Rilis Jarak (1)



Beberapa waktu lalu, mungkin setahun lalu saya banyak mencatat jarak tempuh jalan-jalan yang saya lalui di ibukota, Jakarta tentunya. Rutenya Depok menuju Jakarta dan sekitarnya dan kembali lagi ke Depok. Ada banyak catatannya, namun belum saya pilah-pilah, untuk saya catat.
Jarak yang saya catat ini berdasarkan penunjuk jarak pada spedometer motor saya, yakni Yamaha Vega R 2006. Saya mencoba mencatat jarak tempuhnya, gunanya untuk memperkirakan konsumsi bahan bakar. Mengingat penunjuk tensi bensin motor saya sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya, oleh karena itu ukuran jarak sangat jadi patokan. Berdasarkan perhitungan sewaktu motor masih baru, tahun-tahun pertama, 1 liter bensin bisa menempuh sekitar 45-47 kilometer, nah patokannya dari angka itu. Sambil dikalkulasi dengan jarak tempuh dari lokasi satu ke lokasi lain.
Pencatatan jarak tempuh ini juga membantu saya memilih mana rute yang mempunyai jarak terdekat. Meski begitu banyak juga rute yang tidak sempat saya catat jaraknya, dan sekarang akan kembali digiatkan pencatatan tersebut.
Posisi sekarang saya, yakni domisili sementara dijadikan titik nol saya, yakni di Jl. Margonda Raya, “Wisma Yulimar” Jl. M. Yahya Nuh Kota Depok. Jarak dari titik nol tersebut menuju jalan besar Jalan Margonda Raya yaitu sekitar ± 700 meter. Dari Kemudian dari titik nol menuju Margocity dan Depok Town Square yaitu 1 kilometer dan 1,2 kilometer. Untuk menempuh Detos harus melalui U-Turn di depan Margo.
Jarak terjauh yang saya bisa catatkan hari ini dari lokasi titik nol menuju BNI Cab. Kwitang, yakni 25,6 kilometer. Melalui rute Depok-Lenteng Agung-Tanjung Barat -Pasar Minggu-Pancoran-Manggarai-Salemba-Senen-Kwitang. Sedangkan untuk rute baliknya dari Kwitang menuju Depok  jaraknya sekitar 29,2 kilometer*. Melalui Kwitang-Tugu Tani-Cut Mutia-Menteng-Kuningan-Mampang-Pasar Minggu-Tanjung Barat-Lenteng Agung-Depok (depan Gg. Buntu).
Asal-Tujuan
Rute
Jarak
Nol – Jl. Margonda Raya
Jl. H. Yahya Nuh
± 700 meter
Nol - Margocity
Jl. H. Yahya Nuh - Jl. Margonda Raya
1 km
Nol – Detos
Jl. H. Yahya Nuh - Jl. Margonda Raya – U-Turn
1,2 km
Nol – BNI Kwitang
Depok-LA-TB-Pasar Minggu-Pancoran-Manggarai-Salemba-Senen-Kwitang
25,6 km
GKI Kwitang – Gg. Buntu
Kwitang-Tugu Tani-Cut Mutia-Menteng-Kuningan-Mampang-Pasar Minggu-Tanjung Barat-Lenteng Agung-Gg. Buntu
29,2 km*
Nol – Ratu Plaza Sudirman
Depok-LA-TB-Ragunan-Buncit-Kemang-BM-Sisingamangaraja-Bundaran Senayan-Sudirman-Ratu Plaza
23,6 km
ITC Depok – Gg. Buntu
ITC Depok Margonda-Flyover AR Hakim-Nusantara-Dewi Sartika-Margonda-Gg.Buntu
3,7 km
Gg. Buntu - Nol
Jl. Margonda Raya- Jl. H. Yahya Nuh
5,6 km
Nol – JCC Senayan
Depok-LA-TB-Ragunan-Buncit-Kemang-BM-Sisingamangaraja-Bundaran Senayan-Sudirman-Semanggi-Gatsu-JCC Senayan
25,8 km
Nol - Menegpora
Depok-LA-TB-Ragunan-Buncit-Kemang-BM-Sisingamangaraja-Bundaran Senayan-Sudirman-Semanggi-Gatsu-Menegpora
26,6 km*
JCC Senayan - TVRI
(putar balik depan kantor Menegpora)
1 km
Ket : tanda (*) menunjukkan perkiraan perlu dilakukan hitung ulang
Selama beberapa hari saya juga sempat mencatat beberapa jarak dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Semuanya bisa dilihat pada tabel di atas. Bila ada beda pengukuran, mungkin perbedaan terjadi di jalan yang diambil. Di tabel saya hanya sampaikan garis besar rute yang saya lewati, karena sulit mencatat nama jalannya, karena kondisi jalan selalu macet.
Namun secara rutin bila ingin menuju wilayah BM (Blok-M), Senayan, Sudirman, Gatsu after Semanggi saya gunakan rute via Kemang. Dengan alasan lebih dekat dan relatif tidak terlalu macet daripada harus via Mampang atau via Pancoran. Ada satu lagi, Gg. Buntu di atas merupakan sebutan saja, titik dimana saya mengantar/ menjemput. Tepatnya di Jl. Margonda Raya No. 28 A, alamat ini tidak terlacak karena masuk gang, nah nama gang ini adalah Gg. Buntu, dan saya gunakan sebagai patokan. Sepertinya sekian dulu info jarak dari saya, edisi berikutnya menyusul. Cpr.

Posting Komentar

4 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6