Report Jobfair Jobstreet, Juni 2011

Ini kesekian kalinya saya mengikuti job fair (saya artikan bursa kerja), kali ini diadakan oleh Jobstreet.com, yang merupakan situs pencari kerja online yang terkemuka di Asia. Bagi saya sendiri cukup mengenal situs ini selain JobsDB.com. Job fair kali ini merupakan job fair ke-22 yang diadakan Jobstreet.com. Tapi buat saya job fair by Jobstreet ini yang pertama saya ikuti.
Job fair Jobstreet ini bertajuk “QUALITY JOB FAIR XXII” diadakan dua hari, yakni pada 10-11 Juni 2011 bertempat di Gedung SMESCO UKM Jl. Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta Selatan. Job fair kali ini diikuti 60 lebih perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, seperti keuangan (perbankan serta jasa keuangan lainnya), konstruksi, perusahaan jasa, distributor kendaraan berat, perusahaan sumberdaya manusia, media baik cetak maupun televisi, serta perusahaan komoditi konsumsi, bahkan ada pula perusahaan yang bergerak di bidang games online yang baru pertama kali ikut serta pada job fair Jobstreet.
Mengenai kontribusi atau tiket masuk untuk job fair ini dibagi menjadi dua, yakni untuk non-member Jobstreet dan member Jobstreet. Member ini adalah bila si pencari kerja sudah mendaftar sebagai pencari kerja di Jobstreet.com. Oh ya, mengenai kontribusi, untuk non-member karcisnya Rp 35.000,00 dan untuk member Rp 30.000,00. Dalam job fair ini tidak sekedar kita mencari kerja, tetapi di sini juga disampaikan beberapa presentasi mengenai bagaimana mencari kerja yang baik dan benar dan juga presentasi dari perusahaan peserta. Ya, sama seperti job fair pada umumnya. Itu yang saya lihat hari ini. Oh ya, dan juga sedikit suvenir dari perusahaan tertentu, seperti minuman kotak, cairan pelembut, pulpen atau alat tulis, bahkan sampai obat sakit kepala, dan beberapa majalah yang dapat kita ambil saat di pintu masuk.
Saat pertama saya datang sekitar pukul 09.30, terlihat antrian sudah cukup panjang. Sepertinya bursa kerja selalu dihadiri pencari kerja dengan antusias. Pencari kerja yang berbaur baik yang freshgraduate dan yang pengalaman. Antrian yang cukup panjang memang kebetulan saya lihat untuk yang member, namun ternyata saat di dalam, peserta non-member pun terlihat cukup  banyak. Terlihat dari space untuk pendaftaran online Jobstreet.com yang terisi penuh. Space daftar online ini disediakan panitia kursi, meja panjang dan laptop serta koneksi internet, untuk peserta non-member mendaftar dan melakukan entry data serta unggah data pribadi, cv dsb. Sebab nanti dalam proses job fair dilakukan dengan apply online pada laptop yang ada di masing-masing stand perusahaan.
Kita peserta tinggal memilih perusahaan mana yang akan kita apply disesuaikan dengan posisi yang perusahaan-perusahaan itu tawarkan. Meski dalam prosesnya dilakukan secara apply online, peserta diharapkan mempersiapkan berkas hardcopy. Karena sepertinya perlu dua kali kerja, kita juga apply online dan tetap menyampaikan berkas hardcopy. Saya berpikir, jaman sudah cukup canggih, kenapa tidak menggunakan file saja yang kemudian diunggah. Mungkin perusahaan tidak mau repot dengan virus-virus dari flashdish peserta. Oh ya, ada catatan lagi. Mengenai saat apply online pada laptop masing-masing perusahaan. Koneksinya cukup memperihatinkan, sehingga membutuhkan waktu yang  relatif lebih lama. Wajar saja, dalam waktu yang sama diakses berbagai user, meski hanya sekedar apply.
Bagi saya pribadi, kembali jadi catatan, agar selalu siapkan berkas lebih. Sesuaikan dari berapa jumlah perusahaan yang ikut serta dalam job fair tersebut. Minimal siapkan berkas 50% dari perusahaan yang ikut serta. Memang tidak semua perusahaan akan kita daftar, namun dengan kesiapan berkas tersebut paling tidak membuat lebih efektif-efisien dan mengurangi keribetan saat berkeliling stand. Berkas tersebut sudah diklip rapih, jadi saat mengunjungi stand perusahaan tertentu, berkas yang dibutuhkan sudah siap dan tinggal diberikan sebagai syarat administrasi.
Mungkin itu yang bisa saya share-kan di sini. Ini juga buat catatan dokumentasi saya dan sekaligus menambah koleksi postingan saya.
Untuk beberapa hari ke depan sepertinya akan diadakan job fair lagi, kalau tidak salah by JobsDB.com. Lokasinya di Senayan City, acaranya kalau tidak salah tanggal 15-16 Juni 2011. Rencana saya juga akan mengikutinya, karena kebetulan mendapat tiket gratis. Untuk kontribusi kalau tidak salah kisarannya sama dengan job fair by Jobstreet ini. Sebagai penutup, mengutip slogan dari Jobstreet.com “Quality Jobseekers, Quality Employers”. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar