Berhati-hati Kalau Mengkonsumsi Es Balok

Hari ini saya nonton berita yang mengerikan tentang produksi es balok di Jakarta. Dari berita itu saya ditunjukkan kenyataan bahwa pembuatan es balok yang diperjual belikan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dibuat dari bahan air yang sungguh-sungguh tidak higienis. Sebenarnya hal sudah bukan rahasia lagi, semua orang sudah tau tentang hal ini. Tetapi tetap saja apabila kita kembali disuguhkan tentang kenyataan ini kembali kita ngiris melihat/ mendengarnya. 
Es yang dibuat dari air yang tidak higienis ini, sebenarnya bila dibuat dari air bersih yang belum matang masih bisa dianggap wajar meskipun tetap saja kurang baik bagi kesehatan, tetapi bahan air yang digunakan bukan saja air mentah melainkan  air sungai. Kita tau, seperti apa air sungai di Jakarta. Sungai di Jakarta merupakan tempat untuk membuang segala bentuk kotoran/ sampah, baik sampah rumah tangga, sampah manusia, bahkan sampah dari produksi pabrik-pabrik (yang disebut limbah) dibuang di sungai. Jadi sudah jelas betapa banyak kuman penyakit yang terkandung dalam air sungai ini.
Kembali lagi, jiwa 'kreatif' bangsa ini yang membuat air sungai menjadi sesuatu peluang untuk mendapat keuntungan tanpa memperhatikan dampaknya. Air sungai yang kotor ini bisa diproses menjadi es-es balok. Air yang keruh dengan mudahnya disulap menjadi air yang jernih agar es-es balok hasil produksi terlihat bersih dan layak dikonsumsi. Hanya dengan mencampur berbagai bahan kimia air sungai yang keruh itu bisa berubah warna, tampak lebih jernih. Bahkan ada bahan kimia yang memang tidak layak bila digunakan untuk pencampur dalam makanan/ minuman dicampur menjadi satu. Yang harus menjadi pertanyaan, kemana saja es balok itu didistribusikan? 
Jadi mulai sekarang, berhati-hatilah mengkonsumsi es balok. hati-hati membeli jajanan yang berbahan es, apalagi kalau es nya diambil dari es balok. Telitilah sebelum membeli, apabila meragukan urungkanlah niat untuk membelinya. Konsumen memang harus semakin jeli, karena penjual pun semakin licik untuk mencari keuntungan berlipat. Dengan menggunakan es balok penjual akan mempunyai ongkos yang lebih murah, karena harga es balok ini lebih murah ketimbang si penjual membuat es sendiri dari bahan air bersih dan matang. Es balok ini sering digunakan penjual es untuk es serut, untuk mendinginkan minuman di dalam termos es, digunakan untuk dicampur dalam minuman dingin. Jadi mulai sekarang berhati-hatilah! Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar