Nasib Vega Ku, Yamaha Vega R 2006


Nasib vega ku, kini sudah memasuki tahun kelima dirimu menemaniku kemana pun diriku pergi. Begitu banyak pengalaman ku alami bersamamu. Baik senang, sedih, panas, dingin, hujan badai, jalan beraspal rata, jalan berlumpur, jalan bergelombang bahkan berlubang, persawahan-pematang sawah, sisi bendungan, pasir pantai, desa, kota serta tempat-tempat lainnya dan berbagai situasi dan kondisi kita lalui bersama.
Kondisi mu sekarang tak segagah waktu pertama diriku bertemu denganmu. Dulu hitam mengkilat selalu terlihat saat saya melihat mu, tidak pernah ku biarkan debu menempel di body mu yang mulus itu. Kotoran, debu, pasir, cipratan air dari kubangan tak kubiarkan menempel lama pada body mu. Kondisi mu selalu ku perhatikan, tidak pernah ku lupa membawa mu untuk perawatan rutin. Aku pun selalu mengusahakan penggantian bagian-bagianmu yang sudah aus.
Tapi kini, memasuki tahun kelima mu, kondisi mu sudah berubah. Bukan maksud aku melupakanmu, tapi aku belum sanggup untuk mengurusmu seperti dulu. Kini aku harus mencari setumpuk koin untuk membiayai mu, untuk merawat mu. Koin-koin itu yang sekarang ku butuhkan untuk merawatmu, untuk mengganti bagian-bagian mu yang sudah aus, untuk membersihkan mu, membawa dirimu ke tempat dimana kamu bisa dimanjakan.
Kini pencahayaan mu sudah mulai redup, tarikan mu sudah jauh berkurang, tiap-tiap bagianmu seakan bergetar ketika melewati permukaan jalan yang tidak begitu rata, seakan-akan bagian-bagianmu akan terlepas. Penanda saat akan berbelok pun kini sudah tak lagi nyala. Signal pemanggil pun sudah tak bersuara nyaring. Penanda bahan bakar yang dulu menjadi patokan untuk memberi mu ‘makan’ sudah tak lagi berfungsi. Semuanya sudah tak terawat seperti dulu.
Maafkan aku vega! Aku berjanji, nanti saat setumpuk koin bisa aku dapatkan, aku berusaha mengembalikanmu seperti dulu, atau paling tidak dirimu mendapatkan pelayanan seperti dulu di tahun-tahun pertamamu. Dirimu telah membawaku ke berbagai tempat, dari Purwokerto, Cirebon, Bandung, Majalengka, Kuningan, Tegal, Pemalang, Cilacap, Kebumen, Yogyakarta, Bekasi, Karawang, Depok, Jakarta, Tanggerang dan daerah-daerah kecil lainnya. Semua tempat itu kulalui bersama mu, tempat-tempat yang baru ku jelajahi bersama mu. Jadi, aku tidak akan melupakan semua jasa mu itu.
Tidak hanya itu, dirimu telah banyak membantu ku membawa-mengantar-menjemput pujaan hatiku. Kita bertiga aku, dirinya dan dirimu selalu melewatinya bersama, terutama sejak akhir tahun 2008 hingga kini, kita bertiga sering melewati jalanan bersama. Jasa-jasa mu tidak akan kami berdua lupakan, jasa mu begitu besar, begitu pula kenangan-kenangan yang telah kita bertiga lewati bersama.
November 2011 nanti, tepat lima tahun dirimu ada di dekatku. Label angka yang selalu menemani mu E 2581 AV kemungkinan akan berganti. Angka yang selalu aku cari ketika di halaman parkir. Label yang selalu menjadi penanda dirimu. Diriku selalu berharap bisa mempertahankan mu selalu ada dekat denganku sampai nanti, sampai diriku dan dirinya dan kita bisa menikmati kenangan-kenangan yang telah kita bertiga lewati.
Vega, sekali lagi maafkan aku yang belum bisa memberikan pelayanan maksimal untukmu. Tapi ingatlah janji ku, aku akan berusaha mendapatkan koin-koin demi bisa mengembalikan mu seperti dulu, bertenaga dan bercahaya seperti dulu, dan siap menjelajahi medan apapun. Vega my motorcycle ;p. Cpr.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Tgl 22 Mei 2012 kemarin jadi hari tersial bagi Black Vega. Setelah sekian lama melintas di jalanan, pada hari itu Vega harus tersungkur mencium aspal jalanan yg panas siang itu. Kondisi Vega cukup mengenaskan, step bagian kanan bengkok, pedal rem belakang bengkok k belakang, tuas rem depan rompal, semua body lepas mur dan bautnya, pelindung knalpot penyok2, batok lampu utama lepas, lecet2 smw di body. Yang terselamatkan hanya tebeng sayap, meskipun jatuh tersungkur tebeng depan bisa terselamatkan. Padahal saat jatuh, motor terseret hampir 1 meteran.
    TKP kejadian yaitu di Ciputat, setelah flyover Ciputat, tepatnya 200 meter dari flyover.
    Crash ini terjadi karena kondisi sy saat itu mengantuk, kondisi saat itu memang sedang terik2nya, sehingga mengurangi kesadaran sy. Sy hanya memejamkan mata 1-2detik, setelah sy melek, di kanan jalan sudah ada mobil, dan brak-srak, tersungkurlah sy.
    Untungnya, sy tidak mengganti apa2 dari insiden itu. Pihak2 yg mengalami accident tidak melakukan tuntutan apa2, termasuk sy. Krn ini musibah, sm2 rugi ya sudah. Memang sy salah, tp saat kejadian sy kondisikan smw aman, agar si pengendara mobil tdk menuntut ganti. Bgm tdk pusing kalau sy sdh jatuh msh harus tertimpa tangga pula.
    Catatan dlm berkendara, berhati-hatilah, bila mengantuk, istirahatlah sejenak di tepi jalan. Jgn memaksakan diri saat mengantuk. Bisa fatal akibatnya. Yg sy alami ini bukan apa2, tp hal ini bisa jadi pengalaman sy untuk lbh waspada di jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak disangka, tak dingana, setahun lalu sy buat postingan ttg keadaan vega, eh tahun 2012 d tgl yg hampir mirip vega crash. (⌣_⌣”), tepat sekali tgl nya, pas setahun. Semoga d tahun depan hal baik yg terjadi ;)

      Hapus
  2. Vega ku sekarang performanya sudah jauh menurun. Beberapa waktu lalu saya habis ganti ban belakang (sebelumnya sudah tipis sekali), saya pakai Dunlop, karena ban bisa digunakan maksimal hingga masa pakainya habis.
    Masalah lain soal kelistrikan, aki yang mati sejak 3,5 tahun yang lalu akhirnya saya bisa ganti juga, GS Astra. Sekarang stater elektriknya sudah kembali seperti semula.
    Flasher sein juga sempat bermasalah, namun sejak diganti sudah sedikit normal. Hanya saja satu set cup seiun di stang kiri rusak, harus diganti satu set. Saya belum ganti mengingat membutuhkan biaya lebih.
    Masalah lain di sektor mesin adalah motor ini punya masalah ketika mesin diputaran rendah hingga menengah seperti kkehabisan tenaga, seperti mau mogok. Dugaan karena saluran bensin ke karburator tidak lancar, sehinggga pembakaran tidak sempurna. Kemudian memang juga sektor daleman motor juga harus diganti semua, mengingat umur pakainya yang sudah tua.
    Sebelumnya gejala brebet terjadi ketika putaran mesin tinggi, misalnya saat menyalip pasti deh brebet, masalah itu diatasi dengan mengganti saringan udara, sekarang sudah tak terjadi masalah itu lagi.
    Covver lampu belakang juga pecahh, karena tertabrak kendaraan lain dari belakang
    Kondisi piringan cakram sudah banyak tergerus, dan sudah harus diganti.
    Umur gear yang sudah diganti 2 bulan lalu mulai habis, mungkin 1bulan ke depan harus dilakukan penggantian.

    BalasHapus
  3. Kalau ngembaliin standar motor tu kira2 hbis brapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis banyak, bisa separuh harga motor waktu saya beli dulu

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6