All About [La] Vecchia Signora "Juventus"

Juventus tim kuda zebra yang saya sukai sejak pertama kali saya mengenal dunia sepak bola. Saya baru mengenal tim sepak bola ini ketika saya SMP. Termasuknya sih terlambat, soalnya anak-anak jaman sekarang sudah mengenal bola sejak kecil. Maklum saya sejak kecil kurang menggemari hal yang berhubungan dengan olahraga. Tapi kali ini saya bukan ingin membahas tentang diri saya, saya kali ini ingin membahas tentang tim sepak bola yang saya gemari itu. Tim yang berasal dari Italia, Serie A, Italia.
[Sumber : Google]
Juventus Football Club S.p.A. itulah nama resminya. Juventus punya beberapa sebutan yang sering kita kenal antara lain La Vecchia Signora (Nyonya Tua), La Fidanzata d'Italia (Sang Kekasih Italia),  I bianconeri (putih-hitam), Le Zebre (Si Zebra), La Signora Omicidi (Nyonya Pembunuh). Sebutan La Vecchia Signora dan I binconeri adalah yang sering disebut.
Juve merupakan tim sepak bola profesional yang berbasis di Kota Turin, Piedmont, Italia. Tim ini  didirikan pada 1 November 1897. 
Juventus sejak dulu sudah dianggap sebagai tim besar di Italia, terutama di Serie-A Italia, liga utama Italia. Juve merupakan salah satu anak perusahaan dari FIAT grup. Perusahaan FIAT ini kita tahu membawahi perusahaan besar lainnya seperti Fiat Automobile, tim F1 Scuderia Ferrari, Ferrari Corse dan Maserati Automobile.
[Sumber : Google]
[Sumber : Google]
Juve sendiri dianggap tim besar di Serie-A Italia karena raihan 28 gelar juara (Scudetto). Sebelum kasus Calciopoli yang mendera Juve, Juve termasuk tim yang tak pernah merasakan Seri-B (kasta di bawah Serie-A). Karena kasus itu, Juve dipaksa turun kasta dan mendapat beberapa hukuman lainnya. Musim 2006-2007 dianggap sebagai coretan buruk Juve di perhelatan Serie-A Italia.
Juve tak hanya sukses merajai di Italia, tetapi juga di kejuaraan Eropa. Juve pernah mengalami masa jaya-jaya nya baik di Italia maupun di Eropa. Juve telah memenangi 52 kejuaraan resmi baik lokal Italia maupun zona Eropa dan dunia.
Juve juga kini punya stadium tersendiri yakni Juventus Arena. Sebelumnya kita saya baru mengenal Juve, saya hanya mengenal Stadion Delle Alpi. Stadion tersebut sebelumnya belum sepenuhnya dimiliki Juve, hingga akhirnya Juve berhasil memiliki sepenuhnya dan membuat stadion baru Juventus Arena di awal September 2011, seperti yang sudah disinggung di awal.

Juventus Awal Berdiri
Pada awalnya Juve didirikan dengan nama Sport Club Juventus oleh siswa dari sekolah Massimo D'Azeglio Lyceum, di daerah Liceo D'Azeglio, Turin.  Klub ini merupakan pelampiasan dari anak-anak yang saling berteman dan menghabiskan waktu untuk jalan-jalan bersama dan bersenang-senang serta melakukan berbagai al positif. Usia anak-anak yang tergabng dalam klub tersebut rata-rata berumur 15 tahunan, yang tertua berumur 17 tahun.
Klub ini mulai bergabung dengan kejuaraan sepak bola Italia pada tahun 1900. Kala itu klub memilih kostum berawarna pink dan celana hitam. Inilah yang jadi sejarah, kenapa Juve pernah memakai kostum pink. Juve sendiri perdana memenangi gelar Serie-A pada 1905. Pada tahun yang sama ketika bermain di Stadio Motovelodromo Umberto I Juve merubah warna kostumnya menjadi hitam-putih, yang terinspirasi dari klub Inggris Notts Country.
Awal masuknya pengelola FIAT Grup masuk mengelola Juventus adalah di tahun 1923. Pemilik FIAT saat itu adalah Edoardo Agnelli.

Logo resmi
Juventus FC telah mengalami berbagai perubahan dan modifikasi sejak tahun 1920. Di era tahun 1980-an logo Juve lebih banyak dihiasi dengan siluet seekor zebra. Modifikasi terakhir adalah pada musim 2004-2005. Dimana saat itu mereka merubah logo menjadi oval, dengan lima garis vertikal dan banteng yang dibentuk dalam sebuah siluet.
Dulu sebelum musim 2004-2005 Juve memiliki simbol berwarna biru (merupakan simbol lain dari Kota Turin). Selain itu ditambahkan juga dua bintang. Bintang ini menunjukan bahwa, klub ini telah menjuarai Serie-A sebanyak 20 kali, karena satu bintang melambangkan 10 kali juara.
Sekian pembahasan soal Juve, si Nyonya Tua dari Turin. Cukup banyak catatan sejarah yang telah dibuat. Tidak semuanya saya salinkan di sini. Sumber tulisan ini saya peroleh dari Wikipedia, silakan klik link ini untuk membaca lebih lengkap. Apa yang saya catat di sini adalah informasi yang saya butuhkan saja. Forza Juve from Juventini. Cpr.


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Forza Juve for Scudetto musim 2013 ini, semoga hasil maksimal terus diperoleh di sisa laga akhir musim. Forza Juve!!!

    BalasHapus
  2. Selamat untuk Juventus, sebelum akhir musim kompetisi serie-A sudah mampu memastikan gelar juara musim 2012/2013. Ini adalah gelar ke 29 yang secara sah diakui federasi sepakbola Italia. Meski begitu, bagi Juve sendiri, ini adalah gelar ke-31, apabila dua gelar sebelumnya tidak dicabut karena kasus calciopoli. Sebuah pencapain yang luar biasa bagi Juventus, sebagai team yang terbanyak mengumpulkan gelar scudetto serie-A. Meski yang diakui cuma 29, tapi buat saya Juve telah memenangi juara liga sebanyak 31x.
    Sukses dan selamat atas kemenangan Juve atas Palermo, pertandingan ini yang memastikan Juve menjadi juara musim ini, karena poin nya sudah tak terkejar lagi oleh tim lainnya. Bravo Juve!!!
    Semoga sukses di Italia juga mampu dibawa ke pentas Eropa, for Liga Champions!

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6