak itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patokan ke STNK sj deh, klo razia yg dlihat itu STNK, kalau plat ny beda, paling disuruh ganti plat. Padahal yg salah buat mereka (baca: polisi), udah gak kaget itu, konsumen selalu salah aja pokoknya. Ribet2 juga konsumen sendiri, padahal ngurus begituan butuh wkt, apalagi org kerja, ijin sj sulit. Konsumen kalau sama petugas mah salah mulu

      Hapus
  18. Mohon bantuannya bulan november 2017 kemarin sy bayar pajak tapi kenapa masa berlakunya cmn sampai 31-5-2018 berarti hanya 6 bulan. Bukannya masa berlaku pajak itu satu tahun /12 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bs jd itu ad yg salah pencatatan x, soal pajak2 sblm ny.

      Knp gk dtnykan lngsg saat menerima pengesahan stnk saat byr pajak?

      Sy gk bgtu paham, sy jg awam.

      Hapus
  19. Kalo saya beda 1 angka nomor plat nya di stnk&pajak 2492 tpi pas kemarin ganti plat beda jadi 2495 baru ketahuan bbrpa bulan nya , mohon pencerahannya gan itu bagaimana ya masalah gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Polisi itu patokannya ke yang tertulis di surat2 kendaraan, krn itu yg trcatat disistem mrk.
      Untuk soal masalah atau tdk, kalau mau patokan prpanjangan ya ke yg trtulis di stnk itu.

      Sisanya konsultasikan ke samsat. Klo polisi blg, gk da mslh, bru tng. Ingat catat dan record, krn bs2 suka beda si antra tafsir satu dan lain, hrs cri bbrp pndngan, soalny ad aj klo pas kjadian kasus apa, ttep aj konsumen sllu slh.

      Ttep konsultasi k samsat sj.

      Hapus
  20. kalau saya, di plat itu tulisannya 12- 18
    tapi di stnk 12- 21

    jadi platnya yg dibenerin apa gmana ya gan, tolong infonya
    kalau ke samsat, apakah harus ke samsat plat tsb? plat saya Z (jawa barat) tapi lagi kuliah di solo, ga bisa pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu soal plat ini sudah berlaku nasional apa gak, misalkan dibuat di Solo bs apa tidak. Tapi kalau dipikir sih, pajak kendaraan bermotor itu masuknya daerah, biasanya plat itu sudah dijatah berdasarkan daerahnya, kalau mau buat plat gitu mungkin harus ke samsat asal.

      Tapi coba tanyakan dulu di samsat domisili, kalau gak bisa ya mau gak buat di samsat asal.

      Catatan di sini hanya share sih, untuk lebih lanjut masalah kompleks mending tanyakan ke samsat terdekat, kotak via twiter atau sosial media pihak terkait juga bisa. Tapi emang yang afdol itu datang sendiri, karena suka beda penjelasan via sosmed dengan pas di lapangan.

      Hapus
  21. Mau nanya apakah nomor palat pendaraan ketika sudah di perpanjang beda dengan plat yg sebelumnya??..contoh sebelumx DD 2345 SC,ketika sudah di perpanjang menjadi DD 6789 IP,sedangkan yg no.plat yg tertera di BPKB no yg lama..dan perubahannya hanya di no plat saja..mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata ada aja ya masalah ketika pengurusan registrasi kendaraan di Samsat.
      Waduh, saya juga bingung ya, coba tanyakan ke Samsat deh.
      Sepertinya soal mall administrasi dan prosedur yang benarnya seperti apa juga tidak begitu jelas informasinya.
      Saya saja buat postingan ini berawal dari kebingungan.

      Coba tanyakan lebih lanjut ke samsat penerbit deh, biar tidak salag informasi.

      Hapus
  22. Saya barusan bayar pajak 5 tahunan untuk motor

    Setelah proses selesai... anehnya nomor plat sama dengan yang di STNK, tapi tidak sama dengan yang di BPKB dan plat yang lama di motor

    Lho...kok bisa seperti ini bagaimana pelayanannya ya???

