Film : Angel and Demons


[Sumber : Google Image]
Kembali saya ingin share tentang film yang menurut saya bagus. Sebenarnya film ini telah lama rilis, kebetulan ketika film ini keluar saya belum begitu menyukai film-film dengan tema seperti ini. Film yang buat saya tertarik berjudul Angels and Demons. Sebuah karya film fiksi yang disutradarai Ron Howard, dan diproduksi Colombia Picture. Berdasarkan novel terlaris karya Dan Brown.
Film ini menjadi terkenal ketika dianggap kontroversi. Kenapa? Karena mengangkat suatu cerita fiksi dari sebuah kepercayaan agama tertentu, yaitu Katolik Roma yang berpusat di Vatikan. Tapi buat saya yang beragama Katolik Roma tidak terlalu memperdebatkan cerita macam apa yang disampaikan. Kalau ada yang bilang sampai meruntuhkan iman, buat saya itu tidak menjadi masalah besar. Mungkin peribahasa yang saya pakai “biarlah anjing menggong-gong khafilah berlalu”. Mungkin masyarakat pemeluk agama lain ketika menghadapi sebuah film yang dianggap kontroversi, reaksi dari mereka bisa dikatakan ‘lebay’, malah semakin membuat film yang dibuat laku karena sisi penasarannya.
Sebelumnya juga telah dirilis film bertema serupa yang membuat kontroversi, yaitu Davinci Code. Namun kontroversi itu berlalu begitu saja, kini sudah tak lagi gembar-gembor dibicarakan. Kemudian ada beberapa film-film lainnya yang bertema serupa, yang juga membuat kontoversi.
Kembali ke film ini. Film ini mengambil latar di Vatikan.  Film ini dibintangi oleh Tom Hanks yang berperan sebagai Profesor Langdon, seorang profesor yang mendalami ilmu simbol, teka-teki seputar kelompok persaudaraan illuminati. Langdon sendiri bukan pengikut  Katolik. Dia hanya mengikuti kata hatinya dan berpikir logis berdasarkan pemikiran ilmiah dan ilmu pengetahuan. Bahkan ketika seorang Pastor menanyainya soal percayakah dirinya terhadap Tuhan, tidak ada jawaban yang pasti. Pada intinya dia sampai saat itu belum punya iman akan hal itu, karena iman dianggapnya sebagai berkah.
Kisah dimulai ketika seorang profesor yang terlibat dalam penelitian besar tentang antimateri terbunuh. Dugaan pembunuhnya adalah sekelompok illuminati. Awalnya kelompok ini dianggap sudah musnah, alias sudah tidak ada lagi. Tetapi dengan munculnya simbol ambigram milik kelompok ini, memunculkan dugaan bahwa kelompok ini masih eksis. Langdon ketika itu diminta bantuan oleh pihak Vatikan untuk mengusut kasus ini, karena Langdon dianggap orang yang serius mengamati tentang perkembangan dari kelompok persaudaraan rahasia atau illuminati.
Kelompok persaudaraan ini pun mengambil hasil penelitian antimateri dan menculik empat kardinal yang harusnya saat itu akan mengikuti rapat kardinal (konklaf) di Vatikan   untuk memilih Paus yang baru. Di film ini dikisahkan bahwa tampuk pimpinan Vatikan sedang kosong setelah kematian Paus. Kelompok ini punya misi untuk menghacurkan secara massal manusia dan peradabannya dengan menggunakan hasil penelitian antimateri tersebut.
Cerita dimulai dengan Langdong meneliti dan menganalisa bukti-bukti serta tanda-tanda yang ditinggalkan kelompok persaudaraan ini. Langdon dibantu aparat keamanan Vatikan. Langdon pergi ke satu gereja ke gereja lain yang ada di wilayah Vatikan. Sampai ke gereja kuno yang pertama ada di Vatikan. Film ini menyajikan penyelidikan ala detektif, menyelidiki simbol dan bentuk serta catatan dari transkrip rahasia milik Vatikan.
Film yang menarik untuk ditonton, membuat kita berpikir cerdas bila mengikuti alur dari film ini, menarik dan buat penasaran tentunya. Buat saya film ini hanya sebagai hiburan, mengenai soal informasi seputar gereja Katolik yang sebenarnya kita bisa mencari tahu dari informasi yang benar, atau yang penasaran dengan apa itu kelompok persaudaraan yang dikenal illuminati dapat mencari tahu dari berbagai referensi, sehingga pikiran kita tidak dicampuradukan dengan sesuatu yang sifatnya provokatif. Kita manusia jaman modern harus lebih cerdas, jangan lagi mau diadu dengan pemikiran fiksi seseorang. Selamat menonton bagi yang belum. Cpr.

Posting Komentar

1 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6