Begadang dan Bangun Siang, Sukses Kariernya?

Menggelitik ketika membaca artikel di detik[dot]com, judulnya Orang yang Tidur Larut Malam dan Bangun Siang Lebih Sukses Karirnya. Padahal, kata orang tua dulu selalu bilang bahwa "kalau bangun siang malah nbuat rejekinya seret", sering juga mendengar "rejekinya dipatok ayam". Orang tua juga selalu berpesan, bangunlah sebelum matahari terbit, dan tidur jangan lewat larut malam. Hal yang sama juga dianjurkan menurut sisi medis kedokteran, usahakan tidur dengan waktu yang cukup, tidur sebelum jam 10 malam dan bangun sebelum jam 5 pagi, ataukah habiskan waktu tidur sekitar 7-8 jam.
Nah, anehnya di artikel yang saya baca itu lain lagi pendapatnya. Apa yang disampaikan itu muncul karena hasil penelitian dari peneliti University of Madrid. Mereka meneliti 1.000 orang remaja dan menemukan bahwa orang yang suka terjaga hingga larut malam lalu bangun siang memiliki beberapa kualitas yang lebih unggul di aspek kecerdasan, penalaran, pemikiran konseptual dan analitis. Mereka lebih kreatif, ekstrovert, penyair, seniman dan penemu bahkan sampai kesuksesan karir yang baik. Kemudian, mereka yang suka bangun siang cenderung lebih sosial dan lebih berorientasi pada manusia.
Sedangkan sebaliknya orang yang tidur dan bangun tepat pada waktunya memiliki nilai yang lebih tinggi di sekolah. Mereka lebih berpikir deduktif seperti yang sering dilakukan pegawai negeri dan akuntan. Mereka lebih berpikir logis. Kecenderungan mereka lebih bahagia.
Cukup aneh rasanya membaca artikel terebut. Saya sendiri memang pernah melakukan dua hal tersebut, namun apa yang disampaikan di artikel itu memang serupa adanya. Ketika saya membaca artikel itu dalam hati pun mengiyakan. Tetapi untuk soal karir yang sukses sepertinya masih perlu proses lagi.
Tetapi yang terpenting perhatikan sisi medisnya saja, karena apa pun yang baik bila kita dalam kondisi sakit tidak akan ada gunanya. Unsur kesehatan justru yang lebih penting, karena ketika anda kreatif, cerdas atau lainnya itu, bila anda sakit semua itu tidak akan ada artinya. Sehat adalah yang terutama. Apalagi istirahat yang cukup bisa memulihkan kondisi tubuh. Salam sehat selalu ;)


Posting Komentar

0 Komentar