    Sekarang kan semua peralatan susah sudah canggih...masak harus bolak-balik ke Samsat

    Waduh pelayanannya tolong diperbaiki dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mau gak mau begitu, sekarang soalnya masih semi-canggih, jadi nikmati dulu. Mau tidak mau, human eror. Untuk SIM Online saja setelah bertahun-tahun baru sekarang-sekarang ini perpanjang SIM bisa dimana saja.

      Ya soal Samsat ini juga lagi proses berbenah supaya lebih simpel, makanya sekarang masih semi-canggih.

      Harus menghubungi ke Samsat terdekat yang jadi penerbit surat tersebut.

      Hapus
  23. Saya beli motor second th 2013 berarti suratnya mati th2018 dan selanjutnya tahun 2023 tapi di plat kendaraan tertulis 2024 tapi di stnk juga sama yaitu 2024

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditanyakan ke Samsat untuk data kepemilikan unit sepeda motor tersebut, yang pasti patokan ke surat resmi, kalau plat bisa saja salah buat. Kalau surat BPKB dan STNK sudah sesuai tinggal sesuaikan plat

      Hapus
  24. Mau nanya rekan2 sklian kalau misalkan motornya keluaran th 2014 tpi plat nomor malah tercantum 2020 seharusnya kan 2019 mhon pencerahannya.

    Terimakasih

    BalasHapus
  25. Nomor plat motor saya sebelum disamsat p3492zq tapi setelah disamsat berubah p6310rm kenapa bisa begini???

    BalasHapus
  26. Penjelasannya garis besar:
    Berdasarkan penjelasan Anonim, 16 Januari 2019, direply comment di atas

    Coba lihat di bpkb dan faktur kendaraan nama pemilik sama atau tidak (kalau beda itu artinya sdh dibalik nama/bukan pemilik pertama) atau bisa lihat di stnk ada keterangan balik nama tidak, karna kalau soal masa berlaku plat 5 tahunan dengan tahun pembuatan kendaraan gak sesuai biasanya itu karena sudah di balik nama atau bukan tangan pertama.
    Jadi kalau agan beli kendaraan bekas dan tahun platnya masih berlaku lalu agan balik nama maka masa berlaku plat dan stnk baru yg sudah jadi nama agan akan menyesuaikan waktu resgisterasinya saat agan balik nama tsb.
    Semoga membantu.

    BalasHapus
  27. Sudah baca semua catatan di atas kah? Setelah baca mungkin akan terjawab deh sedikit kebingungannya ;)

    BalasHapus
  28. Mas kalo saya di stnk 2023 kalo di plat nomor 2024 gimana ya mas ko bisa lebih 1 tahun gimana cara ngurusin nya

    BalasHapus
  29. Saya lgi prosez mutasi mobil ...distnk sama bpkb mobil saya buatan taun 2008 tpi sy dapet surat keterangn pngganti stnk kok diketik 2006 sy baru ngeh pas pulang knap seperti ini ya takutny bgitu jadi stnkny jdi 2006 rugi nanti klo dijual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya sih begitu ya , kalau soal rugi pasti ada sih.

      Hapus
  30. Saya mau nanya bos saya baru beli motor keluaran 2015 udah ganti plat 1x tapi dan udah balik nama 1 lx .
    Mau naya bos inikan motor keluaran 2015.jadi otomatis platnya harus di ganti tahun 2025. Tapi di plat sama stnk tahun 2024.
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca beberapa informasi di atas, setidaknya ada pencerahan dari masalah mu ;)

      Hapus
  31. Coba baca beberapa informasi di atas, setidaknya ada pencerahan dari masalah mu ;)

    BalasHapus
  32. saya juga nih mas kenapa ya saya kan tealt bayar pajak 5 tahunan karna saya telat 9 bulan nah pas saya perpajang itu pada bulan maret...padahal pajak l
    5 tahunan saya itu abisnya 2018 dan jika diperpanjang aturan abisnya 2023 tetapi kenapa ya malah abisnya 2024 dan bulannya bulan 3.......jadi aturan abisnya 06-23 malah menjadi 03-24..
    mohon solusinya ?

