Ibadat Jumat Agung di St. Paulus, Depok

Setelah Misa Kamis Putih saya lewatkan, saya tidak akan membiarkan prosesi tri hari suci terlewati lagi. Hari ini adalah hari Jumat, hari raya wafat Yesus Kristus di salib karena dosa-dosa manusia. Hari ini adalah masuk ke perayaan Jumat Agung, kisah sengsara Yesus.
Awalnya saya mau ikut ibadat yang pertama jam 3 sore, namun karena halangan yang mendadak terpaksa tertunda dan saya harus ikut ibadat jam kedua, yaitu jam 7 malam. Prosesi tri hari suci sepertinya saya akan ikuti di gereja Katolik St. Paulus, Depok. Seperti malam ini saya ikuti Jumat Agung di gereja ini.
Ibadat dimulai dengan suasana hening dan khidmat tepat sesuai jadwal. Dipimpin oleh dua romo, yakni Romo Taucen dan Romo Urbanus. Di ibadat ini tidak ada homili seperti biasa misa, prosesi liturgi hanya pada ibadat sabda, penghormatan salib, komuni dan berkat penutup. Perjalanan kisah sengsara Yesus dibacakan melalui petugas pasio, dengan cara ini kita umat diajak masuk kedalam proses kedurhakaan manusia ketika menyangkal Yesus hingga akhirnya harus mati di salib.
Apa yang Yesus lakukan untuk menderita di kayu salib adalah karena cinta-Nya yang besar terhadap kita. Semua yang Yesus lakukan adalah untuk menggenapi apa yang telah tertulis di Kitab Suci, bahwa anak manusia harus menderita dan bangkit pada hari ketiga. Semua itu akan kita ikuti dalam prosesi tri hari suci. Esok sudah masuk malam paskah, semoga saya bisa mengikutinya. (^_^)?


Posting Komentar

0 Komentar