Menjelang Nyepi 2013

Manfaat ngeblog itu ternyata bisa sebagai kolom nostalgia. Karena kita bisa dengan bebas mencatatkan momen-momen tertentu ke dalam blog kita, dan di saat tertentu kita bisa membuka dan membacanya, dalam rangka mengenang atau sekedar mengingat suasana yang terjadi kala peristiwa lampau itu kita catat. Kali ini saya tidak ingin membahas soal manfaat ngeblog, saya hanya ingin nostalgia dan mencatat peristiwa yang terjadi sekarang.
Di tahun lalu saya pernah buat postingan yang berjudul Pawai Ogoh-ogoh di Monas, Jakarta 2012. Postingan itu saya buat ketika saya melihat peristiwa pawai ogoh-ogoh menjelang Hari Raya Nyepi. Tahun lalu Haro Raya Nyepi jatuh pada tanggal 23/3. Tahun ini memang di Jakarta di tempat yang sama seperti tahun lalu diadakan acara yang serupa, yakni pawai ogoh-ogoh. Namun untuk tahun ini saya tidak mengetahui langsung peristiwa itu, informasi saya peroleh dari berita di televisi. Acara yang digelar sama seperti tahun lalu sepertinya.  Berdasarkan informasi dari berita yang saya lihat, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama membuka pawai dan mengikuti pawai ogoh-ogoh bersama Komunitas Hindu di Tugu Monas Jakarta. Acara yang dilakukan di Jakarta, menurut Menteri ESDM Jero Wacik, acara ogoh-ogoh tersebut merupakan bukti konkret keberagaman atau kebhinekaan yang ada di ibukota.
Sama seperti di tahun-tahun sebelumnya, acara ogoh-ogoh ini juga dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Surabaya, Manado (warga Dumoga) dan Bali tentunya. Di Surabaya, walikota Surabaya ikut peran 'melepas' pawai ogoh-ogoh. Begitu juga acara yang sama terselenggara di Menado, warga Dumoga dan seluruh warga di sana menunjukkan kerukunan umat beragama dengan bersama-sama ikut larut dalam acara pawai ogoh-ogoh tanpa memandang dari keturunan mana atau agama apa. Di Bali sendiri, tepatnya di Denpasar, menjelang Nyepi ini diwarnai insiden kebakaran.
Semua informasi terkait pawai ogoh-ogoh di tahun 2013 ini saya akses melalu kanal berita online. Link terkait berita tersebut saya tautkan di bawah ini. Monggo dikunjungi kalau mau tahu berita lengkapnya. Catatan ini hanya rangkuman saja atas apa yang telah saya baca, dalam rangka menggali informasi untuk membuat postingan ini. Selamat Hari Raya Nyepi bagi saudara-saudara kita yang beragama Hindu dan yang merayakannya. Gbu all. Cpr.

Berita terkait:
Kompas. 2013. Pawai Ogoh-ogoh Akan Digelar di Silang Monas. kompas[dot]com | diakses tanggal 11 Maret 2013
Suara Surabaya. 2013. Walikota Surabaya Lepas Pawai Ogoh-ogoh Jelang Nyepi. suarasurabaya[dot]net | diakses tanggal 11 Maret 2013
Tribun Manado. 2013. Pawai Ogoh-ogoh Jelang Nyepi, Warga Dumoga Tunjukkan Kerukunan. tribunnews[dot]com | diakses tanggal 11 Maret 2013
Sindo News. 2013. Ahok Pawai Ogoh-ogoh di Monas. sindonews[dot]com | diakses tanggal 11 Maret 2013
Kabar24. 2013. Nyepi 2013: Pawai Ogoh-ogoh di Bali Diwarnai Insiden Kebakaran. kabar24[dot]com | diakses tanggal 11 Maret 2013


Posting Komentar

0 Komentar