Sabtu, 08 Januari 2011

Siklus Angin Darat dan Angin Laut

Awalnya saya memposting arikel ini karena saya sering berhubungan dengan angin. Hoby saya adalah memancing, terutama memancing di laut. Kalau memancing di laut itu sangat terpangaruh dengan angin, karena angin yang berhembus akan menyebabkan ombak di laut. Maka dari itu saya mencoba mencari tahu siklus angin darat dan angin laut seperti apa? Saya biasa memancing di pemecah ombak dekat pelabuhan (terbuat dari batu-batuan yang disusun). Saya biasa memancing menghadap ke arah laut, dan di belakang saya arah darat/ dermaga. Saat-saat tertentu saya  memancing ombak di arah laut itu bergejolak karena angin kencang, namun air laut di belakang saya tenang-tenang saja. Suatu ketika, saya memancing lagi, air laut di arah yang menghadap ke laut sangat tenang, tapi sebaliknya air laut di belakang saya berombak, padahal saat itu angin tetap berhembus. Entah angin datang dari mana. Karena rasa penasaran itu saya mencoba cari tahu, apakah itu pengaruh angin darat atau angin laut. Maka dari itu saya mencoba mencari tahu siklus angin darat dan angin laut seperti apa? Dan seperti biasa google selalu membantu saya menemukan informasi yang saya butuhkan.
Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena perbedaan tekanan udara.  Angin bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah.  Kecepatan angin di daerah dekat khatulistiwa lebih cepat dibandingkan yang jauh dari khatulistiwa. Semakin tinggi tempat, semakin kencang pula angin yang bertiup, hal ini disebabkan oleh pengaruh gaya gesekan yang menghambat laju udara. Di permukaan bumi gunung, pohon, dan topografi yang tidak rata lainnya memberikan gaya gesekan yang besar. Semakin tinggi suatu tempat, gaya gesekan ini semakin kecil. Dan di siang hari angin bergerak lebih cepat daripada malam hari. 
Angin Laut. Angin laut adalah angin yang bertiup dari arah laut ke arah darat, yang umumnya terjadi pada siang hari dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 Angin ini bermanfaat bagi nelayan untuk pulang dari menangkap ikan di laut. Angin Darat. Angin darat adalah angin yang bertiup dari arah darat ke laut yang umumnya terjadi saat malam hari dari jam 20.00 sampai dengan jam 06.00. Angin ini bermanfaat bagi nelayan tradisional untuk berangkat melaut.
Nah, dari informasi di atas, saya bisa menjawab rasa penasaran saya. Cpr.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Angin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6