All New BeAT : Unbeatable Matic



BeAT merupakan andalan matic kecil dari Honda. Honda mengeluarkan varian motor matic dan salah satunya adalah BeAT ini. BeAT merupakan motor matic dari honda yang saya gemari. Meskipun saya  belum memilikinya sekarang, tetapi saya cukup tertarik dengan matic yang satu ini. Menurut saya BeAT sangat kompak, meskipun terkesan mini namun nyaman untuk dikendarai di jalanan ibukota yang penuh kemacetan.
Beberapa waktu lalu Honda resmi meluncurkan varian BeAT versi injeksi, BeAT ini diberi nama All New BeAT yang sudah mengadopsi sistem pengabutan PGMF-I Honda. Kini Honda telah menelurkan varian motor di semua tipe dengan sistem pengabutan PGMF-I.
[Sumber : Google Image]
Pada postingan beberapa tahun lalu di ‘rumah online’ saya ini, saya pernah membuat postingan tentang BeAT, kalau tidak salah Target : Matic Honda BeAT. Di situ saya sampaikan spesifikasi BeAT yang saya peroleh dari berbagai sumber. Pada postingan kali ini pun saya akan memberikan hal yang sama untuk varian BeAT terbaru.
BeAT
Perbedaan
All New BeAT
Dimensi
1859 x 676 x 1053 mm
Dimensi (P x L x T)
1863 x 675 x 1072 mm
1240 mm
Jarak sumbu roda
1255 mm
156 mm
Jarak Terendah ke tanah
140 mm
93 Kg
Berat kosong
93 Kg
Rangka
Tulang punggung
Rangka
Tulang punggung
Teleskopik
Suspensi depan
Teleskopik
Tipe lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Suspensi belakang
Tipe lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
80/90 14 M/C 40P
Ukuran ban depan
80/90 14 M/C 40P
90/90 14 M/C 46P
Ukuran ban belakang
90/90 14 M/C 46P
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem depan
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Tromol
Rem belakang
Tromol
Mesin
4 langkah SOHC
Tipe mesin
4 langkah SOHC
Pendingin udara dengan kipas
Sistem pendinginan
Pendingin udara dengan kipas
50 x 55 mm
Diameter x Langkah
50 x 55 mm
108 cc
Volume langkah
108 cc
9,2 : 1
Perbandingan kompresi
9,2 : 1
8.22 PS/ 8000 rpm
Daya maksimum
6.27kW (8,52PS) / 8000 RPM
8.32 N.m (0.85 kgf.m)/ 5500 rpm
Torsi maksimum
8.68 N.m (0,89 kgf.m ) /  6500 RPM
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Kopling
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Pedal & elektrik
Stater
Pedal & elektrik
ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
Busi
NGK CPR9EA-9; DENSO U27EPR9
Kapasitas
3,5 liter
Tanki bahan bakar
3,7 liter
0,7 liter pada penggantian berkala
Volume oli mesin
0,8 liter untuk penggantian berkala
Otomatis, V-matic
Transmisi
Otomatis, V-Matic
Kelistrikan
MF battery, 12V – 3A.h
Aki
MF battery dengan ukuran 12V 3Ah
DC – CDI, Battery
Sistem penggapian
Full transisterized, baterai
VK22 x 1
Karburator
PGMF-I
Sumber : Google

Bila dilihat dari tabel diatas bisa diihat perbedaannya pada sistem pengabutannya. Serta dimensinya yang sedikit berubah, kemudian penambahan tanki bahan bakar yang bertambah, serta perbedaan output power dari mesin yang mengalami peningkatan dari pada BeAT versi sebelumnya. Kemudian pula perbedaan yang diklaim pihak Honda dengan adanya sistem injeksi Honda adalah efisiensi bahan bakar yang mencapai 30%. Dari kapasitas bagasi pun pada All New BeAT ini ada penambahan volume, sehingga jauh lebih besar daripada versi sebelumnya.
[Sumber : Google Image]
Pada All New BeAT tipe lainnya Honda menyematkan teknologi CBS (combi brake system) seperti yang terdapat pada varian Vario Techno CBS. Honda dikenal sebagai pabrikan yang selalu mengedepankan teknologi pada motor-motor produksinya, dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan berkendara. Demikianlah sedikit ringakasan mengenai spesifikasi All New BeAT yang saya peroleh dari berbagai sumber. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar