BeAT merupakan andalan matic kecil dari Honda. Honda
mengeluarkan varian motor matic dan salah satunya adalah BeAT ini. BeAT
merupakan motor matic dari honda yang
saya gemari. Meskipun saya belum
memilikinya sekarang, tetapi saya cukup tertarik dengan matic yang satu ini.
Menurut saya BeAT sangat kompak, meskipun terkesan mini namun nyaman untuk
dikendarai di jalanan ibukota yang penuh kemacetan.
Beberapa waktu lalu Honda resmi
meluncurkan varian BeAT versi injeksi, BeAT ini diberi nama All New BeAT yang sudah mengadopsi
sistem pengabutan PGMF-I Honda. Kini Honda telah menelurkan varian motor di
semua tipe dengan sistem pengabutan PGMF-I.
[Sumber : Google Image] |
Pada postingan beberapa tahun lalu di ‘rumah online’
saya ini, saya pernah membuat postingan tentang BeAT, kalau tidak salah Target
: Matic Honda BeAT. Di situ saya sampaikan spesifikasi BeAT yang saya
peroleh dari berbagai sumber. Pada postingan kali ini pun saya akan memberikan
hal yang sama untuk varian BeAT terbaru.
BeAT
|
Perbedaan
|
All New BeAT
|
Dimensi
|
||
1859
x 676 x 1053 mm
|
Dimensi (P x L x T)
|
1863
x 675 x 1072 mm
|
1240
mm
|
Jarak sumbu roda
|
1255
mm
|
156
mm
|
Jarak Terendah ke tanah
|
140
mm
|
93
Kg
|
Berat kosong
|
93
Kg
|
Rangka
|
||
Tulang
punggung
|
Rangka
|
Tulang
punggung
|
Teleskopik
|
Suspensi depan
|
Teleskopik
|
Tipe
lengan ayun dengan shockbreaker
tunggal
|
Suspensi belakang
|
Tipe
lengan ayun dengan shockbreaker
tunggal
|
80/90
14 M/C 40P
|
Ukuran ban depan
|
80/90
14 M/C 40P
|
90/90
14 M/C 46P
|
Ukuran ban belakang
|
90/90
14 M/C 46P
|
Cakram
hidrolik dengan piston tunggal
|
Rem depan
|
Cakram
hidrolik dengan piston tunggal
|
Tromol
|
Rem belakang
|
Tromol
|
Mesin
|
||
4
langkah SOHC
|
Tipe mesin
|
4
langkah SOHC
|
Pendingin
udara dengan kipas
|
Sistem pendinginan
|
Pendingin
udara dengan kipas
|
50
x 55 mm
|
Diameter x Langkah
|
50
x 55 mm
|
108
cc
|
Volume langkah
|
108
cc
|
9,2
: 1
|
Perbandingan kompresi
|
9,2
: 1
|
8.22
PS/ 8000 rpm
|
Daya maksimum
|
6.27kW
(8,52PS) / 8000 RPM
|
8.32
N.m (0.85 kgf.m)/ 5500 rpm
|
Torsi maksimum
|
8.68
N.m (0,89 kgf.m ) / 6500 RPM
|
Otomatis,
sentrifugal, tipe kering
|
Kopling
|
Otomatis,
sentrifugal, tipe kering
|
Pedal
& elektrik
|
Stater
|
Pedal
& elektrik
|
ND
U24EPR9, NGK CPR8EA-9
|
Busi
|
NGK
CPR9EA-9; DENSO U27EPR9
|
Kapasitas
|
||
3,5
liter
|
Tanki bahan bakar
|
3,7
liter
|
0,7
liter pada penggantian berkala
|
Volume oli mesin
|
0,8
liter untuk penggantian berkala
|
Otomatis,
V-matic
|
Transmisi
|
Otomatis,
V-Matic
|
Kelistrikan
|
||
MF
battery, 12V – 3A.h
|
Aki
|
MF
battery dengan ukuran 12V 3Ah
|
DC
– CDI, Battery
|
Sistem penggapian
|
Full
transisterized, baterai
|
VK22
x 1
|
Karburator
|
PGMF-I
|
Sumber : Google
Bila dilihat dari tabel diatas bisa
diihat perbedaannya pada sistem pengabutannya. Serta dimensinya yang sedikit
berubah, kemudian penambahan tanki bahan bakar yang bertambah, serta perbedaan
output power dari mesin yang mengalami peningkatan dari pada BeAT versi
sebelumnya. Kemudian pula perbedaan yang diklaim pihak Honda dengan adanya
sistem injeksi Honda adalah efisiensi bahan bakar yang mencapai 30%. Dari kapasitas
bagasi pun pada All New BeAT ini ada
penambahan volume, sehingga jauh lebih besar daripada versi sebelumnya.
[Sumber : Google Image] |
Pada All New BeAT tipe lainnya Honda menyematkan teknologi CBS (combi brake system) seperti yang
terdapat pada varian Vario Techno CBS. Honda dikenal sebagai pabrikan yang
selalu mengedepankan teknologi pada motor-motor produksinya, dalam rangka
menciptakan keamanan dan kenyamanan berkendara. Demikianlah sedikit ringakasan mengenai spesifikasi All New BeAT yang saya peroleh dari
berbagai sumber. Cpr.
0 Komentar
Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6