Jumat Agung, Ibadat atau Misa?


Satu lagi yang saya pelajari dari proses Paskah tahun ini (2011). Selama ini saya masih menganggap Ibadat dan Misa sesuatu yang sama saja. Tetapi berawal dari Jumat Agung ini saya mendapat pecerahan tentang pengetahuan seputar gereja Katolik.
Berawal dari teman saya, yang mungkin punya pemikiran sama dengan dengan saya berucap “Misa Jumat Agung” dalam pembicaraan di Yahoo Messangger dengan seorang Romo. Romo itu pun meluruskan, Jumat Agung itu Ibadat bukan Misa. Teman saya pun menanyakan pada saya, mungkin sekaligus mengetes pengetahuan saya, ternyata saya salah menjawab dan pada akhirnya yang tadi diluruskan Romo itu disampaikan pada saya dan saya coba mensharekannya di sini.
Setelah mendengar hal ini saya mencoba merasakan dan menghayati perbedaan perayaan Jumat Agung ini dengan Misa Kamis Putih semalam. Padahal selama ini saya sudah hapal di luar kepala mengena tata perayaan misa karena saya dulu pernah menjadi Putra Altar/ Misdinar ± 4 tahun. Namun kini saya sadar, selama ini saya belum memahami benar apa maknsa dan perbedaan di tiap perayaan, sampai saya tidak menyadarinya.
Ini memberi pelajaran buat saya untuk lebih mendalami pengetahuan seputar gereja, bahkan dalam hal iman harus lebih saya perdalam lagi, tertutama lebih menghayati makna perayaan Misa. Semoga demikian. Tuhan Memberkati. Terima kasih Romo Stef. yang sudah mengingatkan dan teman saya Mayta yang sudah membagikan informasinya. GBU. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar