Pengalaman Mengurusi Inject BlackBerry by Esia di Gerai Esia


Ponsel pintar memang sedang marak sekarang ini. Dari yang berbasis Android sampai yang dikembangkan oleh produsen ponsel pintar itu sendiri. Blackberry salah satu ponsel pintar itu, dulu blackberry merupakan barang mahal, dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa memilikinya. Namun kini hampir semua orang bisa memilikinya. Pemakainya sungguh beragam dari muda sampai tua, dari pengangguran sampai eksekutif muda. 
Blackberry sendiri punya dua jenis, yang berbasis sinyal GSM dan sinyal CDMA. Memang untuk yang ponsel pintar bersinyal GSM harganya lumayan mahal, di atas harga yang bersinyal CDMA. Blackberry sendiri mengeluarkan tipe yang berbeda untuk keduanya yang hanya dibedakan perangkat penerima sinyalnya.
Operator CDMA di Indonesia yang bermain untuk paket data blackberry sebenarnya tidak banyak, seperti Smartfren, Esia, ada pula Starone, kecuali Flexi yang belum bermain di paket data blackberry.
Berbeda dengan yang GSM, kalau CDMA ini pada gadget blackberry nya tidak disediakan ruang untuk menyematkan kartu sim, sehingga agar ponsel bisa digunakan harus dilakukan proses inject terlebih dahulu. Proses ini biasanya dilakukan di gerai operator yang akan dipakai. Di sini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya melakukan proses inject nomor ke dalam ponsel blackberry saya di Gerai Esia.
Sebelum melakukan proses itu dan datang ke Gerai Esia ada baiknya kita mempersiapkan hal-hal berikut. Persiapan yang perlu dilakukan :
  1. Siapkan handset blackberry  anda. Tentunya yang CDMA, karena akan diinject di operator CDMA.
  2. Bila anda akan menginject nomor esia anda ke handset blackberry anda tersebut, pastikan registrasinya sudah sesuai dengan nama anda yang datang ke gerai. Bila diwakilkan perlu adanya Surat Kuasa yang dibuat atas ttd dari pemilik data nomor yang telah diregistrasikan itu. Lampirkan juga KTP yang asli dari pemberi kuasa.
  3. KTP yang akan didaftarkan.
  4. Sediakan materai 6000 rupiah.
  5. Lalu beli pulsa paketnya Rp100.000,- bisa dibeli di kasir gerai Esia.
Bila persiapan cukup, datanglah ke Gerai Esia terdekat. Seperti biasa, ambil nomor antrian terlebih dahulu untuk customer service.
Setelah di depan CS, utarakan maksud tujuan anda. CS akan menjelaskan proses dan prosedurnya. Setelah itu kita akan disuruh mengisi form pelanggan Esia. Kita isi data lengkap bila kita pelanggan baru. Bila kita pelanggan lama dan hanya mau menggeser nomor esia kita ke inject handset maka akan dilakukan verifikasi data saja.
Setelah proses verifikasi selesai, kita akan disuruh menunggu untuk proses inject nomor ke handset. Perlu waktu kurang lebih 30 menit, tergantung antrian. Tetapi menurut pengalaman pelanggan lain, lama waktu inject ini sebenernya hanya butuh waktu 5-10 menit saja, tergantung kepiawaian petugas inject.
Setelah proses inject selesai, dipastikan bahwa nomor sudah include dalam handset, caranya dengan mencoba menghubungi nomor yang terpasang pada handset. Bila sudah tersambung berarti inject bisa dibilang sukses.
Kemudian, proses selanjutnya adalah registrasi paket service blackberry nya. Masukan kode voucher yang tadi sudah dibeli, nominal voucher 100.000. Setelah pulsa masuk, CS akan melakukan pendaftaran paket blackberry. Pulsa 100.000 ini terbagi dua, 50.000 untuk unlimited paket blackberry dan sisanya untuk paket unlimited telepon dan sms sesama Esia. Kedua bagian ini tidak terpisahkan dari harga paketan blackberry by Esia, yaitu 100.000.
Untuk diketahui, bahwa pada Esia ini, operator CDMA berbeda dengan operator GSM. Jaringan CDMA terbagi menjadi dua kanal, yaitu kanal data dan kanal telepon+sms. Sehingga untuk layanan data terpisah, tidak menjadi satu seperti terjadi pada layanan GSM. Itu juga yang menyebabkan kestabilan jaringan CDMA dibandingkan dengan GSM. Itu mengapa negara-negara maju lebih banyak mengadopsi jaringan CDMA ketimbang jaringan GSM.
 
Ini pengalaman saya mengurus injeksi nomor Esia. Buat saya pribadi, ini pengalaman pertama, menurut saya cukup ribet sekali dan multi prosedur. Sekian informasi yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat. Kurang lebihnya bagi yang berkenan ya tambah-tambah lah di kolom komentar. Terima kasih. Cpr.

Posting Komentar

38 Komentar

  1. Cara daftar paket full BIS :
    Ketik BIS30 kirim 242

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo suatu hari bb ny rusak bisa di balikin lg ga ke sim card biasa?.trus kl ga mau ambil paket bb bisa jg kan?

      Hapus
    2. Kalo suatu hari bb ny rusak bisa di balikin lg ga ke sim card biasa?.trus kl ga mau ambil paket bb bisa jg kan?

      Hapus
    3. Kalo suatu hari bb ny rusak bisa di balikin lg ga ke sim card biasa?.trus kl ga mau ambil paket bb bisa jg kan?

      Hapus
    4. Seperti bisa. Soalnya sudah pernah dicoba. Sim card nya kembali ke normal.
      Kalau ga mw pake paket  juga bisa, jadi kaya hape biasa. Cuma u/ browsing atau pake aplikasi yang berhubungan dg internet perlu perlakuan khusus.
      Paling yang biasa dpakai sms dan tlp.

      Hapus
  2. wala ribet juga yah bro saya kira kalau hape bb BM itu disediaiin slot sim cape de >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, begitulah, serba ribet kalau pakai  BlackBerry™ CDMA. Mesti daftarnya di gerai provider tertentu. Mesti pakai materai dll.
      Lebih praktis pakai GSM, mw ganti kartu ap sj bisa, tinggal masuk2in doang.

      Hapus
  3. kalo sudah di inject smartfren trus pindah ke esia bisa kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, kalau memang gadget nya itu awalnya free atau kosongan, bisa saja misalkan tadinya pakai smartfren lalu mau diganti ke esia bisa saja. Tinggal di unlock dl smartfren nya baru datang ke gerai esia.
      Cuma kalau dari awal sudah di lock oleh smartfren lalu ingin pindah, sepertinya sedikit sulit. Tapi kata orang2 di Roxy yang pernah menginfokan ke saya, akan ada resiko. Bisa saja berhasil, tp kalau gagal, gadget nya bisa rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Tapi pada dasarnya bisa, tinggal teknisi yang mengunlock nya mahir atau tidak. Para pakar teknisi hape di Roxy itu tempatnya.
      Itu informasi yang saya peroleh seputar hal ini.

      Hapus
  4. mas mo tanya,
    kalo kita beli bb cdma bekas bisa d ganti gx no hp berikut data kepemilikannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bebe bekas nya itu pakai provider apa? Kalau mau ganti ya paling tidak jauh dari provider lama. Misal mau ganti nomor atau maksud ms bro kepemilikan itu, tinggal bawa saja ke gerai provider tersebut. Nanti tinggal diinject nomor yang ms bro mau.

      Hapus
    2. kl bb bekas pngn pindah dari esia jadi smartfren bisa ga and biaya nya brp

      Hapus
  5. kalo esia sdh ada nggak jaringanya di papua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ;p
      Kalau itu saya kurang begitu paham, untuk coverage sinyal sih sepertinya masih di sekitar pulau-pulau bagian barat. Coba untuk lebih jelasnya bisa kontak ke web resmi Esia nya saja, di sana bisa mendapat info pastinya.

      Thx sudah kunjung ;)

      Hapus
    2. haai salam kenal :D
      mau nanya dong, kalo nginject ke gerai nya pake biaya - biaya lagi ngga yaa?

      Hapus
    3. Paling banter bayar pulsa nya sama administtrasi 10rb sama materai, kalau ga salah itu deh.

      Hapus
  6. Numpang nanya nih mas bro :D
    Emg klo BB menggunakan smartfren lalu ingin pindah ke esia , bisa buat BB rusak ?
    Thx... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hasil tanya2 waktu saya k gudangnya hape di Jakarta, sebenarnya ada yang bilang bisa ada juga yang tidak. Yang jelas kalau bisa memang ada resikonya. Kalau smartfren yang sudah dilock biasanya resiko tinggi kalau mau unlock lalu pindah provider lain. Bisa atau gaknya tergantung teknisi yang tangani. Kalau d roxy saja itu biasanya mesti cari teknisi yang bener2 mahir.
      Kecuali kalau dari awal bb nya itu free, mau dipasang apa saja bisa, tdak ada masalah, kalau mau ganti2 juga tidak terlalu ribet, yang bikin ribet itu kalau paket bundling oleh provider ybs.

      Hapus
    2. Kalo rusak itu yg rusak apanya ya ? ,, biaya gntinya mahal kah ?

      Hapus
    3. Kalau rusaknya diapanya saya kurang tahu pasti, cuma yang saya tahu itu biasanya bebe jadi ga bisa dipakai, bisa matot alias mati total. Kata nya sih begitu. Saya belum jumpai langsung atau info dari teman.
      Sejauh ini hanya info dari mulut-ke-mulut saja.

      Hapus
  7. Numpang tanya , saya dari jakarta beli bb ,trus saya pindah ke banten tapi saya tdk dpt sinyal

    kalo tuker no banten bisa kaga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh saya tau, pakai provder apa?
      Kalau terdaftarnya di area Jakarta ya kemungkinan pakai nomor area Jakarta. Kalau memang sehari-hari dipakai di wilayah Banten, bisa saja diganti. Tinggal pergi ke gerai provider yang bersangkutan pakai.

      Hapus
  8. maav gan saya mau tanta kalau inject bb eia bisa ga diganti ke smartfren?
    trus harus gimana?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh saya tanya, ini bebenya beli awalnya kosongan atau sejak awal sudah diisi oleh Smartfren?
      Kalau awalnya sudah diisi Smartfren biasanya dilock sm ISP ybs, jadi kalau mau diunlock sih bisa-bisa saja, cuma terkadang ada efeknya bisa merusak bebenya. Begitu sih berdasarkan pengalaman. Biasanya counter yang menangani masalah ini mengatakan hal tersebut.
      Kalau bebenya memang kosongan, sedari awal memang bisa diisi dengan ISP apa saja, itu tidak masalah. Pertama ya harus dikosongkan dulu bebenya, kalau mau ngosongin biasanya harus ke gerai ISP ybs, setelah kosong baru ke ISP yang mau diganti itu apa. Yang saya pahami selama ini, bebe CDMA berbeda dengan bebe yang GSM yang bisa ganti-ganti kartu suka-suka hati.

      Hapus
  9. mas mau tanya,kalo mau inject bb cdma esia.tp saya tidak punya data kepemilikan pertama nya. apakah bisa di inject di gerai esia.coz saya beli bb bekas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kaya gitu sih minta dikosongin aja dulu, kalau ga dikosongin di konter yang kamu beli bebe tersebut, atau di provider yang dipakai sama si pemilik bebe yang lama, setelah kosong ya baru ke conter provider baru yang ingin kamu gunakan. Sepertinya sih seperti itu.

      Hapus
  10. Maaf mau minta informasi...Kebetulan saya di Purwokerto, sepengetahuan saya hampir semua konter HP di Pwt menjual BB CDMA yang pasti dr smartfren, saya sdh berusaha mencari yang kosongan (belum diinject) ternyata tdk menemukan.....ada slh satu konter yang bilang klo BB esia di Pwt bahkan belum ada jaringannya.....saya jadi bingung,padahal saya pengen n butuh BB esia, kbetulan hp esia sy sdh rusak...Ada solusi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh2x, saya memang pernah tinggal di Pwt sekitar tahun 2004-2009. Tapi setau saya sih, jaringan esia untuk bebe juga bisa diakses di Pwt koq, soalnya waktu itu, bawa bebe no Jkt datang ke Pwt, tetap layanan bebe masih bisa aktf, hanya saja layanan tlp nya yang harus gogo. Karena katanya sih esia punya dua kanal, untuk kanal data tidak akan ada masalah selama masih ada jaringan esia di sana.
      Untuk promo emang lebih gencar smartfren, dari gadget bebe sampe android. Kalau mau cari ya mesti di Jkt ada banyak, yang kosongan, lalu bawa deh ke Pwt, atau kalau tidak melalui berniaga[dot]com atau tokobagus[dot]com.

      Itu sj yang bisa sy kasi info, mungkin tidak menjawab pertanyaan mz bro. Ya soalnya sy sudah lama tidak menjenguk Pwt lagi sudah cukup lama.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. saya mau tanya mas brow ini saya ada bb cdma tp dari luar angkasa ...(haha mksdnya luar negri ) otomatis disini kan g bisa dipakek apa bisa ya diinjeck provider lokal contohnya smart ato esia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya Mas Bro harus datangi gerai Esia atau Smartfren nya deh, karena bisa atau tidak tergantung teknisi mereka masing-masing. Karena pengalaman ada yang tidak bisa buka unlock SIM seperti itu, katanya kalau dipaksa bisa bikin eror gadgetnya. Tapi coba saja dulu dikonsultasikan di gerai provider yang mau dituju.

      Hapus
  13. mas kan saya beli bb injek smartfren ke orang tpi hp ces aja.. dan sialnya no nya udah gak aktif .. gmana biar dapet d gunaain ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke galeri smartfren nya saja biar bisa dicek. Kemungkinan juga kan solusinya ganti nomor, dan kalau sudah di galeri ganti nomornya kan bisa lebih mudah.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Numpang tanya mimin ..
    Kalo mau ganti kartu dari ESIA ke SMARTFREN kira kira biaya nya berapa ya ??
    Soalnya sudah beberapa hari ini jaringan ESIA saya tidak dapat digunakan , dan saya tanya kepada gerai ESIA katanya layanan internet khusus ESIA akandihapuskan pada 01 April 2015 mendatang ..
    Makasiii ,.

    BalasHapus
  16. Coba saja ke galeri smartfren nya saja. Dengar2 esia ada jalin kerjasama dengan smartfren.

    BalasHapus
  17. kalo bb bekas png pindah dari esia ke smartfren bisa ga,and biaya nya brp

    BalasHapus
  18. saya mau inject iphone 4 cdma smartfren ke esia dan kobdisi sudah ksong dan.klo saya mau ganti menggunakan kartu lagi apakah bisa???

    mohon info dan terima kasih.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6