Mengenal Toksoplasma

Bagi sebagian orang ada yang tak menyukai kucing atau binatang berbulu. Sebenarnya mereka tidak menyukai bukan karena binatang berbulu itu jelek atau tidak menarik, mereka hanya takut akan penyakit yang dibawa oleh binatang berbulu itu.  Penyakit itu toksoplasma, yang senang hinggap pada hewan berbulu, seperti kucing, anjing, kelinci dll. Itu pun yang saya alami dulu ketika saya membenci kucing.

Sumber Google
Kebanyakan mereka yang takut pada hewan berbulu adalah wanita. Wanita punya kerentanan tertentu pada penyakit toksoplasma, terutama wanita hamil. Toksoplasma dianggap menakutkan karena nantinya akan mengganggu kehamilan.

Sebelumnya saya ingin mencari tahu tentang apa itu toksoplasma. Saya mencoba mencari informasi dari berbagai sumber melalui Google.  Toksoplasma merupakan penyakit yang disebabkan oleh protozoa (hewan bersel satu) Toxoplasma gondii. Siapa saja yang bisa terkena penyakit ini, jawabannya adalah wanita dan pria pun bisa terkena. Toksoplasma ini bila menginfeksi tidak menunjukkan gejala tertentu, kalau pun ada gejalanya tidak spesifik. Perlu pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk mengetahuinya. Oleh karena itu kebanyakan orang tidak sadar bila sudah terjangkit toksoplasma.


Toksoplasma sendiri terdapat dalam kotoran sejumlah kucing dan daging sapi yang dimasak kurang matang atau makan sayuran yang tidak dicuci. Masuknya spora-spora dari sumber-sumber tersebut ke dalam mulut bisa mengarahka kita tertular atau terinfeksi tokso. Kucing bisa terkena parasit itu karena menangkap tikus atau binatang liar lainnya.


Ada pendapat lain dari seorang dokter, bahwa wanita yang memiliki seekor kucing beberapa waktu sebelum hamil mungkin akan membangun resistensi terhadap penyakit itu.  Namun bila yang terjadi sebaliknya, ketika wanita hamil baru memelihara kucing maka potensi untuk terinfeksi sangat tinggi.


Pemeriksaan laboratorium menyangkut pemeriksaan antibodi spesifik toksoplasma yaitu IgM (merupakan antiboodi yang pertama kali meningkat di darah bila terjadi infeksi toksoplasma) IgG (merupakan antibodi yang muncul setelah IgM dan biasanya akan menetap seumur hidup pada orang yang terinfeksi atau pernah terinfeksi) dan IgG affinity (merupakan kekuatan ikatan antara antibodi IgG dengan organisme penyebab infeksi. Infeksi yang terjadi sebelum kehamilan tidak perlu dirisaukan, hanya infeksi primer yang terjadi pada saat ibu hamil yang berbahaya, khususnya pada trisemester I.


Tes toksoplasma yang perlu dilakukan adalah sebelum hamil dengan tes IgG dan pada saat hamil sedini mungkin tes IgG dan IgM. Apabila hasilnya negatif diperlukan pemantauan setiap tiga bulan pada sisa kehamilan. Berikut intepretasi hasil tes :
  1. Bila IgG (-) dan IgM (+) | kasus ini jarang terjadi. Kemungkinan merupakan awal infeksi. Harus diperiksa kembali tiga minggu kemudian untuk dilihat apakah IgG berubah menjadi (+). Bila tidak berubah, maa IgM tidak spesifik, yang bersangkutan tidak terinfeksi toksoplasma.
  2. Bila IgG (-) dan IgM (-) | belum pernah terinfeksi dan beresiko untuk terinfeksi. Perlu untuk dilakukan tindakan pencegahan agar tidak terinfeksi.
  3. Bila IgG (+) dan IgM (+) | kemungkinan mengalami infeksi primer baru atau mungkin juga infeksi lampau tapi IgM nya masih terdeteksi (persisten = lambat hilang). Oleh sebab itu perlu dilakukan tes IgG affinity langsung pada serum yang sama untuk memperikirakan kapan infeksinya terjadi, apakah sebelum atau sesudah hamil.
  4. Bila IgG (+) dan IgM (-) | pernah terinfeksi sebelumnya.
Toksoplasma bisa diobati. Dengan pemeriksaan dan pengobatan secara dini, penularan pada bayi akan bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, pengobatan dini yang tepat saat awal kehamilan akan menurunkan secara signifikan kemungkinan janin terinfeksi. Temui dokter anda untuk mendapatkan Spiramycin atau pyrimethamine plus sulfadiazine.
Sumber bacaan :
Blogtsabita. 2012. Seputar Toksoplasma. blogtsabita[dot]blogspot[dot]com | diakses tanggal 2 Februari 2013
KittyKrafty.  Toxoplasma Tak Selalu dari Kucing.  KittyKrafty[dot]com | diakses tanggal 2 Februari 2013


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Terima kasih sekali informasinya, cocok sekali tanggapannya ;) nice share

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6