Acer Aspire One Happy

Acer Aspire One Happy merupakan netbook 10 inchi yang memiliki bentuk tipis dan ringan serta pilihan berbagai warna menarik. CPU Intel Atom dual core terbaru yang digunakan, menawarkan performa yang lebih baik dari generasi netbook sebelumnya. 
Aspire One Happy menggunakan CPU Intel Atom N550, prosesor jenis dual-core dengan frekuensi 1.5GHz dan Hyper-Threading. CPU dapat memproses hingga empat software sekaligus dan telah mendukung memory DDR3. Spesifikasi lain masih sama seperti netbook lain, dengan memory DDR3 hanya 1GB dan menggunakan grafis terintegrasi GMA 3150 dan media simpan memiliki kapasitas 250GB yang didalamnya telah tersimpan sistem operasi Windows 7.
Dalam uji performa, Aspire One Happy sekilas memperlihatkan kecepatan yang biasa bagi netbook, namun kecepatan sedikit lebih baik ketika mulai mengelola aplikasi multithreaded. CPU Atom dual core 1.5GHz mampu menyelesaikan proses selama 7 menit 2 detik untuk uji encoding MP3 dengan iTunes, terasa lebih cepat dari netbook lain seperti Samsung N150 dengan 8 menit 3 detik dan HP Mini 5102 dengan 8 menit 47 detik.
Kecepatan netbook lebih terasa pada uji rendering Blender 3D yang dapat memanfaatan seluruh empat core virtual CPU Atom N550. Aspire One Happy mencatatkan waktu tepat 4 menit, lebih cepat tiga hingga empat menit dari catatan waktu yang dapat dicapai netbook berbasis Atom N450. Hardisk didalamnya dapat mentransfer data 21.41 megabyte perdetik, sementara kemampuan grafis hanya mengumpulkan skor mark 151 dengan 3Dmark06.
Performa keseluruhan bisa dibilang masih sekelas netbook, namun Aspire One Happy sangat nyaman bila digunakan untuk keperluan sehari-hari dan tentu saja terbatas pada aplikasi multitasking yang tidak terlalu berat.
Disain Aspire One Happy terlihat mungil dan memiliki profil kecil serta tipis dengan berat hanya 1.15kg. Meskipun kecil, keyboard yang dimiliki terasa kokoh dan relatif mudah digunakan serta tidak ada tombol kunci yang keliru dengan respon tombol cukup baik. Begitupula dengan touchpad kecilnya, cukup tombol kiri dan kanan berbagi plastik yang sama sehingga terkadang membuat sulit ditekan, namun tetap responsif saat digunakan.
Layar dengan resolusi 1024x600 cukup terang dan nampak glossy, namun masih terasa nyaman untuk dipandang dalam cahaya terang. Tersedia pula webcamera 1.3 megapixel pada bagian atas layar serta beberapa port standar netbook terdapat pada sisi chasis, seperti VGA, Ethernet 10/100, headphone, mikrophone, dan 3 buah port USB 2.0. Sebuah slot kartu SD memiliki tempat sendiri disisi kanan chasis. Sementara untuk jaringan nirkabel, tersedia modul Wi-Fi 802.11n dan Bluetooth.
Paling menyenangkan dari Aspire One Happy ialah baterai 6-cell yang digunakan. Dalam uji ketahanan baterai dengan menonaktifkan power management, brightness maksimum, Wi-Fi dalam keadaan aktif dan memutar video encode Xvid. Aspire One Happy dapat dioperasikan hingga 5 jam 5 menit, yang merupakan hasil mengesankan untuk ukuran netbook.
Bobot yang ringan, disain yang tipis serta daya tahan baterai yang cukup baik, membuat Acer Aspire One Happy sangat tepat bagi pebisnis, pelajar dan pada dasarnya siapapun yang sering melakukan perjalanan. Sedangkan, performa notebook lebih baik dibanding netbook yang belum menggunakan CPU dual core Intel Atom N550.

Sumber :
BhinnekaPost (dicopy langsung) diakses 14 januari 2011 

Posting Komentar

0 Komentar