Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Madu adalah cairan yang lengket dan manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu lebih manis dari gula meja dan memiliki ciri-ciri kimia yang menarik untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda yang membuat orang lebih menyukainya daripada gula dan pemanis  lainnya. Madu yang sering kita konsumsi lebih sering berasal dari lebah. Madu banyak dikonsumsi karena mempunyai khasiat yang baik buat tubuh, madu juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Biasanya dikonsumsi 1 hingga 2 kali sehari sebanyak satu sendok makan. Harga madu pun cukup mahal, terutama madu yang memang asli nektar lebah bukan campuran dengan zat-zat lain. Karena harga madu yang cukup mahal ini, terkadang ada saja orang yang 'kreatif' membuat tiruan madu, bukan tiruan sebenarnya tetapi madu asli yang dicampur dengan zat lain agar tampak seperti madu asli. Namun campuran madu aslinya sangat sedikit. Madu palsu membuat khasiat dari madu yang sesungguhnya tidak dapat terlihat. Berikut yang harus dicermati untuk membedakan madu asli dengan madu palsu :
Mencampurnya dengan kuning telur
Campurkan dua sendok makan madu dengan kuning telor lalu kocok. Jika kuning telur tampak mengkristal seperti matang, maka madu anda asli. Kuning telur yang dicampur madu akan tampak matang. Yang sebenarnya terjadi adalah penggumpalan atau koagulasi. Hal ini karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein. Protein yang dicampur dengan asam akan menggumpal, sehingga telur akan terlihat matang, yang sebenarnya ter-koagulasi.  
Kocok madu dalam botol
Madu yang asli jika dikocok akan berbusa. Busa dan udara yang terbentuk akan naik dan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka akan terdengar suara letupan kecil. Letupan itu juga bisa terjadi karena fermentasi yang menghasilkan gas.
Tuangkan madu ke dalam botol hingga separuh, kocoklah selama 2 menit. Biarkan beberapa saat, madu asli mengeluarkan butir-butir buih secara merata, butir-butir buih itu akan bergerak perlahan ke atas. Sedangkan pada madu palsu butir-butir buih bergerak lebih cepat.
Teteskan madu pada kertas koran
Jika madu yang anda miliki adalah madu asli, jika ditetskan di koran, tidak akan mudah diserap. Tapi sebaliknya jika madu palsu akan dengan mudah terserap di koran, karena madu palsu lebih banyak mengandung air. Madu yang asli memiliki kandungan air yang sangat rendah.  
Madu asli memiliki rasa yang lebih asam
Madu  yang palsu memiliki rasa lebih manis karena ditambah gula/ pemanis buatan.  Karena kadar gula yang tinggi ini, madu palsu akan lebih digemari semut. Intensitas rasa manis madu palsu akan terasa lebih lengket di lidah. Sebaliknya madu asli, selain rasa manis akan dirasakan rasa asam. madu asli mempunyai tingkat keasaman (pH) 3,4-6,1.   
Dengan meneteskan madu di air di atas piring beling putih
Ketika piring digoyangkan ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk seperti sarang lebah. Berbentuk segi enam dan bertahan lama bentuknya, tidak mudah pendar. hal ini menunjukkan nutrisi dalam madu masih banyak. Sedangkan pada madu palsu yang terjadi sebaliknya.           
Menuangkan madu pada gelas yang berisi air dingin
Tuangkan madu pada segelas air dingin. Bila madu asli, maka madu akan langsung jatuh ke dasar gelas dan tidak berpendar. Kemudian madu tidak akan membuat air menjadi keruh, madu akan tetap berbentuk cairan yang menggumpal.      
Menggunakan freezer
Madu asli bila didinginkan atau dimasukan ke dalam freezer madu tidak akan membeku. Tapi tidak semua jenis madu asli cocok bila dites dengan cara ini. Madu kapuk tidak akan mengkristal (beku) walau disimpan lama di freezer. Sedangkan madu kaliandra akan mudah menkristal seperti gula. Itu tergantung dari ciri jenis madu aslinya. Apabila dites tidak sesuai dengan ciri tersebut, bisa dipastikan itu madu palsu.   
Menggunakan korek api
Batang korek apai yang dimasukan ke dalam larutan madu beberapa lama kemudian kita pantikan korek tersebut, korek masib bisa menyala.  Cara ini belum melewati hasil penelitian.
Memanaskan madu
Panaskan setengah sendok makan madu di atas lilin. Tunggu hingga mendidih, biarkan 15 detik. Madu asli mendidih hingga busanya tumpah, sedangkan masu paslu tidak tumpah dan buihnya kecil-kecil.

Berdasarkan survei di lapangan, baik di Indonesia maupun USA, madu yang beredar di pasaram 80% adalah madu palsu. Oleh karena itu sebelum membeli madu, yang harus diperhatikan, pertama, hendaknya kita tau sedikit tentang jenis madu tersebut berasal dari nektar mana, karena masing-masing nektar mempunyai ciri dan kekhasan.  Kedua, belilah madu di tempat yang bisa dipercaya, misalnya langsung pada petani madunya/ di peternakan lebah, karena kita bisa tahu sendiri proses pengolahan madu tersebut. Ketiga, untuk menjamin keasliannya, cari peternak/ produsen madu yang sudah terstandar nasional. Maka jaminannya lebih memastikan madu tersebut asli. Keempat, coba bandingkan dengan harga, biasanya ada harga ada rupa, tapi tetap teliti.

Sumber :
Wikipedia diakses tanggal 14 Januari 2011
Suara Media diakses tanggal 14 Januari 2011
GadoGado.Info  diakses tanggal 14 Januari 2011

Posting Komentar

0 Komentar