Jokowi Masuk Nominasi Walikota Terbaik di Dunia Tahun 2012

Menjadi pimpinan daerah yang amanah ternyata punya manfaat yang sangatlah baik, bagi rakyat yang dipimpin maupun bagi dirinya sendiri. Tetapi sebagai seorang pemimpin yang baik tidak akan menganggungkan keberhasilannya itu, keinginan yang mantab untuk bekerja bagi rakyat yang dipimpinnya adalah yang terbaik.
Ada kebanggan tersendiri bagi rakyat yang dipimpin. Efek kesejahteraan yang dirasakan memang jadi yang utama dirasakan, tetapi menjadi bangga menjadi daerah yang punya kesejahteraan baik menjadi nilai plus.
Hal ini dialami oleh rakyat Surakarta, Surakarta sekarang namanya bisa terdengar di dunia internasional karena publikasi dari sebuah yayasan internasional yang berkecimpung dalam pemerhati pelayanan publik. Surakarta dikenal karena pemimpinnya kala itu Jokowi. Jokowi ketika memimpin Surakarta dimasukan dalam nominasi Walikota Terbaik 2012 pada publikasi yayasan tersebut. Yayasan itu The City Mayor Foundation, yang bertempat di London, Inggris dan sudah beroperasi sejak tahun 2004.
Jokowi masuk dalam nominasi tersebut karena dianggap berhasil membawa Kota Surakarta sebagai kota budaya. Keberhasilan Jokowi itu tidak saja diakui di dalam negeri ternyata, bahkan di dunia internasional pun nama Jokowi terkenal dan memasukannya ke dalam nominasi tersebut.
Pada awalnya Jokowi masuk ke dalam 70  besar nominasi, kemudian Jokowi masuk ke dalam 25 besar, hingga akhirnya Jokowi masuk ke dalam 5 besar dan hari ini berdasarkan publikasi pada pemberitaan media, Jokowi masuk tiga besar walikota terbaik dunia di tahun 2012.
Yayasan ini mengundang masyarakat dunia untuk memberikan suara atau dukungan mereka dalam survei tersebut. Survei ini bisa diberikan melalui laman The City Mayor Foundation. Panitia akan memilih pemenang utama dengan dua pemenang runner-up.
Sebenarnya tidak hanya Jokowi saja sebagai pimpinan daerah di Indonesia yang masuk ke dalam nominasi, ada pun yang lain seperti Walikota Makassar Ilham Arief Sirajudin, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma). Merekalah pimpinan daerah yang dianggap baik memimpin daerahnya.
Nah, adakah yang bisa diambil dari peristiwa ini? Kalau saya pribadi jelas ada. Hal positif yang bisa diambil dari peristiwa ini adalah bahwa kerja keras memimpin suatu daerah itu buahnya sangat berlimpah, bukan berlimpah soal keuntungan-keuntungan pribadi, tetapi lebih kepada kredibilitas seorang pemimpin tersebut. Kebanggaan atas pengakuan keberhasilan adalah pencapaian yang terbaik, bukan dengan maksud ingin mendapat sanjungan atau pujian, tahta atau jabatan dan lain-lain, namun sebuah kebanggaan yang positif.
Jadi, berlombalah jadi pemimpin yang baik, pemimpin yang amanah, pimpinan yang mempergunakan wewenangnya untuk sepenuh-penuhnya kebaikan dari daerah yang dipimpinnya. Toh tidak ada ruginya, justru manfaatnya adalah baik untuk banyak orang terutama bagi rakyat yang dpimpinnya. Efek kebanggaan masuk dan menang nominasi menjadi seorang pimpinan terbaik adalah bonus. So, bagi yang punya kesempatan untuk itu, lakukanlah yang terbaik atas wewenang yang dimiliki. Cpr

Posting Komentar

0 Komentar