Kanker Otak

Awalnya saya melihat infotaiment artis Epi Kisnandar terkena penyakit kanker otak, dan divonis hidupnya cuma empat bulan lagi. Oleh karena itu saya penasaran ingin tau profil penyakit ini, saya coba browsing di google dan saya dapat berbagai informasi dan saya tuliskan ini.
Kanker otak merupakan pembunuh yang bekerja diam-diam. Kehadiran kanker otak sangat sulit dideteksi.  Gejala umum kanker otak adalah kepala pusing dan mual/ muntah.  Kanker otak disebabkan oleh berbagai macam hal.  Secara umum dapat dibagi menjadi dua katagori yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar.
Faktor dari dalam 
Merupakan faktor yang datang dari dalam diri sendiri.  Yang utama adalah faktor keturunan/ genetik.  Jika ada sanak saudara yang punya riwayat menderita kanker otak, berarti peluang untuk terkena kanker otak lebih besar daripada keluarga yang tidak mempunyai riwayat menderita kanker otak.  Kedua, faktor yang memicu terjadinya kanker otak adalah riwayat benturan (jika kepala anda pernah mengalami benturan keras). Benturan ini dapat menyebabkan trouma pada jaringan otak, sehingga bisa menjadi  penyebab timbulnya jaringan abnormal dalam otak yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak. 
Faktor dari luar
Merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh.  Pada umumnya berasal dari makanan dan atau dari radiasi. Obat-obatan tertentu yang diminum terus-menerus  juga dapat memicu timbulnya kanker.  Pola hidup yang kurang sehat, seperti merokok, alkohol, makan makanan berlemak, kurang serat dsb. Mengkonsumsi bahan karsiogenik (sering terdapat pada senyawa obat pembasmi nyamuk), bahan ini terdapat pada minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, atau bahan kimia yang termakan/ terhirup tubuh.  Paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker. 

Ciri-ciri kanker otak
Otak merupakan organ vital dalam tubuh manusia yang mengatur segala aktivitas/ gerakan tubuh manusia. Otak mempunyai kemampuan multitasking (memang hanya handphone dengan teknologi canggih saja yang bisa). Semua aktivitas manusia diatur oleh bagian otak yang berbeda (tiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda).  Secara umum otak manusia terbagi menjadi tiga bagian yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brain stem). Tiap bagian ini terbagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. dan bagian yang kecil itu terbagi menjadi bagian yang lebih kecil lagi dan seterusnya. Ruang antar bagian otak terisi oleh cairan otak (cerebrospinal fluid), sedangkan bagian luarnya terlindungi oleh tiga lapis selaput otak (meninges) dan tulang tengkorak. 
Tiap bagian otak tersebut dapat terkena tumor/ kanker. Walaupun hanya timur jinak, apabila muncul di otak akan sangat berbahaya. Tumor tersebut dapat mengganggu fungsi dan merusak sturuktur saraf pusat. Tumor ini bersifat berkembang biak, sehingga apabila dia terus tumbuh makan akan menekan bagian-bagian otak yang lain, dimana ruang yang terdapat di otak volumenya terbatas, terbatas pada tulang tengkorak. Inilah yang menjadikan sakit kepala/ pusing yang sangat amat sangat. Hal ini sebagai gejala awal kanker otak.
Ciri awal kanker otak bervariasi, tergantung bagian otak mana yang diserang. berikut gejalanya yang patut diwaspadai :
  • sakit kepala disertai dengan muntah yang menyemprot;
  • daya penglihatan berkurang;
  • penurunan kesadaran atau perubahan perilaku;
  • gangguan berbicara;
  • gangguan pendengaran;
  • gangguan berjalan/ keseimbangan tubuh;
  • gangguan saraf;
  • anggota gerak melemah atau kejang;
  • pada bayi biasanya pada ubun-ubun besar menonjol.
Gejala-gejala di atas hanya merupaka gejala yang sering muncul pada penderita kanker otak, walaupun anda mengalami salah satu dari gejala itu belum tentu anda mengidap kanker otak. Untuk memastikannya harus diperiksakan langsung oleh dokter ahli saraf serta menjalani pemeriksaan lanjutan seperti CT-scan, MRI (Magnetic Resonance Imaging), CT pulmonary angiogram, myelogram, sipnal tap dan biopsi.

Note:
Ikan hiu yang diketahui telah menjelajah lautan sekitar 400 juta tahun lalu diketahui morfologinya tidak pernah berubah. Konon, di tubuh ikan ini, sel kanker tidak bisa tumbuh, karena seluruh tulangnya adalah tulang rawan.  
  
Penyakit kanker ini bisa dicegah, atau paling tidak diminimalisir dengan mengetahui penyebab-penyebabnya tadi. Untuk penyebab dari dalam diri sendiri seperti faktor genetik tidak bisa, namun apabila memang sudah mempunyai bakat, ada baiknya untuk memperlambat proses tumbuhnya jaringan yang abnormal itu dengan menjaga pola hidup sehat. Seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, mengkonsumsi makanan/ buah/ sayuran alami yang menghambat sel kanker (seperti mengkudu), selalu biasakan makan-makanan alami hindari makanan yang banyak mengandung senyawa kimia. Hindari juga makanan daro goreng-gorengan apalagi yang menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai berulang. Kemudian hindari merokok. Pola hidup yang sehat ini juga membantu tubuh untuk mendapat sesuatu yang sehat pula.

Sumber : 
http://kankerotak.org/
http://www.resep.web.id/

Posting Komentar

0 Komentar