Fenomena Aneh : Lingkaran Tanaman


Pada Minggu, 23 Januari 2011 ditemukan fenomena aneh di Sleman, Yogyakarta. Fenomena tersebut adalah Crop Crycle atau dalam bahasa Indonesia berarti lingkaran tanaman. Fenomena ini pertama kalinya terjadi di Indonesia. Di banyak negara sudah sering terjadi seperti Di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang banyak ditemui fenomena lingkaran tanaman. Namun belum ada yang bisa menjelaskan secara ilmiah kenapa fenomena ini terjadi. Fenomena ini biasanya terjadi di ladang pertanian saat musim panas.
Crop crycle adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman, seringkali terjadi dalam waktu semalam. Fenomena ini pertama kali ditemukan di Inggris tahun 1970, dengan bentok pola lingkaran sederhana. Pada masa-masa setelahnya, pola-pola tersebut kini cenderung bertambah rumit dan tidak terbatas hanya pada hanya bentuk lingkaran. Namun karena mengacu pada asal-usulnya, maka istilah lingkaran tanaman ini masih dipertahankan.
Mereka yang memperlajari fenomena ini sering disebut dengan istilah ‘cerealogis’, dan ilmu yang mempelajari fenomena ini disebut cereolog. Para celealogis kemudian mengembangkan istilah baru untuk fenomena ini yaitu agriglif. Fenomena ini sering kali dikaitkan dengan isu makluk luar angkasa atau UFO (Unidentified Flying Object). Istilah ini digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang yang tidak bisa diidentikasikan oleh pengamat dan tetap tidak teridentifikasi walaupun telah diselidiki.
Crop crycle yang muncul di Indonesia tepatnya di Gunung Suru, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta itu berdiameter 70 meter.  Astronom Lembaga Penerbangan dan Atariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa lingkaran tanaman tidak disebabkan UFO, melainkan buatan manusia. Menurut Thomas, Fenomena yang sama di banyak negara lain membuktikan bahwa lingkaran tanaman adalah rekayasa buatan yang tujuannya dapat sebagai karya seni, komersial, maupun hanya lelucon kreatif. Meski pola yang digambarkan lingkaran tanaman terkadang terlihat rumit dan susah, banyak orang yang membuat lingkaran tanaman di berbagai negara-negara lain. Namun menurut saya pendapatnya ini hanya pendapat astronom tanpa diteliti terlebih dahulu. Memang ada juga lingkaran tanaman yang dibuat manusia, tapi ada penjelasan ilmiah tentang itu, toh ada lingkaran tanaman yang tidak bisa dijelaskan dengan pendapatnya tadi? Lalu bagimana menjawabnya?
Memang fenomena yang berhubungan dengan UFO di dunia internasional sepertinya tidak pernah diungkap. Meskipun benda yang dinamakan UFO ini sering terbang melintas di wilayah suatu negara tanpa ijin, namun hal ini dibiarkan saja. Amerika Serikat yang terlihat sekali menutup-nutupi soal UFO ini, bahkan di Amerika sendiri ada udang-undang tyang mengatur tentang UFO ini untuk dipublikasikan. Apakah UFO ini merupakan kendaraan pengintai AS, yang dipropagandakan sebagai kendaraan makluk luar angkasa.
Pada tanggal 4 Juli 1947, di Roswell, New Mexico, sebuah benda tak dikenal dilaporkan jatuh. Konon di dalamnya terdapat empat alien (2 mati, 1 lari kemudian mati ditembak, 1 sekarat kemudian mati). Angkatan Udara AS kemudian mengautopsi keempat tubuh alien tersebut dan mengumpulkan serpihan-serpihan benda tak dikenal yang meledak tanpa meninggalkan bekas. Peristiwa tersebut ditutup-tutupi dan pemerintah AS mengatakan bahwa balon percobaan AS yang bernama Skyhook meledak. Pemerintah AS juga mengatakan mereka tidak memiliki serpihan benda tak dikenal itu dan mayat alien. Pernyataan tersebut tidak membuat masyarakat umum percaya begitu saja sehingga lahirlah "teori konpirasi".

Sumber :
Wikipedia-Lingkaran Tanaman diakses tanggal 24 Januari 2011
Wikipedia-Benda Terbang Aneh diakses tanggal 24 Januari 2011

Posting Komentar

0 Komentar