Makna Hidup Sebuah Nama

Setiap orang punya panggilan, panggilan itu biasa kita kenal dengan sebutan "nama". Memang ada yang bilang "apalah arti sebuah nama". Tapi sebenarnya, sebuah nama itu punya arti atau makna yang mendalam bagi si empunya. Saya pernah buat postingan tentang hal ini, Arti Sebuah dari Sebuah Nama.
Pada postingan itu saya sampaikan, apa arti dari nama-nama seseorang. Nama-nama itu adalah nama dari yang saya kenal, bahkan nama saya sendiri. Dalam sebuah nama punya makna tersendiri, bisa juga karena sejarah tertentu akan nama tersebut, atau juga bisa karena pemakai nama pertama adalah orang yang punya kelebihan atau sesuatu yang bisa dibanggakan, bisa juga sebaliknya.
Bisa juga nama tersebut berdasarkan arti atau terjemahan dari bahasa tertentu. Banyak hal yang bisa dijadikan sebagai pemaknaan atas sebuah nama.
Saya di sini hanya menganalogikan saja, atas apa yang saya pahami. Ini sih hanya pendapat pribadi saya, untuk membuktikan apa arti dari sebuah nama yang di sandang seseorang.
Pernah kenal tokoh Lazarus? Bagi kita yang punya kepercayaan akan Alkitab, kita sudah pasti tahu siapa Lazarus. Lazarus merupakan orang yang dibangkitkan Yesus dari kematian. Yesus punya mukjijat menghidupkan orang mati, dan dia lah Lazarus yang merasakan mukjijat Nya. Nama Lazarus punya makna tersendiri karena kisah dan cerita perbuatan mukjijat Yesus.
Saya di sini hanya coba menyangkutkan tentang nama itu pada nama seseorang yang menyandang nama yang sama. Dia mengalami suatu mukjijat pertolongan Tuhan atas musibah yang menimpanya.  Dia adalah Laura Lazarus. Dia memang bukan pria seperti Lazarus yang dibangkitkan Yesus, dia seorang perempuan. Laura Lazarus merupakan penumpang yang selamat dari kecelakaan pesawat pada November 2004 di Solo. Dia adalah seorang pramugari di maskapai yang mengalami kecelakaan nahas itu.
Kisah yang dialami Laura Lazarus ini setidaknya mirip seperti apa yang dialami Lazarus itu. Laura sempat dinyatakan meninggal sebagai korban kecelakaan pesawat itu.  Laura sempat dgabungkan bersama mayat korban kecelakaan pesawat itu. Hingga akhirnya ada mukjijat yang Laura alami membuat hidupnya berubah.
Saya pun baru menyadari cerita yang akhirnya menjadi kesaksian Laura ini. Sebuah kisah yang bisa jadi inspirasi bagi kita. Untuk mebaca ringkasan kisah yang dialami Laura bisa coba kunjungi link yang ada di bawah postingan ini. Di sini saya tidak untuk membahas hal itu. Saya hanya mencoba mengangkat sesuatu, bahwa dalam nama seseorang punya nama dan makna tersendiri dimana nama itu bisa atau juga tidak mempengaruhi jalan hidup seseorang yang menyandang nama tertentu. Oleh karena itu, tidak sembarangan orang tua kita memberikan nama pada anak-anaknya. Bahkan pada adat masyarakat tertentu ada upacara tertentu yang harus dilakukan bila mau merubah sebuah nama yang disandang.
Mungkin contoh yang saya ambil ini belum bisa dibilang benar. Ini hanya pendapat pribadi saya yang melihat bahwa sebuah nama itu punya sesuatu yang bernilai, tidak hanya sekedar kata atau gabungan beberapa suku kata saja. Cpr.

Baca juga ini :
UNBROKEN WINGS. 2008. My Story. unbrokenwings[dot]wordpress[dot]com | diakses tanggal 30 Januari 2013
Tabloid Nova. Perjalanan Laura Cari Jalan Kesembuhan : "Biusan" Sang Ayah Membuatnya Bangkit. nostalgia[dot]tabloidnova[dot]com | diakses tanggal 30 Januari 2013
Naturality. 2011. Arti dari Sebuah Nama. cocoper6-cocoper6[dot]blogspot[dot]com | diakses tanggal 30 Januari 2013




Posting Komentar

0 Komentar