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum..mf agan agan mau ty ni kan sy mau beli mobil plat b, stnk bpkb nomer mesin rangka sama, nomor seri stnk plat sama,tp di plat nomer tahunnya beda setahun dgn stnk? Apakah bermasalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pastikan ke Samsat sj, bagian informasi. Meski gk yakin jg si informasi di samsat itu sejelas bagian informasi d kantor pajak atau perbankan

      Hapus
  34. Kalau sy pak setelah beli motor second eh tau taunya dinstnk tdk ada tulisan masa berakhirnya, karna bagian belakngnya hanyu tulisan kertas biasa bkn belangko dari samsat, tpi ada ttd sama stempel pak?
    Kira kira solisinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan ke samsat itu asli apa tdk, dan apa smw surat tersebut sah menurut aturan apa gk. Samsat yang menentukan

      Hapus
  35. saya baru beli motor second kondisinya di stnk mati 4 tahun, motor keluaran 97, harusnya pas tahun 2017 kan ganti plat tuh, lah ini kok plat nya sudah berubah tahun 2022 ya? plat nomor juga ada logo dari kepolisian, saya cek di aplikasi online samsat kondisinya belum bayar pajak dari tahun 2015, kira2 apa bisa tuh ganti tnkb aja tanpa bayar pajak tahunan? harusnya kan baru ganti plat 2022 barengan saya mau hidupin tuh pajak nya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya harus bayar pajaknya dulu dan tertibin administrasinya deh

      Hapus
  36. Dimobil temen stnk dan pajak ko sama ya, ditsnk 5-3-2020 dan ditahun pajaknya juga 5-3-2020 ( mobil avanza pak ) plat 03-20 rencana mau saya ambil tapi agak ada kergauan disitu pak ? Mohon pencerahannnya ...

    BalasHapus
  37. Saya beli motor second tangan ke 2 keluaran 2015 kn seharusnya ya kalau perpanjang 5 tahunan itu 2019 sama 2025 tpi kok di plat sama stnk nya 2024 minta tolong pencerahannya

    BalasHapus
  38. Bang mau tanya nih. Rencana mau beli motor tahun 2017 tapi di plat tahunan nya 23. Kan seharusnya di platnya 22 begitukan. Saya sudah cek di sambara jabar online.disotu dijelaskan motor tahun 2017. Jadi yang salah yg mana ya.yg buat jadi patokan itu yg mana aslinya.

    BalasHapus
  39. Mohon arahanya..di stnk saya perpanjangan stnk setempel cap kolom 1 kolom 2 kolom 3 kolom 4. Pas di kolom 4 stnk jatuh tempo 2023 tapi di plat 2024. Kalo di hitung saya bru menikmati bayar pajak 3 kali dn yg ke empat mau saya bayr kok langsung jatuh tempo 2023.padahal di plat jatuh tempo tahun 2024. Di stnk 2023 di palat 2024. Jadi data bayaran pajak di stnk belum genap 4 tahun sudah ganti plat

    BalasHapus
  40. Jadi pas kolom stnk bayr pajak yang ke 4.langsung ganti plat saat itu juga. Padahal masih akan jalan setahun lagi 2024 ganti plat. Sudah di pangkas

    BalasHapus
  41. maslah yg sma jga sdng saya alami, STNK dan plat berlaku sampai 2023 sedangkan pajak udh sya bayar smpai 2024 masa berlakunya. kendaraan keluar thun 2009. kta orang samsat sih kesalahan waktu cetak STNK.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6