Motogp 2013 : Ducati dan Honda

Beberapa waktu yang lalu tim-tim pabrikan yang ikut serta dalam perhelatan Motogp mulai me-launch motor-motor yang akan dipakai race Motogp 2013. Tim pabrikan pertama yang me-launch tim nya adalah Ducati, kemudian disusul Honda. Tim Yamaha yang musim lalu berhasil meraih juara dunia bersama Lorenzo belum melakukan launch resmi. Yamaha sendiri sedang memboyong dua ridernya ke Indonesia, untuk promo iklan.
Kebetulan di sini saya senang pada dua tim ini, sehingga saya hanya akan menampilkan tampilan motor dari tim Ducati dan Honda. Sebenarnya sudah banyak penayangan di pemberitaan di dunia maya soal tampilan kedua tim ini. Tapi di sini saya tampilkan sebagai catatan pribadi untuk rumah online saya.

Ducati
Tim yang bermarkas di Italia ini kembali mencoba berbenah. Setelah dua tahun mencoba untuk bangkit dengan menggandeng pebalap kawakan, sang legenda hidup, VR. Namun dua musim berjalan tidak ada perubahan berarti bagi Ducati. Ducati terseok-seok dan tampak kesulitan bersaing dengan Honda dan Yamaha. Tapi menghadapi musim 2013 Ducati mencoba kembali berbenah setelah sebagian kepemilikannya telah dikuasai Audi. Harapan positif dengan perubahan ini.

VR memutuskan hengkang dari pabrikan asal Italia ini dan kembali ke pelukan Yamaha Factory Racing. Meski begitu Ducati tak kehabisan pebalap berbakat. Kini Ducati menggaet Dovisioso, pebalap muda yang penampilannya cukup 'mengigit' beberapa musim lalu, baik ketika bersama Honda dan Yamaha Tech 3. Kini Ducati siap dengan formasi barunya. Diharapkan dengan kedatangan Dovi ini Ducati bisa lebih baik, dan mampu bekerja sama bersama Hayden yang telah lebih dulu mengaspal bersama Ducati. Sementara ini hanya Stoner yang mampu mengendalikan keganasan mesin Desmo Ducati, dengan berhasil tampil dominan di musim 2007 dan meraih gelar juara dunia kala itu.

Beberapa waktu lalu Ducati telah resmi mengumumkan formasi resminya itu, serta menampilkan motor yang akan dipakai di musim 2013, bertempat di Madonna di Campiglio, Italia.  Ducati tetap tampil dengan balutan warna merah, ciri khas Ducati, ditambah kelir putih.

Honda
Honda Repsol pun tidak mau kalau, bertempat di Spanyol, markas Repsol sebagai sponsor utama, Honda menampilkan formasi tim resmi yang akan bersaing di perhelatan Motogp 2013. Tak hanya itu, saat itu pula Honda menampilkan motor dan livery baru yang sedikit berbeda dari musim-musim sebelumnya. Tak banyak memang perubahan livery yang sempat dijanjikan Honda akan berubah itu, namun cukup memberi kesan fresh untuk bersaing dimusim 2013.



Setelah ditinggal Stoner yang pensiun, Honda tidak kehabisan pebalap hebat. Honda mendapat pebalap hebat pengganti Stoner. Dia adalah Marc Marquez yang naik kelas dari Moto2 ke Motogp. Marc tampil baik di musim 2012 Moto2 dan berhasil meraih gelar juara dunia. Tampil berani dan nekad itulah yang ditunjukan Marc selama musim 2012. Modal inilah yang dibutuhkan Honda untuk menghadapi persaingan dengan tim lainnya. Jelas target Honda adalah tampil maksimal untuk juara dunia. Bersama Marc, Honda punya Dani Pedrosa yang menjadi runner up di musim 2012. Pengalaman Dani di Motogp diharapkan bisa dikolaborasikan bersama Marc untuk dapat mengembangkan motor RC213V agar tampil lebih dominan lagi.


Posting Komentar

0 Komentar