Apa itu Hallowen?

Halloween, sering kita mendengar kata ini. Biasanya kalau sering nonton film barat, pasti pernah mendengar. Biasanya saat ada halloween anak-anak kecil memakai kostum yang seram dan yang sering terlihat adalah sebuah labu besar yang diukir wajah yang menyeramkan, dari dalamnya seperti ada cahaya menyala seakan-akan labu besar ini sebuah kepala yang hidup. Tapi apakah halloween itu? Nah saya coba kembali mencari tahu seputar halloween ini dari berbagai sumber, mari kita simak.
Halloween merupakan tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober di negara-negara barat. Biasanya dilakukan anak-anak dengan berpakaian aneh kemudian berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga untuk meminta permin atau coklat dengan berkata "Trick or treat!". Ucapan ini merupakan semacam 'ancaman' yang berarti  "beri kami (permen) atau kami jahili." Anak-anak jaman sekarang biasanya tidak lagi menjahili rumah tetangga yang tidak memberi apa-apa. Namun sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang dianggap pelit dengan cara menghiasi pohon yang ada di depan rumah dengan kertas toliet atau menulisi jendela dengan sabun.  
Halloween biasanya identik dengan setan, tukang sihir, hantu goblin dan makluk-makluk menyeramkan lain dari kebudayaan barat pastinya. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol halloween. Halloween berasal dari kata Hallowe'en yang merupakan kependekan dari All Hallow's Eve (malam sebelum hari raya All Hallow). Merupakan hari raya agama Katolik Roma bernama Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day) yang dirayakan 1 November.  Hari Raya Semua Orang Kudus ditentukan misionaris Kristen bertepatan dengan Hari Raya Pagan. Secara historis, halloween berhubungan juga dengan hari libur masyarakat di negara-negara lainnya. Di Meksiko misalnya dikenal dengan Day of the Dead (Hari Kematian). Ketika hari itu masyarakat Meksiko menghias rumah mereka dengan gambar tengkorak manusia.
Halloween berasal dari orang Celt di Irlandia, Britania dan Prancis. sebagai tradisi paganisme perayaan musim panen. Di abad ke-19, orang Irlandia dan Skotlandia membawanya ke Amerika Utara.  Simbol halloween adalah sebuah labu yang dilubangi menyerupai wajah yang menyeramkan yang diberi nama "Jack-o'-lantern". Labu ini dijadikan sebuah lentera, karena di dalam labu diletakkan lilin menyala atau lampu dan diletakkan di tempat gelap. Hitam dan orange menjadi warna tradisional halloween, meskipun ada juga hiasan berwarna ungu, hijau dan merah. Simbol halloween ini lekat dengan keadaan musim gugur dan karakter-karakter komersial dan menyeramkan hasil rekaan pembuat film Amerika dan ahli-ahli desain grafis. Simbol halloween dekat dengan kematian, keajaiban, dan monster-monster dari unia motos. Antara lain tokoh-tokoh yang biasa menjadi inspirasi saat halloween manusia labu, makluk luar angkasa, tukang sihir, zombie, mumi, kelelawar, burung hantu, burung gagak, burung bangkai, kucing hitam, laba-laba, goblin, rumah hantu, tengkorak dan manusia serigala, drakula dan frankenstein.
Jack O'Lantern berasal dari cerita rakyat negara Inggris. Ceritanya, roh Jack O'Lantern dilarang untuk masuk ke surga danneraka dan diperintahkan utuk berkeliling di bumi tanpa tujuan pasti sambil membawa lenteranya. warna orange danmerah melambangkan warna labu dan kegelapan, yang sering digunakan di peralatan halloween.
Di belahan bumi yang beriklim sejuk, perayaan halloween berlangsung di musim apel. Sehingga Candy Apple atau caramel apple (apel yang dicelupkan ke dalam cairan gula) sebagai makanan saat halloween.  Selain itu, hidangan yang lekat dengan halloween adalah pai labu, sari uah apel (minuman cider), candy corn, bonfire toffee, toffee apple dan permen yang dibungkus warna-warni halloween.
  
Sumber :

Posting Komentar

0 Komentar